Pengertian Eksplorasi dan Eksploitasi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Secara sederhananya eksplorasi merupakan kegiatan menelusuri atau menjelajahi hal-hal baru sedangkan eksploitasi adalah usaha atau proses untuk mengoptimalkan sebanyak-banyaknya potensi yang ada di dalam suatu hal.

    Jika biasanya penjelasan mengenai kata eksploitasi dan eksploitasi di kaitkan dengan penjajahan di suatu negara atau dengan kekayaan tambang bumi namun sekarang ini kita akan membahas lebih lanjut tentang eksploitasi dan eksplorasi dengan menghubungkannya dengan diri kita sendiri atau di kehidupan sehari-hari. Yuk, di simak.

    Masalah yang sangat penting di perusahaan mana pun adalah memutuskan kapan berinvestasi dalam meningkatkan produk dan layanan yang ada dan kapan berinvestasi dalam meneliti kemungkinan baru. Ada banyak perusahaan yang telah hancur dengan mengikuti secara membabi buta produk-produk yang membuat mereka sukses, tidak peduli untuk menyelidiki konsep baru, teknologi, dan tren?

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Sebagai seorang individu, Anda memiliki masalah serupa. Pada waktu yang berbeda dalam hidup Anda dan dalam situasi yang berbeda, Anda mungkin bertanya-tanya, “Haruskah saya melanjutkan apa yang telah saya lakukan sejauh ini meskipun tampaknya tidak optimal atau, sebaliknya, haruskah saya mencari dan mencoba opsi lain, dengan risiko tidak mendapatkan perbaikan? "

    Eksplorasi dan eksploitasi adalah dua fungsi hal yang mengelola perhatian kita dengan cara yang berbeda. Menjelajahi dan mengeksploitasi adalah dua cara bertindak yang berbeda dan oleh karena itu, memerlukan pola pikir yang berbeda untuk mengeksekusi kedua hal itu. Selain itu, ada ketegangan konstan antara kedua fungsi ini dalam pikiran semua orang.

    Eksploitasi membutuhkan konsentrasi penuh kita untuk melakukan yang lebih baik dari apa yang kita lakukan. Eksploitasi arti mengaktifkan seluruh potensi yang ada dalam diri kita membuat kita memiliki produktivitas yang lebih baik dari sebelumnya.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    Eksplorasi memungkinkan kita untuk menjauh dari realitas kita saat ini di mana kita memiliki fokus saat ini untuk mengunjungi kenyataan lain dan menemukan cakrawala baru. Itu adalah asal dari inovasi.

    Dalam istilah yang lebih umum, Anda menggunakan eksplorasi ketika, misalnya, Anda pergi makan malam di restoran favorit Anda. Dan ketika Anda mencoba restoran baru, Anda menjelajah tempat baru dan rasa baru.

    Eksplorasi itu memiliki risiko. Anda perlu menginvestasikan sumber daya waktu dan uang untuk menyelidikinya, dan tidak seorang pun dapat memastikan bahwa hasil penelitian ini akan bermanfaat. Tidak ada jaminan.

    Tetapi eksploitasi juga berisiko karena hal itu memicu Anda melakukan hal baru yang belum pernah anda lakukan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Strategi dengan eksplorasi yang terlalu banyak menyiratkan tidak mampu mengembangkan ide-ide yang telah Anda uji secara memadai, dan tidak menikmati manfaat yang Anda cari. Itulah yang terjadi ketika Anda beralih dari satu kegiatan produktivitas pribadi ke kegiatan lainnya untuk mencoba hal-hal terbaru yang dibicarakan semua orang, tanpa benar-benar mendapatkan peningkatan dalam produktivitas pribadi Anda.

    Strategi eksploitasi berlebihan mencegah Anda beradaptasi dengan perubahan. Itulah yang terjadi ketika Anda terus menggunakan trik produktivitas yang sama berulang kali ketika mungkin ada sistem di luar sana yang memungkinkan Anda menghemat 30% dari waktu Anda. Mereka yang tahu kapan harus beralih dari satu mode operasi ke mode operasi lain mencapai kesuksesan baik dalam bisnis maupun dalam kehidupan pribadi.

    Namun mengoptimalkan kedua strategi itu tidak mudah. Menjelajahi menyiratkan berjuang melawan kebiasaan yang sudah biasa di lakukan. Dalam kasus ini kita bukan berbicara tentang memilih antara eksplorasi atau eksploitasi, fleksibilitas atau efisiensi. Ini tentang menemukan keseimbangan yang tepat antara kedua hal tersebut. Jika di kita dapat menyinergikan keduanya dalam diri kita dan bisnis kita maka kita dapat menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif.(Ifana)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Eksplorasi dan Eksploitasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar