Hubungan Eksplorasi dan Eksploitasi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Apakah kamu sering mendengar kata eksploitasi dan eksplorasi? Sepintas kedua kata ini terdengar hampir sama. Kata ini bisa dikatakan sedikit mirip, namun kata-kata itu memiliki perbedaan makna yang dalam. Kedua kata ini erat kaitannya antara satu sama lain. Lalu apakah itu eksploitasi dan eksplorasi? Baik, kita akan membahasnya pada penjelasan kali ini.

    Eksploitasi itu berarti kegiatan yang manusia lakukan dengan cara mengambil keuntungan atau memanfaatkan sesuatu secara besar-besar an pada sesuatu hal baik manusia atau SDA (sumber daya alam). Terkadang tindakan eksploitasi memiliki makna tidak baik. 

    Tindakan eksploitasi dilakukan dengan berlebihan. Mengeksploitasi seseorang artinya mengambil keuntungan yang banyak dari orang tersebut. Ini dilakukan dengan memanfaatkan orang tersebut untuk keuntungan diri sendiri. Demikian juga dengan sumber daya yang tersedia di alam.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Ketika manusia mengeksploitasi SDA, artinya manusia juga memanfaatkan SDA secara berlebihan.  Yang akan mengakibatkan kepunahan atau kelangkaan bahkan bisa mengakibatkan SDA itu tidak tersedia lagi di masa depan. Eksploitasi bisa saling membahayakan atau malah akan saling menguntungkan. Eksploitasi yang berbahaya dapat mengakibatkan sesuatu yang menjadi korban tersebut lebih buruk dari yang seharusnya. 

    Eksploitasi juga bisa terjadi saling menguntungkan bila kedua pihak berjalan lebih baik. Di Indonesia, eksploitasi alam masih banyak dilakukan oleh mereka yang tidak bertanggungjawab dan hanya mementingkan diri sendiri. Saat ini di dunia sumber daya alam semakin menipis setiap tahun salah satunya karena banyak nya orang yang memasuki kelas menengah global dan menuntut standar hidup yang lebih tinggi. Ketika orang – orang mencari lebih banyak sumber daya alam untuk di eksploitasi mengakibatkan banyak yang menjadi korban. Contoh eksploitasi secara berlebihan pada SDA dan manusia

    • Pasir, pasir merupakan salah satu bahan membuat beton dan aspal. Mendapatkan pasir dengan cara mengeruk nya sampai ke dasar lautan akan menghancurkan ekosistem dalam perairan tersebut.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Triatma Mulya

    • Air, di dunia sumber air di eksploitasi berlebihan dan tercemar. Ini mengakibatkan orang menggali dan mencari sumber air baru, atau membeli air botol-an
    • Pohon, pohon memberikan peran yang penting seperti menyaring air, menyediakan makanan, menyerap karbon dan lain sebagainya. Namun, Banyak pohon yang ditebang dan di eksploitasi berlebihan oleh manusia
    • Kerja paksa, ini merupakan salah satu contoh eksploitasi pada manusia. Dalam kondisi ini orang bekerja karena ancaman atau ketidakmampuannya untuk pergi.
    • Perbudakan domestik, perbudakan pada rumah tangga banyak terjadi karena pekerjaan ini bekerja di rumah. Eksploitasi seperti ini biasanya mudah untuk disembunyikan. Korban akan berkerja seharian tanpa istirahat dan keuangannya dikontrol oleh majikan. Korban harus tidur dilantai dan sering dilarang berkomunikasi dengan keluarganya
    • Kriminalitas, eksploitasi pada anak muda atau remaja dapat berupa pemaksaan agar mereka melakukan tindakan kriminal, seperti copet, perdagangan narkoba, dan budidaya ganja. Banyak anak-anak ditangkap karena ditemukan menanam obat-obat an di abrik yang memproduksi ganja. Kriminalitas paksa juga dapat melibatkan bentuk-bentuk eksploitasi lainnya dan mungkin korban dikurung pada sebuah rumah.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Eksplorasi merupakan kegiatan pencarian terhadap suatu hal yang baru, tindakan mencari dengan tujuan menemukan informasi atau sumber daya bertujuan untuk kepentingan meneliti dan menyediakan informasi untuk yang terkait.

    Dalam beberapa hal eksplorasi dan eksploitasi memiliki hubungan

    • Eksplorasi adalah hal yang dilakukan pertama kali sebelum kegiatan eksploitasi. Pada eksplorasi waktu yang perlukan hanya sebentar. Dan eksploitasi adalah lanjutan dari tindakan setelah eksplorasi. Eksploitasi ini butuh waktu yang relatif tergantung dari hasil eksplorasi nya. Waktu yang dibutuhkan bisa dalam jangka waktu yang panjang, namun bisa juga dalam jangka waktu yang pendek
    • Jika proses eksplorasi untuk mencari informasi telah selesai dilakukan, tindakan eksploitasi dilakukan untuk menggali manfaat yang sudah ditemukan pada saat proses eksplorasi.(Eka)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Hubungan Eksplorasi dan Eksploitasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar