Cara Mempertahankan Pangsa Pasar

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pengetian dari Pangsa Pasar - Pangsa pasar adalah sebuah strategi pemasaran yang mencangkup sasaran pasar yang luas menjadi satu kumpulan bagian-bagian kecil yang di antaranya yaitu konsumen, bisnis dan juga negara – negara yang mempunyai kebutuhan umum atau sebuah kepentingan yang memiliki prioritas dan kemudian merancang sebuah strategi untuk menjadikannya sebuah sasaran pasar.

    Pangsa pasar biasanya digunakan untuk bisa menganalisa target pasar yang ada pada sebuah produk yang tergantung dari permintaan yang spesifik dan juga sesuai dengan segmen produk.

    Segmentasi pangsa pasar – Pangsa pasar juga memiliki beberapa segmentasi yang bertujuan untuk mempermudah pembagian pada kriterianya, segmen – segmentasi tersebut adalah :

    • Segmentasi Geografis

    Segmentasi ini digunakan pada pasaran untuk dapat melakukan analisa terhadap konsumen yang terdapat dalam suatu wilayah tertentu dan sering menggunakan produk – produk tertentu di dalam wilayah tersebut. Seperti wilayah yang memiliki kondisi cuaca yang panas kita harus bisa menganalisis produk – produk apa yang paling di butuhkan oleh masyarakat di sekitar wilayah yang panas tersebut.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Dan setelah di analisis ternyata masyarakat di wilayah itu sangat membutuhkan hal – hal yang menyegarkan dan menyejukan, dan dari sinilah kita tahu apa yang akan kita pasarkan, contoh : menjual kipas angin, ac, minuman dingin, menyediakan tempat berenang dan lain – lain. Inilah yang disebut dengan segmen geografi.

    • Segmen Demografi

    Segmen yang berdasarkan agama, suku, usia, gender, dan manfaat dari layanan. Segmen demografi adalah segmen yang memungkinkan menargetkan pasaran ada suatu kondisi kehidupan pada sebuah wilayah yang ada.

    • Segmen Psikografi

    Pada segmen inilah yang paling mempengaruhi pangsa pasar karena segmen ini mencangkup ke dalam semua aktivitas dan gaya hidup manusia, di tambah lagi jika ada barang – barang yang trending di kalangan anak muda di zaman sekarang ini, hal ini kan membuat produk tersebut makin laris dan banyak peminatnya. Dan orang – orang juga bisa sharing dengan menggunakan media social agar semua orang dapat mengetahui barang yang sedang trending tersebut.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    • Segmentasi Sesekali

    Pada segmen ini tidak mempertimbangkan kelas pelanggan, apakah dia kaya atau dikalangan atas dan miskin atau dikalangan bawah.

    • Segmen Budaya

    Budaya merupakan sebuah tindakan yang menjadi kebiasaan pada sebuah masyarakat tertentu, biasanya beda tempat maka beda pula budayanya. Segmen budaya tidak bisa di gunakan di semua bentuk agar masyarakat yang memiliki budaya tertentu tidak berpikiran negatif. Cara yang benar dan baik untuk mempromosikan produk dengan melihat situasi dan kondisi sesuai dengan budaya tersebut.

    • Segmen Perilaku

    Segmen perilaku bisa mengukur tingkah laku dari pelanggan, dan di ukur juga dengan status dan pengetahuan pelanggan. Metode ini yang harus digunakan saat memulai membangun pangsa pasar.

    Cara mempertahankan Pangsa Pasar

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Menambahkan produk produk baru

    Biasanya para konsumen yang sering membeli produk yang sama akan cenderung merasa bosan karena tidak ada perubahan dan kemajuan dari produk tersebut. Oleh karena itu kita sebagai penyedia barang harus melakukan peningkatan dan juga membuat produk – produk agar para konsumen tidak bosan dengan produk yang kita pasarkan.

    1. Menjual produk ke konsumen yang telah mempunyai dengan meningkatkan jumlah produk

    Dengan menggunakan cara ini, kita bisa meningkatkan jumlah penjualan walaupun kepada pelanggan yang sama. Cara ini guga sedikit sulit di lakukan Karena membujuk pelanggan itu tidaklah hal yang mudah.

    1. Memperluas area penjualan dengan cara membuka took di tempat yang lain

    Dengan begini kita bisa mencari banyak konsumen di tempat – tempat yang berbeda. Dan sebelum kita membuka took baru kita harus melihat dan meriset lapangan agar produk yang kita jual bisa diterima oleh warga sekitar.

    1. Mencari pelanggan baru dan meminta saran

    Mencari – cari setiap pelanggan baru merupakan sebuah cara yang ampuh untuk menunjukan kelayakan dan kebagusan dari produk yang kita jual. Dan jika pelanggan tertarik para pelanggan bisa memberikan saran untuk produk yang dipasarkan.(Dika)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Mempertahankan Pangsa Pasar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar