Pewarisan Sifat dan Bioteknologi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pada semua sel terdapat bagian pewarisan sifat atau materi genetis, contohnya pada sel tulang, sel darah, dan sel gamet. Isi genetis itu berada pada nukleus atau inti sel, tepatnya pada kromosom yang berisi gen. Gen adalah isi dari hereditas yang berisi senyawa kimia tertentu, yang akan menentukan sifat individu. Gen memiliki peranan begitu penting dalam menyusun pertumbuhan sifat-sifat keturunan. Seperti pertumbuhan bentuk dan warna rambut, susunan darah, kulit, dan sebagainya.

    1. Gen

    Gen Berada pada lokus yang khas pada kromosom. Gen ini terletak pada kromosom tersusun dalam satu deretan dan lurus berurutan. Kromosom juga dapat di asumsikan sebagai garis panjang vertikal dan gen-gen sebagai garis pendek horizontal yang berada pada garis vertikal tersebut.

    Letak gen yang lurus berurutan membuat gen-gen ini secara simbolik harus di gambarkan secara berderetan. Gen yang di berikan simbol huruf biasanya adalah gen yang menentukan sifat dari suatu individu. Gen dominan akan di gambarkan dengan huruf besar dan gen yang resesif akan di gambarkan dengan huruf kecil.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Kromosom

    Nukleus merupakan tempat dimana kromosom berada. Terdapat benang-benang halus di dalam nukleus. Benang-benang ini dapat menyerap zat warna yang berbeda. Retikulum kromatin merupakan nama dari benang-benang halus tersebut. Pengertian kromosom sendiri adalah benang halus yang berperan sebagai pembawa informasi gen kepada pewarisnya.

    Untuk melihat kromosom sendiri kita memerlukan mikroskop, karena kromosom sangat kecil dan berada pada sel sel yang sedang membelah diri. Pada sel yang sedang melakukan metabolisme kromosom akan berbentuk panjang dan tidak dapat terlihat. Tetapi, saat sel melakukan prosesnya kromosom akan merubah bentuk menjadi pendek dan tebal. Sehingga kita dapat melihatnya dengan mikroskop lebih mudah.

    1. Bioteknologi

    Bioteknologi memiliki 2 jenis yaitu bioteknologi konvesional dan bioteknologi modern. Pengertian bioteknologi sendiri adalah sebuah teknologi yang di kembangkan dengan menggunakan sel-sel yang khusus. Contohnya cloning DNA mahluk hidup.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Lampung

    1. Bioteknologi Konevsional

    Bioteknologi konvesional merupakan penerapan bioteknologi yang sudah ada sejak jaman dahulu. Bioteknologi ini memiliki peran terbatas pada organisme dengan cara frementasi dan prosesnya masih simple dan sederhana.

    Penerapan bioteknologi pada kehidupan sehari-hari dapat kita jumpai pada pembuatan makanan dan bahan-bahan makanan contohnya anggur, tauco, tape, tempe, kecap, oncom, dan banyak lagi.

    1. Bioteknologi Modern

    Bioteknologi modern mencakup beberapa Teknik yang memasukan manipulasi gen, sel, dan jaringan hidup dengan cara yang dapat di tentukan dan di kendalikan. Bertujuanbisa merubah organisme tertentu dan menghasilkan jaringan modern layaknya bayi tabung, produksi hormone pertumbuhan manusia, antibiotik, vaksin, hewan transgenik dan tanaman tahan hama.

    Manfaat Bioteknologi Bagi Kita

    Bioteknologi tentu sangat bermanfaat bagi kita. Dengan adanya bioteknologi manusia dengan mudah dapat menduplikat sesuatu yang sudah hampir punah dan juga dapat membuat vaksin dari berbagai penyakit. Berikut manfaat bioteknologi untuk kita yaitu:

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Dapat memproduksi obat-obatan yang efektif.
    2. Memproduksi antibiotik untuk penyakit yang berbahaya.
    3. Membuat polusi pada lingkungan berkurang karena beberapa bakteri dapat membantu untuk mendaur ulang sampah.
    4. Membuat hasil pertanian meningkat.
    5. Memberi nilai gizi dari produk makanan dan minuman meningkat.
    6. Membuat makanan yang baru seperti kelapa yang diolah menjadi nata de coco.
    7. Dapat membuat makanan awet dan tahan lama.
    8. Biaya yang di gunakan relative murah.

    Rangkaian Dasar Bioteknologi

    Bioteknologi memiliki rangkaian proses dasar dalam tingkatan tersendiri. Proses itu antara lain:

    1. Fermentasi
    2. Persilangan dan seleksi
    3. Analisis genetic
    4. Budaya Jaringan
    5. Rekombinasi DNA
    6. Analisis DNA(Egdaf)a

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pewarisan Sifat dan Bioteknologi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar