Strategi Bauran Pemasaran

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Jika sebuah perusahaan hendak memasarkan suatu produk berupa jasa maupun barang, tentunya perusahaan tersebut membutuhkan sesuatu pendekatan yang fleksibel dan sangat mudah tentunya, yaitu Marketing Mix.

    Marketing mix, yang biasa kita sebut dengan bauran pemasaran adalah suatu strategi dari kita untuk mempromosikan ataupun menjual serta penentuan dari harga produk berupa jasa ataupun barang yang bisa bersifat menarik serta dirancang untuk bisa menghasilkan suatu pertukaran yang sama-sama saling menguntungkan pasar yang ditujukan. Strategi pemasaran merupakan dasar bagi perusahaan untuk melakukan langkah yang lebih efektif bagi masa depan perusahaan.

    Menurut Stanton, Strategi pemasaran itu merupakan sesuatu yang terdiri dari seluruh sistem yang saling berhubungan dengan memiliki tujuan dengan merencanakan juga menentukan dari harga hingga dengan mempromosikan juga mendistribusikan suatu jasa ataupun barang yang dapat memuaskan kebutuhan dari costumer ataupun pembeli potensial maupun actual.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Di era, perkembangan dari dunia teknologi yang sangat cepat ini, pastinya komponen-komponen dari marketing mix tersebut tidaklah kaku. Ada kala nya munculah beberapa hal baru yang mempunyai sifat komplementer atau pelengkap dan juga sifat subtitusi atau menggantikan.

    Salah satu contohnya adalah, seiring berkembang nya dunia teknologi mengakibatkan masuk nya produk dari luar negeri dalam bentuk platform dari sosial media yang secara otomatis menambah satu komponen bagi marketing mix, yaitu engagement atau interaksi atau diartikan dengan interaksi. Sebenarnya interaksi dari sosial media ini tidaklah murni bentuk promosi dan juga bukan dari aktivitas bisnis. Tapi fenomena ini merupakan salah satu contoh dari komponen marketing mix yang baru akibat berkembangnya dunia teknologi.

    Dalam melakukan Strategi Bauran Pemasaran hendaknya kita mengawali dengan merencanakan serta menganalisa situasi perusahaan pemasar dengan melakukan analisa menggunakan SWOT atau SWOT analysis. Dimana kita harus melihat atau memperkirakan nilai Kekuatan atau Strength (S), Kelemahan atau weaknesses (W), Peluang atau Opportunities (O), dan juga Ancaman atau Threats (T) dari perusahaan kita secara keseluruhan

    Strategi Bauran Pemasaran atau Marketing Mix (7P)

    Semakin mengikuti perkembangan dunia, Bauran Pemasaran tersebut semakin lama bisa berkembang lebih utama pada bidang jasa, bukan hanya terdiri dari product, place, promotion, dan juga price (4p). Namun, Bauran Pemasaran juga meninjau dari segi aspek place, process, people, dan juga physical evidence yang selanjutnya ini kita kenal di dalam istilah Bauran Pemasaran dari jasa sebagai 7P.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Akademi Keperawatan Panti Waluya Malang

    1. Product / Produk atau Jasa

    Product merupakan sebentuk barang maupun jasa yang bisa berguna atau memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan pembeli, serta dapat memuaskan si pembeli. Sebenarnya pembeli tidak membeli produknya, tetapi pelanggan membeli manfaat dan guna dari produk tersebut.

    1. Price / Harga

    Menentukan harga dari suatu produk merupakan hal yang sangat penting. Menimbang daya guna dari suatu barang, suatu perusahaan harus pandai menetapkan harga jika hendak menjual barang tersebut karena penetapan harga suatu produk sangat mempengaruhi pendapatan total serta biaya dari sebuah produk, dan juga mempengaruhi minat pembeli atau pelanggan untuk membeli produk tersebut.

    1. Place / Lokasi

    Lokasi yang strategis menjadi suatu hal yang harus dipertimbangkan juga jika hendak membuka suatu usaha. Jika tempat kita strategis, pasti peluang akses dari pembeli bisa lebih baik. Namun biaya rental sewa dari tempat strategis itu juga harus kita perhitungkan sebagai suatu konsekuensi jika kita hendak mendapatkan kemudahan akses ke pembeli.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Promotion / Promosi

    Promosi merupakan suatu kegiatan yang menggunakan teknik untuk memasarkan suatu produk dari suatu perusahaan. Promosi adalah kegiatan memberi informasi yang bersifat persuasif yang dapat menarik pelanggan tentang produk kita, baik itu secara langsung maupun ada pihak ketiga.

    1. People / Sumber Daya Manusia (SDM)

    Manusia merupakan hal utama yang harus ada di industry jasa, terlebih lagi ini adalah bisnis yang sangat membutuhkan sumber daya dengan performance yang sangat tinggi. Suatu perusahaan membutuhkan beberapa karyawan yang mempunyai kemampuan pengetahuan yang baik untuk hasil kinerja yang baik. Dan itu menjadi potensi besar dalam perusahaan utnuk mengembangkan perusahaan nya.

    1. Process / Proses atau Aktivitas Bisnis

    Kualitas suatu produk yang perusahaan keluarkan sangat bergantung pada proses penyampaian jasa perusahaan kepada konsumen atau pelanggan. Mengingat jasa dari perusahaan itu adalah karyawan mereka sendiri, maka untuk menjamin quality assurance (mutu layanan). Seluruh dari operasional perusahaan itu hendaklah dijalankan sesuai dengan prosedur dan alur sistem terstruktur oleh karyawan yang mempunyai kompetensi baik, berkomitmen, serta loyal terhadap perusahaan.

    1. Physical Evidence / Bukti Fisik Perusahaan

    Bangunan merupakan bukti fisik dari suatu perusahaan, kharakteristik yang bisa menjadi syarat yang dapat bernilai tambah lagi bagi konsumen atau pelanggan di dalam perusahaan jasa yang memiliki karakter. Perhatian perusahaan terhadap desain interior maupun eksterior bangunan sangat mempengaruhi mood pelanggan untuk mengunjungi perusahaan.(Bagas)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Strategi Bauran Pemasaran
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait