Unsur-unsur Marketing Mix

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Marketing mix hanya mengacu pada campuran yang direncanakan dari elemen-elemen yang dapat dikendalikan dari rencana pemasaran suatu produk. Elemen-elemen ini biasanya disebut sebagai 4Ps dan mereka adalah Produk, Harga, Tempat, dan Promosi.

    Penyesuaian biasanya dilakukan untuk masing-masing dari empat elemen ini sampai campuran sempurna yang cukup memenuhi kebutuhan pelanggan dan pada saat yang sama menghasilkan pendapatan optimal diperoleh.

    Produk

    Inilah yang Anda tawarkan ke pasar. Ini adalah bagian yang sangat penting dari Marketing Mix karena itulah yang akan Anda gunakan untuk menarik pelanggan. Ketika mengembangkan suatu produk, sangat penting bagi Anda untuk datang dengan produk yang memecahkan masalah tertentu untuk target pasar Anda. Secara umum dikatakan bahwa ada peluang bisnis di mana ada celah untuk diajukan dalam kebutuhan pasar.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Agar produk Anda menguntungkan, ia harus mengisi celah tertentu dalam kebutuhan target pasar Anda. Jangan hanya mengembangkan produk; mengembangkan produk yang orang ingin beli untuk memenuhi kebutuhan tertentu.

    Harga

    Ada cukup banyak faktor yang masuk ke dalam menentukan harga suatu produk termasuk biaya operasi dan biaya distribusi yang dikeluarkan saat availing produk ke pasar. Satu faktor yang sangat penting yang tidak boleh Anda lupakan adalah target pasar Anda. Pastikan harga yang Anda tetapkan untuk produk Anda adalah harga yang sesuai dengan target pasar Anda. Kegagalan untuk melakukan ini akan mengakibatkan Anda tidak membuat penjualan yang cukup atau tidak sama sekali.

    Unsur-Unsur Marketing Mix

    Unsur-unsur marketing mix sering disebut empat P dari pemasaran. Produk Barang yang diproduksi oleh organisasi untuk pengguna akhir disebut produk. Produk dapat terdiri dari dua jenis - Produk Berwujud dan Produk Tidak Berwujud (Layanan) Seseorang dapat melihat, menyentuh, dan merasakan produk nyata dibandingkan dengan produk tidak berwujud.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu Singaraja

    Suatu produk di pasar adalah sesuatu yang dijual oleh penjual kepada pembeli dengan imbalan uang. Harga Uang yang dibayar konsumen untuk suatu produk disebut sebagai harga produk. Harga suatu produk berbanding lurus dengan ketersediaannya di pasar. Semakin sedikit ketersediaannya, akan lebih banyak harganya dan sebaliknya. Toko eceran yang menyimpan produk unik (tidak tersedia di toko lain) mengutip harga yang lebih tinggi dari pembeli.

    Tempat

    Tempat bertuju pada lokasi di mana produk tersedia dan dapat dijual atau dibeli. Pembeli dapat membeli produk baik dari pasar fisik atau dari pasar virtual. Di pasar fisik, pembeli dan penjual secara langsung dapat bertemu dan berkomunikasi satu sama lain berbeda di pasar virtual pembeli dan penjual bertemu melalui internet. Promosi Promosi bertuju pada berbagai strategi dan ide yang diterapkan oleh pemasar yg berfungsi membuat pengguna akhir sadar akan merek mereka. Promosi mencakup berbagai teknik yang digunakan untuk mempromosikan dan membuat merek populer di kalangan massa. 

    Promosi dapat melalui salah satu cara berikut: Iklan Media cetak, televisi, radio adalah cara yang efektif untuk memikat pelanggan dan membuat mereka sadar akan keberadaan merek. Papan iklan, penimbunan, spanduk dipasang dengan cerdas di lokasi-lokasi strategis seperti daerah lalu lintas yang padat, tempat penyeberangan, stasiun kereta api, stan bus menarik orang-orang yang lewat menuju merek tertentu.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Taglines juga meningkatkan nilai penarikan kembali merek di antara para pelanggan. Dari mulut ke mulut Satu pelanggan yang puas membawa sepuluh lebih banyak pelanggan bersamanya sedangkan satu pelanggan yang tidak puas menghilangkan sepuluh pelanggan lebih banyak. Itulah pentingnya dari mulut ke mulut. Kata positif dari mulut ke mulut sangat membantu dalam mempromosikan merek di antara para pelanggan. Akhir-akhir ini tiga P telah ditambahkan ke dalam Marketing Mix.

    Mereka adalah sebagai berikut: Orang - Orang-orang yang terlibat dalam penjualan dan pembelian produk atau layanan berada di bawah orang. Proses - Proses mencakup berbagai mekanisme dan prosedur yang membantu produk untuk akhirnya mencapai target pasar   Bukti Fisik - Dengan bantuan bukti fisik, seorang pemasar mencoba untuk mengkomunikasikan USP dan manfaat suatu produk kepada pengguna akhir Four C's Marketing Mix Sekarang, organisasi memperlakukan pelanggan mereka seperti raja.

    Dalam skenario saat ini, keempat C telah menggantikan empat P pemasaran sehingga menjadikannya model yang lebih berorientasi pelanggan. Koichi Shimizu pada tahun 1973 mengusulkan klasifikasi empat C. Komoditas - (Mengganti Produk) Biaya - (Menggantikan Harga) melibatkan biaya produksi, biaya pembelian dan biaya penjualan Saluran - Berbagai saluran yang membantu produk mencapai target pasar. Komunikasi - (Mengganti Promosi) Robert F. Lauterborn memberikan versi modern dari model empat C pada tahun 1993. Menurutnya, keempat pemasaran C adalah: Konsumen Biaya Kenyamanan Komunikasi.(Fykral)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Unsur-unsur Marketing Mix
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait