Langkah-langkah Perencanaan Produksi Massal

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Perencanaan produksi adalah komponen penting dalam operasi manufaktur modern. Tanpa itu, fasilitas tidak dapat menjadwalkan produksi sesuai, pada akhirnya membatasi fungsi operasi. Integrasi sistem perencanaan produksi akan membentuk dasar untuk bagaimana produksi harus berjalan, dan menemukan area di mana produktivitas kurang.

    Jika ada aspek dalam pabrik yang mengalami produktivitas rendah, perangkat lunak perencanaan produksi akan menghasilkan berbagai jadwal yang akan membuat produksi mengalir dengan efisien. Dalam perencanaan produksi yang sukses, ada beberapa langkah yang dilakukan proses untuk memastikan optimasi.

    Peramalan Permintaan

    Tanpa perkiraan permintaan, produksi tidak yakin berapa banyak yang harus diproduksi, yang menghentikan langkah pertama dari proses. Ini karena peramalan permintaan memungkinkan permintaan, kapasitas, dan perencanaan produksi yang efektif. Meskipun metode perkiraan permintaan dapat bervariasi, data dan informasi yang akurat membantu operasi Anda dengan menyiapkan langkah pertama dalam perencanaan produksi. Oleh karena itu, menggunakan metode perkiraan permintaan yang akurat akan memastikan hasil terbaik dari sistem perencanaan produksi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Penelitian

    Ada dua hal penting untuk diteliti pada tahap ini: pertama, permintaan. Jika produk Anda memecahkan masalah, apakah banyak orang mencari solusi untuk masalah itu? Bisakah Anda melihat celah yang putus asa untuk diisi? Kedua, apakah sudah ada produk di luar sana yang mirip dengan Anda? Jika demikian, itu tidak berarti bahwa ide Anda tidak akan berhasil, tetapi bagaimana Anda akan memperbaiki apa yang sudah tersedia?

    Pengembangan Desain Produk

    Pada tahap ini, Anda dapat mulai mengembangkan desain produk Anda. Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan di sini:

    1. Punya gagasan pasti tentang fungsi produk Anda
    2. Pikirkan tentang seberapa kuat dan tahan lama produk Anda nantinya
    3. Seberapa andalkah produk itu?
    4. Berapa biaya pembuatannya, dan apakah ini memberikan ruang untuk untung tanpa harga yang akan membuat pembeli tidak senang?
    5. Pikirkan tentang kerumitan pembuatannya, anjak berapa banyak bagian dari setiap unit dibuat
    6. Apakah produk Anda sekali pakai, atau tahan lama?
    7. Apa bahan yang dibutuhkan untuk produksi? Poin ini mungkin memerlukan penelitian lebih lanjut, jadi izinkan untuk ini.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Cahaya Surya

     

    Alternatif Penjadwalan

    Langkah selanjutnya berkaitan dengan menghasilkan berbagai jadwal. Berdasarkan perkiraan permintaan, sistem mengembangkan beberapa rute yang dapat diambil oleh produksi. Langkah ini mempertimbangkan beragam faktor seperti ketersediaan material, fungsionalitas peralatan, dan jangka waktu yang ditetapkan. Fungsi ini juga dapat menemukan area di mana kemacetan mungkin terjadi dan berusaha menghindarinya. Sistem kemudian memutuskan alternatif jadwal produksi mana yang terbaik dan memberlakukan jadwal.

    Kontrol

    Saat sistem menjalankan jadwal, ia mengawasi seluruh proses. Ini dilengkapi dengan data yang dimasukkan ke dalam sistem. Sistem kontrol dapat dengan cepat memperingatkan fasilitas ketika terjadi masalah atau ketika gangguan manusia diperlukan.

    Evaluasi dan Penyesuaian

    Setelah proses selesai, sistem kemudian menganalisis jadwal dan memperbaiki area di mana efisiensi kurang. Proses ini selesai beberapa kali karena jadwal produksi dilaksanakan dan memastikan proses dan jadwal produksi yang efisien dan cepat dioptimalkan secara keseluruhan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Perangkat Lunak Perencanaan dan Penjadwalan Lanjutan (APS)

    Manajer proyek di seluruh dunia mengintegrasikan perangkat lunak perencanaan dan penjadwalan lanjutan (APS). Karena banyak fasilitas menyadari bahwa perangkat lunak ERP saja tidak cukup, APS menawarkan manfaat dan kemampuan yang akan mengisi kekosongan yang kurang dari ERP. Tingkatkan waktu produksi, kurangi biaya, dan rasakan manfaat APS melalui fitur-fitur seperti:

      1. Sederhana, Integrasi Cepat,

      2. Perencanaan Kapasitas

      3. Penjadwalan produksi

      4. Perencanaan dan Peramalan Permintaan Up-to-Minute

        "Bagaimana-jika" Skenario

    Implementasi perangkat lunak perencanaan dan penjadwalan lanjutan (APS) sederhana dan akan memungkinkan fasilitas produksi Anda untuk mengambil langkah berikutnya dalam efisiensi produksi secara keseluruhan.(Faisal)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Langkah-langkah Perencanaan Produksi Massal
    Sangat Suka

    20%

    Suka

    20%

    Terinspirasi

    40%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    20%

    Komentar