Perbedaan Landing Page dan Homepage Pada Website

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Di era digital seperti saat ini, hampir setiap kegiatan dan pekerjaan membutuhkan jaringan internet untuk mendapatkan hingga menyimpan informasi. Salah satu cara untuk mengakses informasi yang dibutuhkan adalah melalui website.

    Bahkan, saat ini website tidak hanya digunakan hanya untuk sekedar mengakses atau memperoleh informasi dari seluruh dunia. Website sudah dimanfaatkan di tengah perkembangan perekonomian global.

    Agar mampu menggunakan website secara efektif dibutuhkan pemahaman terkait istilah-istilah yang ada pada website, di antaranya istilah landing page dan home page. Meski terdengar familiar, tidak sedikit pengguna website yang memahami perbedaan antara landing page dan homepage hingga menganggap keduanya merupakan istilah yang memiliki arti yang sama.

    Padahal, terdapat perbedaan yang cukup signifikan di antara landing page dan homepage pada website. Berikut penjelasannya:

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Landing Page

    Landing page merupakan halaman yang dapat ditemukan pada website. Landing page biasa dimanfaatkan dalam strategi digital marketing dan dianggap efektif.

    Namun, istilah landing page masih terdengar asing bagian kebanyakan pengguna website. Padahal, landing page selalu ditemukan saat menggunakan website untuk kebutuhan sehari-hari.

    Jika diartikan secara singkat, landing berarti mendarat sedangkan page memiliki arti halaman. Dimanfaatkan untuk membuka toko online dalam strategi digital marketing, landing page berupa halaman website dengan desain yang khusus sehingga memberikan mindset marketing.

    Selain itu, Anda akan berhadapan dengan landing page ketika mengakses atau mengunjungi website dari pencarian tidak berbayar maupun berbayar. Ketika sebuah link atau tautan diklik, maka secara tidak sadar Anda akan berhadapan dengan landing page. Artinya, landing page merupakan halaman yang pertama kali Anda jumpai, misalnya saat mengunjungi toko online.

    Sederhananya, landing page berorientasi dengan action dari user serta pencapaian untuk konversi. Di dalam digital marketing, landing page menjadi channel yang mempertemukan Anda pada keputusan untuk tidak atau membeli sebuah produk.

    Homepage

    Istilah lainnya yang sering ditemukan pada website adalah homepage. Homepage adalah halaman utama yang pertama kali dilihat pengunjung ketika membuka website. Homepage terdiri dari beberapa sub domain dalam bentuk spesifik yang memuat banyak section serta navigasi.

    Diartikan sebagai beranda website dalam bahasa Indonesia, homepage memuat informasi utama terkait website yang diakses. Informasinya yang ditampilkan pada homepage dalam sebuah website biasanya berbentuk tulisan, foto, video, grafis, motion dan lain sebagainya.

    Sedangkan informasi yang pertama kali ditemukan pada homepage, misalnya pada toko online terkait informasi penting terkait bisnis. Umumnya, homepage digunakan untuk halaman utama yang pertama kali dilihat pengunjung dan biasanya menampilkan navigasi yang mengarahkan Anda agar sampai di halaman berikutnya.

    Lalu, apa yang membedakan landing page dan homepage pada website? Secara umum, berikut ini perbedaan antara landing page dan homepage pada website:

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan di Sekolah Tinggi Teknik Bima

    1. Konten

    Hal pertama yang membedakan landing page dan homepage pada website adalah konten.  Pada landing page, konten yang dimuat lebih spesifik. Karena dimanfaatkan untuk kegiatan marketing, landing page biasanya memuat konten terkait produk atau jasa maupun penawaran.

    Sedangkan pada homepage, menampilkan konten yang didesain untuk menarik pengunjung. Jika dimanfaatkan untuk kegiatan marketing, konten pada homepage biasanya akan didesain layaknya etalase untuk produk atau jasa.

    1. Call to Action

    Perbedaan mencolok yang dapat ditemukan pada landing page dan homepage pada website adalah call to action atau dikenal sebagai CTA. Call to action merupakan ajakan membeli atau mengisi data tertentu pada untuk pengunjung.

    Pada landing page, call to action memuat ajakan yang lebih spesifik. Misalnya dengan mengklik sesuatu, pengunjung akan memperoleh sesuatu yang disebutkan pada call to action, misalnya diskon untuk produk tertentu.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Sementara pada homepage, call to action memuat kumpulan informasi tanpa adanya penekanan untuk mengklik sesuatu pada website yang dikunjungi.

    1. Pengunjung

    Perbedaan yang dapat ditemukan pada landing page dan homepage pada website adalah terkait pengunjug.

    Landing page memiliki pengunjung yang berasal dari sumber atau halaman website sebelumnya. Pengunjung tersebut kemudian mengakses landing page setelah mengklik sesuatu di halaman sebelumnya, seperti iklan. Sebab itu, pengunjung pada landing page biasanya membutuhkan informasi lebih dari sumber sebelumnya.

    Sedangkan pada homepage, pengunjung yang mengakses suatu website dengan ketertarikan tertentu. Karena homepage menyuguhkan banyak menu yang dapat dipilih, pengunjung homepage bersifat umum.(V0l1-Yl)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Landing Page dan Homepage Pada Website
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar