Penyebab Orang Tidur Mendengkur

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mendengkur (alias mendengkur) telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari Anda. Entah Anda sebagai pasien yang mendengkur secara teratur memprotes dari teman Anda yang sedang tidur, atau Anda menjadi korban dari mitra tidur yang mengganggu keruhnya setiap malam. Namun, apa sebenarnya yang mendengkur, dan bisakah kita mencegahnya?

    Proses mendengkur

    Mendengkur terjadi ketika Anda tidak dapat melepaskan udara melalui tenggorokan dan hidung Anda. Ini menyebabkan jaringan berayun di sekitar saluran pernapasan, menghasilkan suara dengkuran yang mengganggu. Orang yang mendengkur sering memiliki banyak jaringan hidung dan tenggorokan yang lebih cenderung bergetar. Selain itu, posisi lidah Anda saat tidur juga dapat menghalangi masuk dan keluarnya saluran udara saat tidur.

    Orang mendengkur karena alasan berbeda. Jika Anda benar-benar mengerti apa yang membuat Anda mendengkur, Anda bisa mulai menentukan solusi yang tepat untuk mendapatkan istirahat malam yang lebih tenang dan tenang.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Penyebab paling umum dari dengkuran

    Beberapa penyebab mendengkur yang biasa dialami banyak orang dilaporkan dalam Panduan Bantuan:

    1. Kegemukan

    Jaringan adiposa dan massa otot tanpa lemak berkontribusi pada dengkuran Anda. Bahkan, jika Anda tidak kelebihan berat badan, beban tambahan di leher dan tenggorokan Anda bisa membuat Anda mendengkur. Secara umum, olahraga teratur dan berusaha menurunkan berat badan dapat mencegah gangguan tidur ini.

    2. Usia

    Di usia paruh baya, tenggorokan Anda mungkin menyempit, dan massa otot di tenggorokan Anda mungkin berkurang. Tidak ada intervensi usia, tetapi Anda dapat mengontrol dengkuran dengan mengubah gaya hidup, mengubah waktu tidur, dan melakukan latihan tenggorokan.

    3. Anatomi tubuh

    Pria memiliki saluran pernapasan lebih rendah daripada wanita, dan lebih cenderung mendengkur. Tenggorokan sempit, langit-langit mulut sumbing, pembesaran kelenjar tiroid dan sifat fisik lainnya adalah produk genetik yang dapat memengaruhi seberapa sering Anda mendengkur. Genetika tidak dapat diubah, tetapi Anda dapat mendengkur dengan mengubah rutinitas dan gaya tidur sebelum tidur, latihan tidur awal, dan tenggorokan.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero

    4. Masalah pernapasan

    Hidung tersumbat, untuk alasan apa pun (hidung berangin, alergi, sinusitis), dapat membuat sulit bernafas dan menciptakan ruang kosong di tenggorokan, yang dapat menyebabkan mendengkur. Mandi air panas sebelum tidur untuk membuka jalan napas dengan lebih mudah. Guci jaring juga dapat digunakan untuk membersihkan saluran pernapasan menggunakan larutan salin dan air.

    5. Alkohol, rokok, obat-obatan

    Tiga hal ini dapat memengaruhi dengkuran Anda. Obat penenang, seperti lorazepam dan diazepam, dapat meningkatkan kelelahan otot yang menyebabkan dengkuran. Solusi: Hindari alkohol dan berhenti merokok. Bicaralah dengan dokter Anda tentang obat resep yang Anda gunakan, karena beberapa jenis obat dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak dan mendengkur terdengar lebih buruk.

    Cara mengatasi kebiasaan mendengkur Bahkan, kebiasaan mendengkur dapat diatasi secara alami, dengan mengubah gaya hidup dan menerapkan gaya hidup sehat. Berikut caranya: 

    1. Ubah posisi tidur Seperti disebutkan di atas,

    Anda akan mendengkur di bagian belakang pangkal lidah dan langit-langit lunak di dinding belakang, sehingga mendengkur. Jadi Anda disarankan untuk tidur dalam posisi miring sehingga Anda bisa mendengkur. 

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    2. Penurunan berat badan Agar kebiasaan mendengkur dapat berhenti.

    Anda dapat untuk menurunkan berat badan pada batas normal. Batasi porsi makan, perbanyak makan makanan sehat, dan olahraga adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kembali berat badan ideal Anda. 

    3. Hentikan kebiasaan minum dan merokok alkohol 

    Jika Anda minum alkohol 4-5 jam sebelum tidur, mendengkur akan menjadi lebih kuat. Karena itu, sebaiknya hindari mengonsumsi alkohol, terutama jika berlebihan sebelum tidur. Selain mengonsumsi alkohol, merokok juga bisa menyebabkan seseorang mendengkur.

    Ini karena racun dalam asap rokok mengiritasi dinding saluran napas, kemudian mengembang dan menghalangi aliran udara. Jadi, Anda harus menghentikan kebiasaan buruk ini. 

    Jika mendengkur ditemukan disebabkan oleh apnea tidur obstruktif, dokter Anda mungkin menyarankan perawatan dengan komputer CPAP atau tekanan jalan napas positif terus menerus. Penipuan, orang itu akan diberi masker tekanan yang terpasang pada pompa udara kecil di hidung saat tidur. Alat ini menahan saluran pernapasan terbuka.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Penyebab Orang Tidur Mendengkur
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar