Pengertian Serta Manfaat Keanekaragaman Hayati

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Berbicara mengenai keanekaragaman, pastinya sudah banyak pemikiran sahabat semua mengenai kata yang satu ini. Keanekaragaman memiliki sejuta makna, bisa saja keanekaragaman Negara kita, dan bisa pula yang dimaksud adalah keanekaragaman Negara asing. Tapi kali ini kita akan membahas mengenai keanekaragaman hayati. Pastinya sudah terpikir ya, apa maksud dari dua kosa kata ini.

    Keanekaragaman hayati merupakan salah satu tingkat dari banyaknya variasi bentuk kehidupan yang secara mendalam, mengingat satu hal yakni ekosistem bioma spesies atau bisa kita sebut juga sebagai seluruh planet. Keanekaragaman yang satu ini berbeda dengan yang kita maksud di atas ya, dikarenakan keanekaragaman yang satu ini merupakan ukuran dari kesehatan ekosistem, terutama ekosistem yang ada di bumi kita.

    Selain itu, keanekaragaman hayati juga merupakan sebagian dari fungsi iklim-iklim yang ada pada bumi kita. Pada dasarnya, iklim tropis kaya akan keanekaragaman hayati jika di bandingkan dengan daerah yang beriklim kutub yang memiliki sedikit keanekaragaman hayati.

    Dalam istilah biologinya keanekaragaman hayati sangat banyak memiliki interpretasi. Hal tersebut banyak di gunakan oleh para peneliti zaman dulu untuk menggantikan istilah keragaman spesies atau kekayaan spesies, dimana kata keanekaragaman hayati sudah mencakup arti dari kata yang telah disebutkan tadi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Keanekaragaman hayati memiliki banyak manfaat, diantara manfaat tersebut keanekaragaman hayati memiliki peranan yang begitu penting bagi kehidupan kita sebagai ciptaan yang maha kuasa, manfaat keanekaragaman hayati ini dapat mencakup :

    • Yang pertama dapat dijadikan sebagai sumber bahan pangan.

    Sebagai makhluk ciptaan sudah menjadi peranan bagi kita jika kita membutuhkan keanekaragaman hayati untuk menjalani kehidupan kita sehari-hari. Disini, manusia sangat memerlukan energi untuk dapat beraktivitas di hari-hari yang sibuk.

    Disinilah letak kegunaan keanekaragaman hayati yang pertama yaitu sebagai penyedia sumber kekuatan yang dapat berupa dalam bentuk makanan yang dikonsumsi manusia untuk mengembalikan seluruh energi yang telah hilang karena beraktivitas. Keanekaragaman hayati mengandung sejuta manfaat, karena peranannya dalam mencukupi karbohidrat, protein, vitamin, dan hal yang diperlukan bagi tubuh manusia lainnya.

    • Yang kedua dapat dijadikan sebagai sumber bahan sandang

    Bahan sandang berupa kebutuhan sampingan manusia, dapat berupa fashion yang dikenakan manusia sehari-hari. Pakaian sehari-hari manusia juga berasal dari hewan-hewan dan tumbuh-tumbuhan yang ada di dunia ini. Meskipun pada saat ini sudah berada di Era / Zaman yang sudah maju, namun ada juga beberapa unit yang berasal dari keanekaragaman hayati.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima

    • Yang ketiga dapat dijadikan sebagai sumber perabotan yang memenuhi kebutuhan rumah tangga.

    Segala perabotan bahkan bangunan sekalipun berasal dari tumbuhan-tumbuhan yang merupakan salah satu keanekaragaman hayati.

    • Yang keempat dapat menjadi sumber penghasilan bagi manusia.

    Sebagian besar manusia berpenghasilan dan bergantungan hidupnya dengan tumbuhan dan hewan-hewan sekitarnya. Contoh pekerjaan yang memiliki keterkaitan dengan keanekaragaman hayati ini adalah petani, nelayan, peternak, dan jenis pekerjaan lainnya.

    • Manfaat yang kelima juga memiliki pengaruh yang cukup besar bagi kehidupan manusia, yakni sebagai sumber obat-obatan.

    Hingga saat ini sudah banyak tercatat jenis-jenis hewan serta tanaman yang dapat kita jadikan sebagai ladang obat-obatan herbal. Pada dasarnya obat-obatan yang terbuat dari bahan-bahan herbal memiliki khasiat yang lebih besar jika kita bandingkan dengan obat non-herbal.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Manfaat yang keenam adalah sebagai ladang ilmu pengetahuan bagi kita.

    Tumbuhan dan hewan tentunya memiliki silsilah anatomi, kandungan, manfaat, dan masih banyak lagi hal untuk dipelajari. Justru pada saat ini banyak ilmuan yang melakukan penelitian terkait hewan dan tumbuh-tumbuhan, lantas apakah kita hanya berdiam dan menunggu hasil penelitian tersebut?, pikirkan jawaban anda.

    • Manfaat yang terakhir adalah sebagai alat penyeimbang ekosistem di dunia ini.

    Tiap-tiap makhluk hidup yang diciptakan pasti memiliki peranannya masing-masing. Jika makhluk hidup tersebut terancam punah, maka makhluk hidup tersebut akan mengganggu keseimbangan ekosistem yang telah terbentuk ini.(Hamdani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Serta Manfaat Keanekaragaman Hayati
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar