Macam – Macam Ekosistem dan Contohnya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ekosistem adalah gabungan dari hal – hal unik yang ada pada biosistem yang melibatkan suatu interaksi timbal balik, antara organisme dan juga lingkungan sekitar. Selain hal itu, terdapat juga suatu siklus pada material yang ada pada organisme dan juga anorganisme, serta matahari yang menjadi sumber seluruh energi. Ekosistem dapat juga disebut sebagai suatu tatanan kesatuan yang utuh dan juga menyeluruh, yang ada di antara semua elemen lingkungan yang tentunya memiliki pengaruh masing - masing.

    Komponen Ekosistem

    1. Abiotik

    Abiotik dikenal dengan komponen tak hidup adalah suatu komponen fisik serta kimia, dengan sifat substrat. Kebanyakan komponen abiotik sangat bervariasi, komponen ini berupa bahan organik, senyawa organik, dan faktor lainnya.

    Faktor tersebut dapat mempengaruhi proses distribusi organisme, faktor tersebut antara lain yaitu :

    1. Suh

    Suhu merupakan suatu proses biologis yang dipengaruhi karena suhu.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Air

    Adanya air tentunya berpengaruh pada distribusi organisme, seperti organisme yang berhabitat di gurun harus bisa beradaptasi dengan konsentrasi air yang ada di daerah tersebut.

    1. Garam

    Tingkat konsentrasi suatu garam tentunya juga berpengaruh terhadap keseimbangan air yang ada pada organisme.

    1. Sinar matahari

    Intensitas serta kualitas dari cahaya memiliki peran penting agar fotosintesis dapat terjadi. Di daerah padang pasir intensitas cahaya dari matahari yang besar menyebabkan naiknya suhu yang membuat hewan serta tumbuhan yang berhabitat di sana perlu beradpatasi.

    1. Tanah dan batu

    Tanah dan juga batu memiliki karakteristik tertentu berupa strukturnya, tingkat pH, serta komposisi suatu mineral yang dapat membatasi proses penyebaran organisme.

    1. Iklim

    Iklim adalah kondisi cahaya pada jangka waktu yang lama pada daerah tertentu, iklim makro dapat meliputi iklim global, regional serta lokal. Iklim mikro meliputi iklim pada suatu daerah tertentu yang ditinggali oleh komunitas tertentu.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Batam, Batam

    1. Biotik

    Biotik merupakan istilah yang merujuk pada hal – hal yang hidup. Komponen biotik juga memiliki peran tersendiri dalam membentuk suatu ekosistem. Berdasarkan peran dan juga fungsi yang dimiliki, makhluk hidup terbagi menjadi 2 macam, yaitu :

    1. Konsumen

    Organisme yang bahan makanannya dibuat oleh organisme yang dapat membuat makanannya sendiri.

    1. Pengurai

    Organisme yang bertugas dalam mengurai bahan organik, yang berasal dari organisme lain yang telah mati.

    Macam – Macam Ekosistem

    1. Ekosistem laut

    Ekosistem laut merupakan ekosistem akuatik yang didominasi dengan tingkat konsentrasi garamnya yang cukup tinggi. Ekosistem laut hanya bisa ditinggali biota laut. Misalnya hewan dengan sel satu, mamalia, invertebrata, serta berbagai macam tanaman laut.

    1. Ekosistem darat

    Ekosistem darat sebagian besar berupa daratan. Ekosistem ini terletak pada daerah yang lebih luas atau bioma. Tipe suatu bioma terpengaruh dengan iklim yang terjadi pada bioma tersebut. Terdapat 7 macam bioma yang terdapat pada ekosistem daratan, yaitu hutan hujan tropis, padang rumput, padang savana, tundra, gurun, taiga, dan hutan gugur.

    1. Ekosistem sawah

    Sawah merupakan suatu ekosistem buatan pada daratan. walau tidak semua jenis daratan dapat dijadikan sebuah ekosistem persawahan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Ekosistem air tawar

    Ekosistem air tawar adalah salah satu jenis ekosistem akuatik dengan tingkat konsentrasi garam rendah, ekosistem ini bersumber dari mata air yang mengalir dari bawah tanah. Dengan kondisi garam tersebut memungkinkan komponen biotik yang berhabitat pada ekosistem ini dapat hidup dengan baik. Tentunya hal tersebut tidak terlepas dari pengaruh komponen abiotik.

    1. Ekosistem sungai

    Ekosistem sungai meliputi sepanjang wilayah beserta daerah sungai. Yang berurutan dari hulu sungai, badan sungai, hilir sungai hingga muara sungai.

    1. Ekosistem hutan

    Ekosistem hutan adalah ekosistem terpenting pada muka bumi. Ekosistem hutan menjadi suatu kesatuan pada ekosistem yang ada dalam keseimbangan dinamis.

    1. Ekosistem danau

    Ekosistem danau merupakan ekosistem buatan. Danau merupakan suatu cekungan yang ada pada permukaan bumi berisi air.(Athallah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Macam – Macam Ekosistem dan Contohnya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar