Pelaku-Pelaku yang Terlibat Dalam Kegiatan Ekonomi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Berbicara mengenai masalah ekonomi, pastinya kehidupan manusia tidak luput dari yang namanya kegiatan “Ekonomi”. Ekonomi merupakan salah satu kajian ilmu sosial yang mempelajari tentang berbagai kegiatan manusia dimana kegiatan tersebut sangat berkaitan dengan aktivitas dalam produksi, dalam distribusi, serta aktivitas konsumsi terhadap suatu barang atau jasa.

    Di katakana pula bahwa ekonomi berasal dari bahasa yunani kuno yakni oikos yang mana kata tersebut memiliki arti keluarga atau rumah tangga dan kata nomos yang mana kata tersebut berarti peraturan atau hokum. Hingganya banyak yang beranggapan makna dari kata ekonomi tersebut adalah suatu manajemen rumah tangga atau sistem peraturan di dalam rumah tangga. Tapi disini kita tidak akan membahas lebih lanjut mengenai Ekonomi.

    Yang kita bahas adalah beberapa peran atau pelaku yang terlibat dalam kegiatan ekonomi. Apa sajakah itu?, jika ingin tahu bacalah artikel ini hingga bagian terakhirnya. Berikut pembahasan mengenai peranan pelaku yang terlibat dalam kegiatan ekonomi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    • Pelaku yang pertama adalah Konsumen atau Penggunanya

    Pelaku yang pertama ini memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dikarenakan sebagian besar manusia yang ada di muka bumi ini adalah konsumen atau pengguna sebuah produk yang telah di ciptakan. Pelaku yang satu memiliki ruang lingkup yang kecil namun bisa saja itu mencakup individu maupun mencakup berkelompok. Pelaku yang pertama ini pasti akan membutuhkan barang atau benda untuk membantunya dalam berkegiatan sehari-hari.

    Pelaku yang pertama ini akan mengeluarkan penghasilannya untuk membeli sebuah barang yang menurutnya berguna baginya dan akan memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Untuk memperoleh penghasilan tersebut pelaku yang pertama ini membutuhkan tenaga untuk memanfaatkan faktor produksi dan dijual kepada rumah tangga perusahaan, dengan kata lain pelaku pertama ini harus memiliki pekerjaan sehingga memiliki penghasilan untuk memenuhi segala kebutuhannya.

    Biasanya pelaku pertama ini memiliki beberapa kegiatan pokoknya sendiri, misalnya saja memperoleh penghasilan dari tempat kerjanya, memperbelanjakan penghasilannya dengan membeli kebutuhan pokoknya, menabung sebagian penghasilan yang di dapatkannya dari hasil bekerja, membayar pajak kepada pemerintah, dan lain sebagainya.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yahya Bima

    •  Pelaku yang kedua adalah Produsen atau Pencipta barang

    Selain pelaku pertama yang sudah tidak asing di telinga kita, pelaku yang kedua ini juga sudah tidak asing lagi di mata dunia, apakah itu?, itulah yang kita sebutkan sebagai produsen. Produsen sendiri memiliki fungsi sebagai pencipta sebuah benda atau barang atau kebutuhan yang akan di distribusikan kepada konsumen atau pelaku pertama tadi. Pelaku yang kedua ini juga memiliki beberapa kegiatan yang mencakup secara keseluruhan dari pelaku ini. Kegiatan tersebut seperti menghasilkan produk baik itu dalam bentuk barang maupun jasa, memanfaatkan segala bentuk faktor produksi, menentukan berbagai pembelian dari segala bentuk dan jenis barang yang di inginkan konsumen, dan lain sebagainya.

    • Pelaku yang ketiga adalah Lembaga Keuangan

    Pelaku yang satu ini memiliki tugas untuk mengumpulkan seluruh data dari segala pihak yang menjalankan tugas atau kegiatan yang pastinya penuh keterkaitan dengan uang, baik itu lembaga yang berkaitan dengan lembaga keuangan secara langsung maupun lembaga non keuangan. Pelaku yang ketiga ini juga sama dengan pelaku yang pertama dan kedua yaitu memiliki kegiatan utama atau kegiatan pokoknya yang dapat berupa menghimpun seluruh dana dari berbagai pihak yang memiliki keterkaitan dengan lembaga keuangan, menyediakan uang giral untuk melaksanakan kegiatan dalam transaksi keuangan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Pelaku yang keempat adalah Pemerintah

    Pelaku yang satu ini memiliki peranan yang sangat penting dalam kegiatan ekonomi karena tugas dari pelaku keempat ini adalah mengatur serta mengendalikan perekonomian yang terdapat di dalam suatu Negara dengan berbagai peraturan atau hokum yang berlaku dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakatnya.

    • Pelaku yang terakhir adalah Orang Asing atau Masyarakat Luar Negeri

    Kondisi iklim atau kondisi geografis menjadi masalah utama bagi setiap warga, karena tiap Negara bisa saja memiliki keterbatasan sumber daya alam sehingga membuat Negara tersebut memiliki ketergantungan dengan Negara lain.(Hamdani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pelaku-Pelaku yang Terlibat Dalam Kegiatan Ekonomi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    100%

    Komentar

    Berita Terkait