Konsep Inheritance Atau Pewarisan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Inheritance atau pewarisan adalah salah satu konsep pemrograman dalam paradigma OOP, dimana sebuah kelas dapat mewariskan atau menurunkan property serta method yang ada pada kelas tersebut kepada class lainnya yang menjadi child class. Konsep inheritance atau pewarisan ini berguna sebagai fitur code reuse, agar dapat menghindari terjadinya duplikasi kode.

    Konsep inheritance menjadikan sebuah class dapat memiliki hierarchy atau struktur dalam kode program. Class yang akan menurunkan property serta methodnya biasanya dinamakan dengan parent class, super class, atau base class. Sedangkan class yang mendapatkan penurunan biasa disebut dengan chid class, heir class, sub class, atau derived class. Suatu sub class dapat mewarisi property serta method yang dimiliki oleh base class. Dikarenakan hal itu, suatu child class dapat berisi property dan method yang ia miliki, serta yang parent-nya miliki.

    Dengan adanya hirarki atau struktur tersebut, semakin ke bawah class tersebut akan semakin memiliki sifat yang spesifik. Seperti halnya class mahasiswa memiliki semua sifat yang binatang miliki, dan seterusnya class kucing, macan, monyet memiliki sifat – sifat yang ada pada class mamalia. Dikarenakan konsep inheritance ini sifat yang ada pada binatang mamalia hanya perlu dideklarasikan pada class mamalia, dan karakteristik yang dimiliki oleh semua binatang hanya perlu ada pada class binatang. Class kucing tidak perlu ladi membuat sifat yang ada pada class mamalia karena sifat tersebut telah diturunkan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Pada inheritance terdapat juga yang namanya enkapsulasi, dimana tidak semua property dan method dari class parent dapat diturunkan pada class child. Untuk melakukan enkapsulasi ini, terdapat 3 keyword yaitu private dimana property serta method dengan keyword ini hanya bisa diakses oleh class itu sendiri dan tidak bisa diakses oleh class manapun termasuk class child-nya, protected dimana yang bisa mengakses hanyalah class childnya, dan public yang bisa diakses dari mana saja.

    Keuntungan Menggunakan Konsep Inheritance

    1. Pada child class hanya ada karakteristik yang spesifik berdasarkan child class tersebut yang membedakannya dengan parent class, hal ini akan memudahkan programmer untuk dapat menggunakan method serta property yang dimiliki oleh base class.
    2. Programmer dapat mendeklarasi parent class khusus yang disebut dengan abstract class, agar dapat mendeklarasikan class dengan sifat generik dan memiliki karakteristik yang umum.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lppn

    Pada konsep inheritance, terdapat istilah method overriding dimana kita melakukan deklarasi ulang pada method yang dimiliki oleh parent.

    Cara Menggunakan Konsep Inheritance

    Berikut adalah contoh kode untuk penggunaan konsep inheritance dalam bahasa PHP:

    <?php

    // deklarasi parent class: Komputer

    Class Komputer {

                public $merk;

                public $processor;

                public $memory;

                public function beliKomputer() {

                            return "Beli komputer baru";

                }

    }

    // Turunkan class komputer pada class laptop

    Class Laptop extends Komputer {

                public function lihatSpek() {

                            return "merk: $this->merk, processor: $this->processor,

    memory: $this->memory";

                }

    }


    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    // Instansiasi objek dari class Laptop

    $laptopBaru = new Laptop;

    // Isi nilai properti untuk objek laptopBaru

    $laptopBaru->merk = "acer";

    $laptopBaru->processor = "intel core i5";

    $laptopBaru->memory = "2 GB";

    // Panggil method yang dimiliki objek

    echo $laptopBaru->beliKomputer();

    echo "<br>";

    echo $laptopBaru->lihatSpek();

    ?>

    Pada contoh kode diatas terdapat 2 class. Class Komputer memiliki 3 property yaitu merk, processor, memory, dan 1 method yaitu beliKomputer(). Lalu dibawah class Komputer, terdapat class Laptop yang merupakan turunan dari class Komputer, dapat dilihat dari keyword extends yang diikuti dengan nama class parentnya yaitu Komputer. Setelah pendeklarasian class tersebut terdapat pendeklarasian sebuah objek dari class Laptop yang diberi nama laptopBaru. Lalu di bawahnya method beliKomputer dipanggil, disini tidak akan terjadi error walaupun dalam class Laptop tidak ada method beliKomputer. Method tersebut dapat dipanggil karena telah diturunkan dari class Komputer.(Athallah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Konsep Inheritance Atau Pewarisan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar