Resep Masakan Untuk Penderita Kolesterol dan Asam Urat

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kolesterol ialah lemah yang berguna untuk tubuh. Akan tetapi apabila kadarnya di dalam tubuh terlalu tinggi, kolesterol tersebut akan menumpuk di daerah pembuluh darah dan akan mengganggu aliran darah. Kolesterol merupakan yang diproduksi oleh organ hati secara alami, dan bisa juga ditemukan dimakanan yang berasal dari hewan, misalnya daging dan susu. Kolesterol juga diperlukan buat tubuh untuk membentuk sel-sel yang sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan juga menghasilkan vitamin D. walaupun juga penting bagi tubuh, kolesterol akan berbahaya apalabi kadarnya terlalu tinggi.

    Gejala kolesterol tinggi tidak minimbulkan gejala. Dan akibatnya banyak orang yang tidak mengetahui mimiliki kadar kolesterol yang tinggi, ketika muncul komplikasi serius misalnya penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, pentingnya kamu untuk melakukan tes darah agar mengetahui normal atau tingginya kadar kolesterol.

    Asam urat ialah merupakan kondisi yang dimana bisa menyebabkan nyeri yang tidak tertahankan, terjadinya pembengkakan, serta adanya rasa panas di daerah persendian. Semua sendi di tubuh kita, bisa mempunyai resiko apabila terkena asam urat, dan biasanya yang sering diserang oleh asam urat ialah jari tangan, lutut, pergelangan kaki sampai jari kaki. Dan biasanya penyakit asam urat ini lebih sering menyerang laki-laki, biasanya di usia diatas 27-30 tahun. Dan kalau pada perempuan, penyakit asam urat ini terjadi setelah pada masa menopause. Rasa sakit yang dialami penderita asam urat kira-kira berlangsung rentan waktu 4-10 hari. Sering kali orang salah terhadap membedakan penyakit asam urat dan rematik. Padahal rematik itu ialah suatu gejala yang mengeluarkan rasa sakit pada persendian otot yang sedang mengalami peradangan.

    Gejala penyakit asam urat ini yang umum sering terjadi ialah seperti berikut: sendi tiba-tiba merasakan sangat sakit, kesulitan untuk berjalan karena sakit yang mengganggu, dan khususnya terjadi pada malam hari, nyeri tersebut akan berkembang dengan sangat cepat dalam beberapa jam lalu disertai nyeri yang hebat, pembengkakan, rasa yang panas, serta munculah warna kemerahan pada kulit-kulit sendi, dan pada saat gejala mulai mereda dan bengkak pun mulai mengempis, akan tetapi kulit yang terkena akan terlihat bersisik, terkelupas lalu akan terasa gatal.

    Makanan yang cocok untuk penderita kolesterol dan asam urat

    1. Gunakan minyak yang sehat untuk pengganti mentega

    Kamu bisa mengurangi penggunaan lemak jenuh dalam cara memasak kamu. Hindari saat memasak dengan menggunakan mentega. Gunakanlah minyak yang sehat misalnya minyak zaitun atau canola. Kamu bisa juga menggunakan jenis minyak yang lainnya, misalnya bunga matahari (sunflower), dan minyak safflower juga baik untuk kesehatan jantung, dan kamu harus menghindari minyak sayuran eceran, karena kita tidak tahu bagaimana cara pembuatannya dan tidak tahu juga menggunakan jenis-jenis tanamannya.

    2. Memilih daging yang tidak mengandung lemak

    Pilihlah daging fillet, contohnya dada ayam. Akan tetapi jika kamu ingin membuat daging merah, pilihlah yang terbaik dengan memilih daging sapi yang tidak mengandung lemak seperti bagian round, paha depan (chuck), daging luar (sirloin), daging dalam (tenderloin), dan daging kelapa (ground).

    3. Memasak dengan teknik memanggang

    Memanggang ialah metode memasak yang sehat. Pangganglah daging kamu dengan panci kering atau rak yang bisa meneteskan lemak dari makanan agar tidak mengendap. Dan jika kamu ingin menambahkan cita rasa yang enak dan agar daging menjadi empuk, kamu bisa menambahkan sedikit perasan jeruk, sedikit garam, dan bumbu-bumbunya dalam porsi yang pas. Metode memasak dengan cara ini akan membuat selera kamu meningkat, akan tetapi tetap rendah kolesterol.

    4. Menggunakan putih telur

    Semua kolesterol yakni semuanya ada pada dalam kuning telur. Jika kamu hanya mengonsumsi putih telurnya saja, kamu akan mendapatkan protein yang sehat dan baik juga untuk kesehatan jantung. Kamu juga bisa menggunakan dua putih telur untuk mengganti asupan nutrisi telur yang utuh.

    5. Minyak biji rami

    Minyak ini sangat dianjurkan untuk penderita kolesterol dan asam urat yakni minyak biji rami mempunyai kandungan serat dan asam lemak yang cukup tinggi.

    6. Teh Hijau

    Teh hijau juga bisa untuk para penderita kolesterol dan asam urat. Karena kandungan di dalam the hijau memiliki anti-oksidan yang sangat tinggi di dalam daun teh tersebut. Dan memiliki peran sangat penting untuk meredakan kolesterol dan juga bisa mengobati asam urat.(Iksan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Resep Masakan Untuk Penderita Kolesterol dan Asam Urat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar