Ilmuwan Tanah Air yang Diakui Dunia

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ada banyak ilmuwan tanah air yang mempunyai prestasi cemerlang yang tidak kalah sama negara-negara lain. Dan yang paling mengagumkan, beberapa diantara mereka bahkan melakukan terobosan baru di dunia ilmuwan. Di dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Ilmuwan didefinisikan sebagai orang yang banyak pengetahuannya. Kerjaan mereka biasanya memecahkan suatu masalah dengan penemuan ilmiah dengan cara mengembangkan ilmu pengetahuan yang mereka miliki.

    Di Indonesia kalian bisa menemui ilmuwan-ilmuwan cerdas yang diakui dunia, salah satunya presiden Indonesia ke-3 yaitu BJ Habibie, yang sukses dan berpengaruh besar di dalam industri penerbangan dengan melakukan gebrakan baru. Dan masih banyak lagi ilmuwan Indonesia yang diakui dunia dengan hasil penemuan-penemuannya, berikut beberapa ilmuwan Indonesia yang diakui dunia dengan penemuannya :

    1. Warsito P Taruno

    Dr Warsito ini berhasil menguji hasil penemuannya, yaitu (ECCT) Electro Capacitive Cancer Therapy pada tahun 2012 lalu. Alat ini berfungsi untuk memperlambat laju pertumbuhan kanker bahkan bisa menghilangkan kanker tersebut, alat ini sudah menyembuhkan kakaknya dari kanker.

    Penemuannya ini berhasil membuat takjub dunia medis, bahkan menarik perhatian kementerian kesehatan. Dan Warsito pun membuat klinik sendiri pada waktu itu dan berhasil menyembuhkan sejumlah pasien. Tapi sayangnya pada tahun 2015 klinik ini ditutup karena tidak dapat persetujuan dari kemenristek dan kemenkes. Padahal, alat ECCT ini sudah di uji di negara lain, seperti Jepang dan India.

    2. Khoirul Anwar

    Jika saat ini Prof Khoirul Anwar tidak menemukan dua  fast fourier transform (FFT) kamu pasti tidak dapat merasakan jaringan internet yang kencang. FFT ini merupakan suatu algoritma yang berfungsi meningkatkan transmisi data. Singkatnya, FFT ini sangat penting dalam proses pembuatan jaringan 4G. Berkat penemuan Pak Khoirul Anwar ini lah kamu bisa menonton Youtube tanpa buffering.

    3. Tjokardo Raka Suwati

    Jika kamu melihat suatu pembangunan jalan layang, disitu ada ujung tiangnya yang bisa diputar 90 drajat. Inilah temuan milik Ir Tjokardo Raka Suwati yang namanya teknik konstruksi sosrobahu. Teknik ini diciptakan untuk mempersingkat waktu pembuatan jalan layang, dan mencegah terjadinya kendala arus lalu lintas dibawah jembatan layang tersebut pada saat proses pembangunan.

    4. Sedijatmo

    Prof Sedijatmo dulunya adalah seorang ilmuwan Indonesia yang sekaligus menjadi pejabat di PLN. Pada sekitar tahun 1960-an PLN ingin membangun menara di ancol yang berawa-rawa. Pak Sedijatmo menyadari kalua membangun menara yang tekstur tanah nya berawa-rawa dan lembek pasti tidak akan mampu menahan menara tersebut. Oleh karena itu, Pak Sedijatmo menemukan pondasi cakar ayam yang dikenal dunia sekarang.

    Pondasi ini menggunakan beton yang ditanam di bawah tanah tersebut dan di setiap pinggir-pinggirnya ditambahkan pipa beton yang menyerupai cakar ayam untuk mencengkram tanah tersebut. Temuan ini akhirnya digunakan untuk membuat gedung-gedung yang tinggi, ruko, dan bandara-bandara di Indonesia dan negara lain.

    5. BJ Habibie

    Siapa yang tidak kenal bapak satu ini, Pak BJ Habibie Presiden ke-3 Indonesia dan merupakan seorang ilmuwan ternama dan disegani oleh di dunia. Kisah pendidikan dan percintaan nya sangat menarik sehingga di angkat menjadi film layar lebar yang berjudul Habibie dan Ainun. Beliau mempelajari pendidikan di jerman, pak Habibie telah memantapkan ilmu penerbangannya di Jerman, salah satu teori yang ia kemukakan yaitu teori crack.

    Teori ini dapat menghitung titik paling lemah di body pesawat hingga ke ukuran atom. Sebelum adanya penemuan ini, industry pesawat menaikkan bahan pesawat dengan barang-barang yang berat untuk jika terjadi kecelakaan, pesawat masih mampu bertahan.

    Sayangnya, dengan cara ini membuat bodi pesawat menjadi lebih berat, dengan adanya penemuan ini industry pesawat hanya cukup menambahkan barang-barang yang berat ke titik lemah pesawat. Dengan adanya teori ini, dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan pesawat hingga saat ini.

    Itulah beberapa ilmuwan Indonesia yang dikenal oleh dunia dan temuan mereka masih diaplikasikan sampai sekarang. Semoga kisah ilmuwan Indonesia tersebut dapat menginspirasi kamu untuk lebih rajin lagi belajar agar menjadi seperti mereka dan menjadi seorang yang berguna bagi bangsa dan negara.(Dani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ilmuwan Tanah Air yang Diakui Dunia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar