Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Banten Jaya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Provinsi banten dulunya adalah bagian dari provinsi jawa barat, namun pada tahun 2000 banten memisahkan diri. Pada tahun 2000 resmi terbentuknya provinsi banten, kini banten tak lagi bagian dari jawa barat.

    Berposisi di ujung barat pulau Jawa, Provinsi Banten dijadikan sebagai pintu gerbang utama pulau Sumatera dan Jawa. Letak posisi ini menjadikan Banten sebagai tempat menghubungkan yang utama dalam jalur perdagangan pulau Jawa dan Sumatera. Bahkan dinobatkan sebagai bagian dari tempat transaksi perniagaan atau perdagangan Asia dan Internasional. Dan pada saat itu juga banyak dari orang-orang eropa masuk ke banten untuk melakukan perdagangan.

    Provinsi Banten disahkan pada tanggal 17 Oktober tahun 2000. Namun masyarakat sudah sepakat jika tanggal 4 Oktober 2000 menjadi Hari Jadi Provinsi Banten yang pada saat itu dibawah pimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Banten tentunya. Karena pada hari itu masyarakat berbondong-bondong datang ke Jakarta untuk melihat sidang pengesahan tersebut.

    Provinsi Banten memiliki delapan kabupaten/kota, diantaranya:

    1. Kabupaten Pandeglang
    2. Kabupaten Lebak
    3. Kabupaten Tangerang
    4. Kabupaten Serang
    5. Kota Tangerang
    6. Kota Cilegon
    7. Kota Serang
    8. Kota Tangerang Selatan

    Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, berdirilah sebuah Universitas di Banten dengan nama Universitas Banten Jaya atau yang biasa disebut masyarakat dengan sebutan UNBAJA. Proses pendirian atau bisa disebut pembentukan sebuah Perguruan Tinggi tidaklah semudah apa yang kita bayangkan, karena pembentukan lembaga-lembaga seperti ini sangat diperlukannya perhitungan yang matang dan jelas serta studi intensif mengenai berbagai aspek peluang, kemampuan, tantangan dan kendala-kendala yang bisa saja terjadi baik ketika saat pendirian maupun saat proses penyelenggaraan pendirian berlangsung.

    Nah, disini saya akan memberikan sedikit bocoran tentang akreditasi jurusan di Universitas Banten Jaya. Mungkin ada sebagian dari kalian yang berminat untuk melanjutkan studi disana, sebelum lebih jauh mencari informasi mengenai akreditasi jurusan-jurusan yang ada disana.

    Untuk program studi dengan jenjang Diploma III atau sering disebut D3 terdapat 3 jurusan/program studi di dalamnya, antara lain:

    1. Teknik Informatika               : Akreditasi C
    2. Manajemen Informatika       : Akreditasi C
    3. Komputerisasi Akuntansi     : Akreditasi C

    Sedangkan untuk program studi dengan jenjang Strata I atau sering disebut S1 terdapat 9 jurusan/program studi di dalamnya, antara lain:

    1. Pendidikan Bahasa Inggris                            : Akreditasi C
    2. Sistem Informasi                                            : Akreditasi B
    3. Teknik Informatika                                        : Akreditasi B
    4. Teknik Lingkungan                                        : Akreditasi B
    5. Pendidikan Akuntansi                                   : Akreditasi C
    6. Teknik Sipil                                                    : Akreditasi C
    7. Sastra Inggris                                                 : Akreditasi C
    8. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan : Akreditasi C
    9. Teknik Industri                                              : Akreditasi C

    Peringkat akreditasi yang saya sajikan diatas adalah data yang bersumber dari website resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Indonesia [BAN-PT]. Dan data di atas tidak selalu diperbarui, namun saya akan berusaha untuk selalu mencari informasi ketika ada perubahan akreditasi oleh Direktori BAN-PT Indonesia. Untuk mengetahui informasi terbaru, silahkan cek secara langsung di web BAN-PT Indonesia.(Iqbal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Banten Jaya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar