Tips Mahir Mengetik 10 Jari

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Dalam pelajaran mengetik sentuhan pertama Anda, Anda akan belajar cara meletakkan tangan di keyboard, mengenali tombol baris dan mengetik menggunakan jari yang benar. Saat Anda melanjutkan kursus, setiap pelajaran baru memperkenalkan beberapa kunci untuk Anda praktikkan sampai Anda merasa nyaman untuk menemukannya tanpa melepaskan mata dari layar.

    Saat Anda menguasai huruf baru, kepercayaan diri dan akurasi Anda akan meningkat, seiring dengan kecepatan Anda. Hanya perlu diingat bahwa tidak setiap pemula mencapai kesempurnaan segera. Sering dibutuhkan beberapa sesi untuk merasa nyaman dengan pengetikan sentuhan, karena itu adalah teknik mengetik, bukan akurasi atau kecepatan, yang harus Anda pelajari terlebih dahulu, dan ini membutuhkan pengembangan memori otot baru.

    Selain itu, jika Anda telah menghabiskan sebagian besar hidup Anda mengetik dengan beberapa jari, Anda tidak hanya mempelajari keterampilan baru tetapi bekerja untuk mengatasi kebiasaan yang sudah tertanam pada saat yang sama. Pertama, siapkan diri Anda untuk sukses dengan bersumpah untuk tidak pernah melihat ke keyboard.

    Selanjutnya, khawatir tentang teknik dan akurasi. Jangan memprioritaskan kecepatan sampai Anda siap menjadi juru ketik sentuh. Terakhir, lihat tips kami di bawah ini:

    5 Tips untuk siapa pun yang belajar agar mahir mengetik dengan 10 Jari

    1.  Perhatikan postur Anda 

    Ada dua alasan mengapa Anda harus duduk dengan benar di depan komputer. Yang pertama berkaitan dengan memastikan aliran darah yang cukup ke jari dan memfasilitasi posisi tangan yang benar. Yang kedua karena Anda tidak ingin melukai diri sendiri. Carpal Tunnel Syndrome menyebabkan rasa sakit atau mati rasa yang tumpul di pergelangan tangan, lengan atau tangan yang lebih rendah tetapi hal itu dapat dihindari dengan menjaga siku ditekuk pada sudut 90 derajat dan pergelangan tangan longgar, dengan tangan bersandar pada keyboard. Sebelum Anda memulai pelajaran, sesuaikan ketinggian layar Anda sehingga leher Anda lurus dan berhati-hatilah agar tidak membungkuk ke posisi melengkung. Letakkan kaki Anda rata di lantai, berjabat tangan, dan tarik napas panjang untuk merilekskan tubuh Anda. Jika Anda berupaya mempelajari rutinitas ini sebagai pemula, Anda akan membangun kebiasaan mengetik yang sehat yang akan membantu melindungi Anda dari cedera di kemudian hari.

    1. Berlatih, berlatih, berlatih.

    Ketika Anda mulai mengangkat beban, Anda tidak akan terbangun suatu pagi untuk menemukan tubuh yang terpahat sempurna di cermin. Dibutuhkan latihan, pengulangan, dan ketekunan. Mempelajari teknik pengetikan sentuh yang benar bekerja dengan cara yang sama. Pengetikan sentuh bukanlah sesuatu yang akan Anda lakukan dalam semalam, karena sebagian besar bergantung pada memori otot. Jari-jari Anda mempelajari di mana setiap tombol ditempatkan dan dapat menemukannya tanpa bantuan dari mata Anda. Setelah Anda dapat menemukan setiap tombol tanpa melihat keyboard, Anda akan menemukan kecepatan mengetik meningkat secara eksponensial, dan semakin banyak Anda berlatih, semakin cepat Anda akan dapatkan.

    1. Waktu Yang Singkat Tapi Sering Diulang.

    Meskipun Anda mungkin tergoda untuk menghabiskan waktu lama mempraktikkan keterampilan mengetik baru Anda, duduk di depan keyboard dan menatap layar terlalu lama tidak sehat. Pelajaran yang ideal untuk pemula harus tidak lebih dari 20 menit dan tidak lebih dari satu jam. Pengulangan adalah kunci untuk mengotomatisasi gerakan tetapi latihan yang singkat dan sering cenderung menjadi yang paling efektif. Cobalah untuk melakukan sedikit latihan mengetik setiap hari atau beberapa kali seminggu. Ini akan membantu melatih tangan Anda sehingga Anda secara bertahap mengembangkan memori otot yang diperlukan di jari-jari Anda. Jika Anda perlu menghabiskan waktu cukup lama di depan komputer, istirahatlah sejenak untuk bergerak, meregangkan, dan memfokuskan mata menjauh dari layar.

    1. Belajar dari kesalahanmu.

    Saat Anda pertama kali belajar cara mengetik, akurasi tidak sama pentingnya dengan menguasai teknik mengetik. Bahkan, berulang kali membuat kesalahan yang sama bisa menjadi berkah tersembunyi karena sering mengingatkan Anda untuk posisi jari yang salah. Jika Anda secara tidak sengaja menekan tombol yang salah, cobalah untuk mengatur kamera yang merekam tangan Anda saat Anda mengetik dan kemudian perhatikan dengan seksama untuk melihat apakah Anda memulai dengan tombol baris dan gerakkan setiap jari dengan cara memiliki target. Untuk gerakan yang sangat keras, coba ucapkan huruf itu keras-keras saat Anda mengetiknya dan jika semuanya gagal, letakkan sepotong dempul atau paku payung pada tombol untuk memudahkan jari Anda menemukan. Ingat, penting untuk menguasai setiap pelajaran dengan akurasi 80% atau lebih sebelum Anda melanjutkan.

    1. Hadiahi diri Anda sendiri!

    Ada alasan mengapa orang diberi penghargaan untuk pencapaian: itu memotivasi mereka untuk mencapai tingkat kesuksesan yang lebih tinggi. Tidak ada alasan bahwa Anda tidak boleh menggunakan alasan yang sama untuk menghargai diri sendiri karena membuat kemajuan dalam pelajaran mengetik Anda. Tetapkan tujuan yang mudah didapatkan (mis. Peningkatan kecepatan mengetik) dan setelah Anda menyelesaikannya, hadiahi diri Anda sendiri! Tidak harus sesuatu yang mewah atau mahal. Pergi saja ke toko dan beli es krim favorit Anda, atau manjakan diri Anda dengan manikur atau sesuatu. Tidak hanya menyenangkan untuk Anda, itu memberi Anda sedikit motivasi ekstra yang mungkin Anda butuhkan untuk terus berlatih.(Indri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Mahir Mengetik 10 Jari
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar