Dalam 5 Jam, Madiun Diguncang 19 Kali Gempa

Daftar Isi

    Foto: Tangkapan layar

    LancangKuning.com, Trenggalek - Rentenan gempa berskala kecil terjadi hingga 19 kali di wilayah Kabupaten Madiun dan sekitarnya selama kurun waktu 5 jam terakhir. Skala gempa Madiun mulai dari 2,5 hingga 3.4 Magnitudo.

    Dari data BMKG, gempa pertama terjadi pada pukul 05.56 WIB dengan kekuatan 2,8 Magnitudo. Pusat gempa berada di 8 KM barat daya Kabupaten Madiun dengan kedalaman 5 KM.

    Baca Juga: BMKG Sebut 138 Titik Panas Kepung Riau

    Sedangkan gempa terbesar terjadi pukul 09.42 WIB dengan kekuatan gempa 3,4 Magnitudo. Sementara itu gempa ke-19 terjadi pukul 10.07 WIB dengan kekuatan getaran 2,9 Magnitudo. Belasan kali gempa tersebut terjadi di darat di wilayah Kabupaten Madiun.

    "Dari pukul 05.56 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya peningkatan aktivitas kegempaan di wilayah Madiun dan sekitarnya. Hingga pukul 10.07 WIB telah terjadi 19 kejadian gempa bumi yang terekam oleh sensor," kata Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Yogyakarta, Agus Riyanto melalui rilis resminya, Sabtu (3/8/2019), mengutip detik.com

    Baca Juga: Gempa Banten Buat Pemain Persija Cemas

    Sementara Kepala Stasiun Geofisika Nganjuk, Chudori mengatakan rentetan aktivitas kegempaan berskala kecil tersebut disebut gempa swarm. Jenis gempa bumi swarm biasanya akan berlangsung selama beberapa hari.

    "Gempa swarm itu dulu pernah terjadi pada 2015 dan 2016. Kalau waktu itu terjadi karena adanya aktivitas Sesar Kendeng, karena memang dulu itu Gunung Pandan adalah gunung berapi magma," ujarnya.

    Baca Juga: Tiga Daerah Ini Berpotensi Terjadi Tsunami 3 Meter

    Aktivitas gempa bumi tektonik secara sporadis tersebut membujur dari arah Ponorogo ke sampai barat daya Madiun. Kekuatan gempa swarm rata-rata berada di bawah 5 SR, namun aktivitas kegempaan biasanya berlangsung selama beberapa hari.

    Baca Juga: Waspada, Gempa M 7,4 di Banten Berpotensi Gelombang Tsunami

    "ini kemungkinan pergerakan Sesar Kendeng atau gunung api di bawahnya. Biasanya kecil-kecil, kadang-kadang bisa sampai 6 hari, terkadang 3 hari sudah selesai," jelasnya. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dalam 5 Jam, Madiun Diguncang 19 Kali Gempa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar