Apa Itu Hackathon

Daftar Isi

    LancangKuning.comHacker biasanya sangat sering di kaitkan oleh hal-hal yang negatif dan juga selalu berkaitan dengan pembobolan sebuah sistem komputer dan juga sebuah jaringan. Padahal sebenarnya Hacker merupakan seorang yang ahli di dalam teknologi, memilki sebuah kemampuan untuk membangun, dan juga mempunyai kemampuan dalam menganalisa sebuah kelemahan yang terdapat di sebuah komputer dan juga sebuah jaringan serta memperbaiki dan membuat terobosan untuk Software maupun Hardware.

    Hackathon adalah sebuah acara berkumpulnya dan berkolaborasi para ahli bidang teknologi untuk pengembangan suatu proyek tertentu yang pastinya sangat berhubungan juga dengan sebuah teknologi, Acara ini biasanya di  hadiri oleh para Programmer, desainer grafis, desainer antarmuka, Project manajer dan lain-lain nya

    Hackathon sendiri merupakan penggabungan dari dua kata yaitu Hacker dan Marathon, yang memiliki sebuah arti sebagai aktivisi analisa, membangun, menerobos suatu sistem dengan sangat konsisten dan juga menggunakan jangka waktu tertentu (seperti lari marathon). Dan acara ini adalah sebuah event yang bertujuan untuk membuat aplikasi selama kurang lebih 24 Jam.

    Tujuan HackAthon

    Hackthon sendiri bertujuan guna memecahkan suatu pembahasan permasalahan yang tengah di hadapi oleh para lembaga, perusahaan, komunitas dan para lembaga lainnya, dengan cara berlomba untuk menciptakan sebuah ide product yang berhubungan dengan suatu teknologi guna mempermudah kehidupan agar menjadi lebih baik.

    Proyek Yang Telah Dihasilkan Dari Acara Hackathon

    Adanya acara HackAthon telah banyak menghasilkan dan menciptakan ide product di dunia, salah satu nya adalah di indonesia berikut merupakan hasil dari hackathon :

    • Diadakan oleh google indonesia (acara Hackathon android kejar)

    Juara pertama, dengan nama aplikasi “ The Alphabet” Cara kerja aplikasi : aplikasi ini meruoakan aplikasi pembelajaran interaktif media denagn menggunakan basis huruf Augmented Reality (AR) yang dimana aplikasi ini menggunakan cara kerja dengan menscan sebuah tulisan ”Apple” atau “Kuda” maka akan muncul sebuah animasi berbentuk buah apel atau animasi berbentuk kuda.

    • Diadakan oleh pemerintah dan organisasi <cose4nation>

    Juara satu, dengan nama aplikasi “ lima kilo” Cara kerja aplikasi : masyarakat bisa dengan mudah membeli bumbu dapur seperti misalnya bawang, dengan menggunakan aplikasi ini masyarakat bisa membeli bawang secara langsung dari para petani agar masyarakat nanti nya bisa  terhindar dari peranan tengkulak yang berlaku curang dalam bermain dengan harga, aplikasi ini juga dapat digunskn oleh pemerintah untuk mengawasi stok dan harga.

    • Diadakannya perusahaan Go – Jek

    Juara kesatu, nama aplikasi “ Go – Track” Cara kerja aplikasi/alat : membantu pengguna untuk ,menemukan/melacak suatu barang yang hilang saat dijalan, dengan menggunakan Bluetooth, kelebihannya: dengan biaya yang murah, dan tidak perlu menggunakan internet dan daya baterai yang kuat 1 tahun.

    Sejarah dari Hackathon

    Hackathon pertama yang pertama kali tercatat adalah hackathon OpenBSD yang terjadi pada tahun 1999, acara Hackathon ini lebih mengarah pada acara perkupulan sekelompok pengembang yang ada di Amerika yang awalnya hanyalah berusaha untuk menghindari peraturan ekspor.

    Saat acara Hackathon dilaksanakan, para ahli teknologi merasa senang dan acar ini juga di rasa telah menghasilkan banyak manfaat, oleh karena itu acara Hackathon ini pun menjadi sebuah acara tahunan. Pada tahun yang sama setelah acara OpenBSD, lalu istilah Hackathon di gunakan oleh perusahaan Sun dalam acara konferensi JavaOne.

    Cabang dari Hackathon mulai bermunculan tahun - tahun terakhir yang diantaranya adalah hackathon untuk acara amal sosial, dan cabang-cabang dari hackathon lainnya, Hackathon telah banyak diadakan oleh sebagian perusahaan-perusahaan besar seperti perusahaan Microsoft, Google, Facebook, dan juga Netflix. Dan acara Hackathon sendiri adalah sebuah acara untuk tempat berkumpul bersama guna dengan membahas topik-topik pembahasan tertentu yang banyak pastinya banyak memberikan ilmu dan banyak memberi pengalaman, dan tempat berbagi ide-ide yang berbeda.(Doni)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Apa Itu Hackathon
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar