5 Alasan Mengapa Bekerja Menjadi Public Relations Itu Menyenangkan Sekaligus Menantang

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Public Relations adalah jenis pekerjaan yang secara mayoritas berurusan dengan segala hal yang berkaitan dengan komunikasi, baik urusan internal maupun eksternal perusahaan. Tanggung jawab seorang public relation adalah memastikan citra dan hubungan perusahaan dengan publik tetap baik.

    Kebanyakan orang yang bekerja di bidang PR adalah mereka yang memiliki komunikasi yang baik, biasanya mereka adalah para lulusan dari jurusan ilmu komunikasi maupun konseling. Kemudian, mengapa bekerja sebagai seorang Public Relations itu menyenangkan sekaligus menantang? Berikut adalah 5 point ulasannya.

    1. Bisa mengenal banyak jaringan pertemanan dan bisnis baru

    Setiap pimpinan perusahaan ingin perusahaannya maju dan berkembang, makan mereka pasti akan memberi tanggung jawab kepada seorang public relations untuk menjalankan visi dan misinya. Untuk mencapai hal tersebut perlu adanya kerjasama yang baik antara pihak internal maupun eksternal. Dalam melaksanakan kerjasama tersebut kamu pasti merencanakan berbagai kegiatan dan program kerjasama.   

    Nah, untuk menjalankan program tersebut, tentu sangat membutuhkan kerjasama dari banyak orang untuk terlibat. Kamu akan berkenalan dan bekerja sama dengan orang baru dari berbagai bidang dan latar belakang. Bahkan kamu bisa bertemu banyak publik figur.

    Menyenangkan bukan? Hal ini juga menantang karena disini kamu diuji dalam berkomunikasi dengan orang baru bahkan publik figur secara baik.

    1. Dituntut untuk selalu berpenampilan menarik dan profesional

    Seorang Public relations adalah cerminan/representasi dari sebuah perusahaan, maka kamu dituntut untuk selalu terlihat menarik dan profesional agar perusahaan dipandang baik juga olah publik. Ini adalah sebuah tantangan. Jika seorang public relation tidak mampu berpenampilan baik maka nama baik perusahaan pun sedikit banyak akan ikut tercoreng karena tidak memperlihatkan profesionalitasnya.

    Berpenampilan menarik juga merupakan bagian dari cara berkomunikasi, yaitu komunikasi non-verbal. Jika mampu berpenampilan menarik, hal ini akan menguntungkan seorang publik relation, karena hal ini akan memuat lawan bicara merasa nyaman juga dan pastinya akan mendukung komunikasi verbal kamu.

    1. Tidak merasa bosan di kantor

    Kebanyakan orang yang bekerja seharian penuh dikantor,5 hari dalam seminggu, pasti akan cepat merasa jenuh. Namun menjadi seorang public relations memiliki keuntungannya sendiri karena kamu akan selalu bertemu orang baru yang menyenangkan dari luar kantor, tidak melulu orang dalam kantor yang pastinya akan membuat kamu jenuh.

    Seorang public relation juga akan banyak berurusan diluar kantor, baik itu acara ataupun meeting yang diadakan di berbagai lokasi. Kamu jadi bisa tau tempat baru dan tidak selalu dalam kantor seharian.

    1. Selalu up to date mengenai isu terkini

    Di zaman dimana setiap orang dengan mudah menyebar berita sehingga mudah sekali beredar berita palsu/hoax, sudah semestinya seorang public relation menjadi orang yang paling tahu mengenai informasi terkini dan selalu memperbaharui diri. Seorang public relation dituntut agar mampu menangkap informasi dengan baik dan benar untuk menunjang pekerjaan dan kemajuan perusahaan.

    Seorang public relation tidak boleh ketinggalan informasi terkini. Hal ini akan menjadi nilai plus karena kamu akan dianggap sebagai orang yang cerdas. Hal ini juga akan menjadi sebuah tantangan karena kamu juga harus cerdas dalam memilih dan menerima informasi. Jika tidak, kamu malah akan dianggap orang yang bodoh.

    1. Pandai bertutur kata atau berkomunikasi

    Opini publik terhadap seorang public relations adalah seseorang yang ahli berbicara, bukan karena cara berbicaranya saja, tapi juga karena kecerdasannya dalam memilih kata sehingga kata yang digunakan mampu membujuk orang lain.

    Komunikasi bukan hanya sekedar menyampaikan pesan namun juga bagaimana pesan tersebut tersampaikan dan diterima dengan baik. Seorang public relation juga harus mampu bernegosiasi dengan baik.

    Dari 5 poin diatas bisa kita lihat bahwa menjadi seorang public relations tidaklah semenakut-kan yang dipikirkan selama ini. Menjadi seorang public relations akan terasa menyenangkan jika kamu sudah menyiapkan diri dengan baik.(Fadhil)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 5 Alasan Mengapa Bekerja Menjadi Public Relations Itu Menyenangkan Sekaligus Menantang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar