Pantangan Makanan Bagi Penderita Kolesterol

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Makan merupakan kebutuhan hidup manusia. Ada beberapa jenis makanan yaitu makanan ringan, serta makanan berat. Makanan ringan yaitu, makanan yang tidak berupa makanan utama, makanan ini bisa berfungsi untuk menghambat rasa lapar, menambah suplai energy, menahan rasa mual, cemilan, makanan pembuka, makanan untuk penutupan, hidangan semata ringan, dan masih banyak lagi, makanan ini untuk kita yang hanya ingin menikmati rasa -  rasa makanan secara instant.

    Makanan berat yaitu, makanan yang dihidangkan sebagai makanan utama, makanan utama ini yang biasanya untuk makan pagi atau sarapan, makan siang, makan malam, makanan yang memang untuk suplai tenaga yang besar, bisa membuat kenyang atau tidak lapar lagi.

    Dari dua ( 2 ) jenis makanan ini , yang sering kita makan yaitu makanan ringan, karena bersifat siap saji, murah meriah, cemilan, bisa langsung di makan. Akan tetapi kandungan gizi di dalam makanan ringan relative kurang, bahkan terlalu sering memakan makanan ringan atau bisa kita sebut jajanan bisa membuat kita mempunyai banyak kandungan lemak berat atau berlebihnya kolesterol.

    Kolesterol merupakan zat berlilin yang ada pada seluruh sel di tubuh kita. Sebenarnya, kolesterol merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh yang digunakan untuk menghasilkan vitamin D, hormon serta produk penting lainnya. Tapi ada zat kolesterol yang jika kolesterolnya tinggi akan mengakibatkan penumpukan lemak berat di saluran pembuluh darah. Akibatnya bisa menghambat aliran darah, dalam kondisi seperti ini banyak bahaya yang bisa mencengkram tubuh. Sebenarnya, apa itu kolesterol tinggi? Kolesterol tinggi yaitu suatu kondisi atau situasi dimana tingkat kolesterol pada darah melampaui kadar yang ditetapkan  normal sehingga bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan tubuh. Ada beberapa penyakit yang bisa ditimbulkan oleh kolesterol tinggi, sebagai berikut:

    1. Hipertensi (Tekanan darah tinggi)

    Kolesterol tinggi dan hipertensi sangat erat hubungannya. Ketika pembuluh arteri mengeras serta menyempit karena plak (kerak) kolesterol dan kalsium (aterosklerosis), maka jantung diharuskan kerja lebih keras dalam memompa darah. Jadi, tekanan darah akan menjadi tinggi serta tidak normal.

    2. Stroke

    Stroke terjadi karena pembuluh darah yang bertugas membawa nutrisi dan oksigen ke otak terhalang atau pecah. Ada juga faktor lain penyebab terjadinya stroke yaitu suplai darah ke arah otak berkurang. Ketika penyakit stroke terjadi, maka bagian pada otak tidak bisa mendapatkan oksigen dan darah yang dibutuhkan, lalu bisa mengganggu fungsi otak.

    3. Penyakit Jantung Koroner

    Risiko utama yang berkaitan dengan kolesterol tinggi yaitu penyakit jantung koroner (PJK). Kadar zat kolesterol darah selalu berkaitan dengan peluang terkenanya suatu penyakit jantung. Jika kolesterol memang terlalu tinggi, lemak akan menumpuk di dinding arteri atau dikenal sebagai aterosklerosis. Situasi atau Kondisi ini dapat menyebabkan arteri menjadi sempit sehingga menghambat /menumbat aliran darah ke arah jantung. Akibatnya, si pemilik kolesterol tinggi bisa berisiko lebih tinggi terkena serangan jantung.

    Bagi pengidap kolesterol tinggi, ada halangan atau pantangan makanan yang harus dilakukan. Makanan - makanan ini biasanya bersifat tinggi kolesterol, maka pengidap kolesterol dilarang memakan makanan ini, makanan yang dilarang bagi pengidap kolesterol tinggi yaitu :

    1. Jeroan

    Hindari makanan jeroan hewan (ayam, sapi, dan lainnya) contohnya otak, hati, ampela, usus, jantung, serta organ dalam lainnya. Ini disebabkan karena, jeroan dapat meningkatkan kadar zat kolesterol jahat di dalam darah.

    2. Gorengan

    Makanan ringan satu ini sering kita jumpai di pinggir jalan. Mengapa ini dilarang bagi pengidap kolesterol tinggi, karena dalam makanan gorengan banyak mengandung lemak jenuh. Maka makanan ini malah bisa menambah kadar kolesterol yang sudah tinggi, bahkan akan lebih menumpuk lagi lemak di dalam pembuluh darah.

    3. Telur Ayam

    Di dalam kuningan telur juga sangat banyak mengandung kolesterol dan di putih telur hanya sedikit kolesterol. Meski putihan telur ini hanya sedikit kolesterol, sebaiknya jangan juga dimakan.

    4. Makanan ringan yang Cepat Saji

    Sudah disebutkan bahwa makanan ringan ini urang mengandung gizi, bahkan malah banyak mengandung lemak jenuh. Maka dari itu pengidap kolesterol tinggi dilarang memakan makanan ini.

    5. Udang

    Makanan yang berasal dari perairan laut ini dilarang karena kandungan lemak yang ada di tubuhnya sangat banyak mengandung lemak. Terlebih di bagian badan yang empuk dan lembut.

    Itulah beberapa larangan makanan bagi pengidap kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi dapat dikurangi dengan cara mengatur pola makanan dengan tepat, dengan begitu kolesterol akan berkurang.(Bintang)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pantangan Makanan Bagi Penderita Kolesterol
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar