Pengertian dan Cara Kerja Web Server

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Internet bertindak sebagai sumber kebanyakan informasi kepada kami dan semua yang perlu kami lakukan, jika kami ingin informasi apa pun hanya dengan menanyakan internet dan kemudian kami akan mendapatkan respons yang diinginkan.

    Tetapi siapa yang memberikan informasi ini kepada kami dan bagaimana caranya? Semua ini difasilitasi oleh apa yang disebut sebagai Web Server. Bersamaan dengan itu ada browser sebagai aplikasi yang kami gunakan seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Chrome, Safari dll untuk berinteraksi dengan web dan menelusuri & mengambil file di server web yang dikenal sebagai Klien Web.

    Server Web pada dasarnya adalah program komputer sederhana yang mengeluarkan halaman web ketika mereka diminta menggunakan klien web. Mesin yang menjalankan program ini biasanya disebut sebagai server, dengan kedua nama server web dan server hampir digunakan secara bergantian.

    Secara umum, banyak orang, ketika mereka berpikir tentang server web, mereka menganggap mereka sebagai beberapa komputer berdaya tinggi, sementara ini sampai batas tertentu benar, karena beberapa komputer berdaya tinggi juga disebut sebagai server web, tetapi komputer ini dibangun dengan tujuan dari web hosting. Di hosting web, server web memungkinkan penyedia hosting untuk menangani beberapa domain (atau beberapa situs web) pada satu server. Tetapi, biasanya, ketika seseorang merujuk ke server web, itu berarti perangkat lunak yang dapat diunduh pada sistem komputer.

    Kapan server web diperlukan?

    Secara umum, server web digunakan oleh perusahaan hosting web dan pengembang aplikasi web profesional. Tapi, sebenarnya siapa pun yang memenuhi salah satu kategori di bawah ini dapat menggunakannya. Orang yang memiliki situs web (untuk membuat salinan lokal pada sistem mereka menyerupai apa yang ada di internet).

    Orang yang ingin menggunakan teknologi sisi server, seperti, PHP atau ColdFusion, juga dapat menggunakan server web.

    Bagaimana server Web bekerja?

    Halaman di internet dapat dilihat, ketika browser memintanya dari server web dan server web merespons dengan halaman itu. Representasi diagram sederhana ini adalah seperti yang diberikan di bawah ini pada gambar:

    Proses sederhana terdiri dari 4 langkah, yaitu:

    Memperoleh Alamat IP dari nama domain: Peramban web kami pertama-tama mendapatkan alamat IP nama domain (misalnya, untuk halaman ini nama domainnya adalah www.geeksforgeeks.org) diputuskan untuk. Itu bisa mendapatkan alamat IP dalam 2 cara-

    Dengan mencari di cache-nya.

    Dengan meminta satu atau lebih Server DNS (Domain Name System).

    Catatan: Setiap situs web diberikan alamat IP saat pertama kali dibuat di server web.

    Browser meminta URL lengkap: Setelah mengetahui Alamat IP, browser sekarang menuntut URL lengkap dari server web.

    Server web merespons permintaan: Server web merespons browser dengan mengirim halaman yang diinginkan, dan jika ada halaman yang tidak ada atau terjadi kesalahan lain, ia akan mengirim pesan kesalahan yang sesuai.

    Sebagai contoh:

    Anda mungkin telah melihat Kesalahan 404, saat mencoba membuka halaman web, yang merupakan pesan yang dikirim oleh server ketika halaman tidak ada.

    Yang umum lainnya adalah Kesalahan 401 ketika akses ditolak kepada kami karena kredensial yang salah, seperti nama pengguna atau kata sandi, yang diberikan oleh kami.

    Browser menampilkan halaman web: Browser akhirnya mendapatkan halaman web dan menampilkannya, atau menampilkan pesan kesalahan.

    Server Web Populer

    Ada beberapa server web yang tersedia, seperti, Apache, Microsoft IIS, Server Web Nginx, Server Web LightSpeed. Tapi, dua yang paling populer adalah, Apache HTTP Server: Ini adalah server web paling populer yang tersedia dan banyak digunakan. Ini dikembangkan dan dikelola oleh Apache Software Foundation. Perangkat lunak ini diproduksi di bawah Lisensi Apache, yang menjadikannya gratis dan open source.

    Ini tersedia untuk berbagai Sistem operasi - Windows, Mac OS X, Unix, Linux, Solaris, Novell Netware dan FreeBSD.

    Layanan Informasi Internet Microsoft: Microsoft IIS (Layanan Informasi Internet) adalah server web kedua yang paling populer digunakan, dan pangsa pasarnya meningkat cukup cepat setiap harinya dan kemungkinan akan merombak Apache di tahun-tahun mendatang.

    Server IIS memiliki semua fitur seperti Apache, tetapi tidak open source. Ini dikembangkan, dan dikelola oleh Microsoft, sehingga bekerja dengan semua platform sistem operasi Windows.

    Meringkas itu semua, server web dapat digunakan oleh individu atau oleh perusahaan penyedia hosting web. Jika seseorang melakukannya, ia akan secara lokal meng-hosting situs web hanya pada sistemnya sendiri (yaitu, konten situs web hanya dapat diakses pada sistem lokal dan bukan pada sistem lain), sedangkan ketika perusahaan penyedia hosting menampung mereka , situs web dapat dilihat oleh siapa saja di seluruh dunia. Seseorang juga dapat meng-host situs webnya secara publik dengan server webnya, tetapi untuk itu seseorang harus menggunakan koneksi internet garis (untuk mendapatkan alamat IP khusus) dan server DNS untuk menghubungkannya dengan domain situs web (umumnya tidak disukai karena keamanan alasan).(Irma)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian dan Cara Kerja Web Server
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar