Tips Psikologi Atasi Rasa Tidak Percaya Diri

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebenarnya banyak cara untuk mengatasi percaya diri selama hidup kita. Mungkin kerap kita dapat ketika kita sendiri sedang meragukan diri kita sendiri sedang meragukan diri kita akan suatu hal, sedangkan orang lain melihat kita sebagai pribadi yang berpotensi. Contohnya jika kita menghadapi ujian memasuki perguruan tinggi dan kita kerap kali merasa tidak yakin dan selalu takut ketika akan menerima hasil ujian, padahal sahabat dan keluarga kita sudah mendukung kepada kita semampu mereka serta meyakinkan bahwa kita bisa dan mengatasi percaya diri.

    Dan tidak semua orang bisa memiliki rasa percaya diri. Ilustrasinya adalah contoh umum yang hampir semua orang alami dan kita selalu melihat melihat keunggulan orang lain dan kurang menyadari potensi kelebihan yang kita punya.

    Bagaimana cara kita bisa memiliki dan meningkatkan rasa percaya diri tersebut ?

    1. Sadari bakat

    Yang pertama yaitu Sadari bakat adalah cara meningkatkan rasa percaya diri yang pertama dan bisa jadi hal yang terselip pada hobi yang anda jalani sekarang. Salah satu kesalahan orang, hampir semua orang, adalah tidak mengenali bakat mereka dan kita tahu bahwa semua orang punya kelemahan, tetapi semua orang juga punya kelebihan dan jalan hidup masing-masing orang berbeda dan hal itulah yang membuat setiap orang tidak sama.

    1. Kembangkan bakat yang anda sudah sadari

    Mengidentifikasi apa yang menjadi kelebihan atau bakat adalah masalah bagi setiap orang dan sulit untuk menilai mana yang menjadi bakat atau kelebihan yang bisa dioptimalkan. Perlahan identifikasi dan sadari apa saja yang anda lakukan dengan senang hati meskipun harus menyita waktu atau tenaga anda. Satu atau dua hal tersebut bisa menjadi bakat atau minat anda. Hal – hal sederhana yang seperti ini pun bisa menjadi suatu hal positif yang wajib dikembangkan dan untuk menumbuhkan rasa percaya diri tersebut.

    1. Belajar berfikir positif

    Memikir hal suatu yang buruk hanya akan membuang waktu dan berfikir negatif atau pesimis sama sekali tidak membantu masalah yang kita hadapi. Kita justru menghadapi fase dimana kita dipenuhi pikiran tentang khayalan buruk yang mungkin terjadi bahkan mustahil untuk terjadi. Meskipun terlihat seperti sekadar ungkapan, tetapi pada kenyataannya belajar berfikir positif itu perlu dan berfikir positif akan membuat kita fokus pada hal – hal yang bisa dicapai dan sekalian pada masalah berat. Keberhasilan berfikir positif akan membuat kita semakin yakin bahwa kita bisa melalui hal – hal yang tadinya kita anggap sangat berat dan tidak mungkin jika kelamaan. Belajar positif menjadi bagian dari keseharian kita.

    1. Menilai diri sendiri memang bukan hal yang mudah, tetapi juga bukan berarti tidak mungkin

    Mungkin pekerjaan menilai diri sendiri secara real dan apa adanya bukan hal yang mudah bahkan untuk menilai orang lain pun kita masih dipengaruhi oleh persepsi. Menilai orang lain tanpa mengenali posisi dirinya sendiri dan buat daftar pencapaian kecil – kecil yang nantinya akan digunakan sebagai tokok ukur perubahan diri.

    1. Tidak perlu membandingkan diri  dengan orang lain

    Membandingkan kekurangan yang dimiliki oleh hampir semua orang adalah membandingkan diri sendiri dengan orang lain dan melihat dan menilai orang lain tentu merupakan pekerjaan yang jauh lebih mudah dibandingkan harus menilai diri sendiri. Memiliki rasa percaya diri adalah ketika kita sudah tidak perlu membandingkan diri sendiri dengan orang lain.(Fajri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Psikologi Atasi Rasa Tidak Percaya Diri
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar