Akreditasi Sekolah Tinggi Pariwisata Riau

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Memasuki jenjang ketiga sekolah menengah baik itu SMA atau SMK, kebanyakan siswa akan memilih dan menentukan perguruan tinggi yang tepat untuk melanjutkan pendidikan di bangku perkulihan.

    Seringkali, para siswa yang akan lulus tersebut melihat baik atau tidaknya suatu perguruan tinggi maupun lembaga pendidikan melalui deretan komentar di media sosial. Padahal, standar kualitas pada suatu perguruan tinggi atau lembaga pendidikan bisa dilihat dari peringkat akreditasi. Artinya, semakin baik akreditasi yang didapatkan, semakin baik pula mutu dan kualitas di perguruan tinggi tersebut.

    Lantas, apa itu akreditasi? Sebenarnya, akreditasi bukanlah istilah yang asing lagi di dunia pendidikan, mulai dari sekolah hingga perguruan tinggi dan lembaga pendidikan baik itu negeri maupun swasta.

    Akreditasi merupakan upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan memberikan jaminan terhadap mutu setiap lulusan atau alumni perguruan tinggi tersebut. Akreditasi diperoleh berdasarkan penilaian terhadap sejumlah kriteria yang dilakukan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tak hanya pada perguruan tinggi atau lembaga penyelenggara pendidikan tinggi saja, akreditasi juga diberikan pada Program Studi atau Prodi di kampus tersebut.

    Selain memberikan informasi terkait mutu serta kualitas pada suatu perguruan tinggi terhadap  calon mahasiswa sebagai pertimbangan dalam memilih dan menentukan kampus yang seusai dengan minat dan bakatnya, akreditasi baik kampus maupun prodi juga bertujuan untuk mengetahui kekurangan dalam rangka melakukan perbaikan terhadap kualitas pendidikan hingga kinerja pada perguruan tinggi.

    Untuk di Riau, sebagian perguruan tinggi maupun lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta telah mengantongi akreditasi dari BAN-PT, salah satunya Sekolah Tinggi Pariwisata Riau.

    Sekolah Tinggi Pariwisata Riau adalah pengembangan dari Akademi Pariwisata Engku Puteri Hamidah (APEPH) dan berdiri berdasarkan permintaan alumni Sekolah Tinggi Pariwisata Riau, masyarakat dan pengguna jasa kepariwisataan. Didirikan di bawah naungan Yayasan Pendidikan Wisata Engku Puteri Hamidah (YPWEPH), Sekolah Tinggi Pariwisata Riau menjadi satu-satunya lembaga pendidikan yang fokus pada bidang pariwisata di Riau.

    Didirikan pada tahun 2003, Sekolah Tinggi Pariwisata Riau yang beralamat di Jalan Pattimura No. 54, Sail, Kota Pekanbaru ini memiliki dua Program Studi untuk  jenjang pendidikan tingkat Diploma IV (D-IV) dengan gelar S.Tr.Par, yakni Sarjana Terapan Pariwisata.

    Sekolah Tinggi Pariwisata Riau telah mengantongi akreditasi resmi dari BAN-PT. Untuk itu, Garuda Cyber Indonesia telah merangkum akreditasi resmi untuk Program Studi Sekolah Tinggi Pariwisata Riau, seperti berikut ini:

    Akreditasi Sekolah Tinggi Pariwisata Riau

    Program Studi

    Strata

    Tahun

    Peringkat

    Kadaluarsa

    Manajemen Pariwisata

    D-IV

    2018

    B

    2023-07-17

    Manajemen Perhotelan

    D-IV

    2018

    B

    2023-07-09

    Adapun misi Akreditasi Sekolah Tinggi Pariwisata Riau adalah menjadi Sekolah Tinggi Pariwisata Riau yang unggul pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pada tahun 2030 di Indonesia.

    Selain itu, Sekolah Tinggi Pariwisata Riau juga memiliki misi untuk meningkatkan mutu pendidikan pada bidang perhotelan dan perjalanan wisata yang berkualitas serta profesional. Kemudian, meningkatkan mutu penelitian dan pengembangan ilmu pariwisata regional serta nasional yang berbasis budaya lokal. Dan, melaksanakan pengabdian pada masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat dan penerapan, pengembangan serta diseminasi IPTEK pariwisata.

    Berdirinya Sekolah Tinggi Pariwisata Riau bertujuan untuk menghasilkan tujuan yang menguasai IPTEK di bidang pariwisata, menghasilkan IPTEK pariwisata yang efisien, efektif dan adaptif. Serta bertujuan menerapkan dan menyebarluaskan IPTEK pariwisata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan.

    Dengan kata lain, Sekolah Tinggi Pariwisata Riau membantu membangun pariwisata di Riau. Untuk itu, Sekolah Tinggi Pariwisata Riau sudah bekerjasama dengan beberapa akademi, perhotelan hingga travel dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan pengalaman dalam bentuk praktik di lapangan kepada mahasiswa.

    Nah, Sekolah Tinggi Pariwisata Riau sangat cocok untuk kamu yang berbakat dan memiliki minat di bidang pariwisata. Selain sudah terakreditasi di kampus dan setiap Prodinya, Sekolah Tinggi Pariwisata Riau juga sudah dilengkapi fasilitas yang memadai untuk mendukung proses perkuliahan dan memenuhi kebutuhan mahasiswa. Mulai dari ruangan kuliah yang full AC, sejumlah laboratorium, perpustakaan yang lengkap dan nyaman serta jaringan internet atau free wifi.(V0l1-Yl)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Sekolah Tinggi Pariwisata Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar