Direktur KMMK: Hasil ternak kambing disalurkan ke kaum Dhuafa dan rumah ibadah

Daftar Isi

    Foto: Istimewa

    LancangKuning.Com, Tapanuli Selatan - Zaman milenial menuntut setiap orang yang hidup dalam era ini untuk bisa berkembang sesuai dengan arah zaman.

    Prinsip demikian merupakan penerapan dari tuntutan globalisasi yang saat ini telah menyentuh segala lini. Begitu pula pemuda, sebagai kaum muda, kelompok pemuda tentu menjadi penopang harapan negara.

    Menyesuaikan tuntutan tersebut, Kelompok Muda Mandiri dan Kreatif (KMMK) Padangsidimpuan Tapanuli Selatan, Kamis,  11 Juli 2019, bertempat di Lingkungan III Kelurahan Pasar Pargarutan Kecamatan Angkola Timur, resmikan peternakan kambing.   

    Irham Bakti Pasaribu Direktur KMMK Padangsidimpuan Tapanuli Selatan melalui awak media ini menyampaikan bahwa peternakan kambing ini adalah merupakan lanjutan dari kegiatan pelatihan yang telah diadakan sebelum nya, yakni pada bulan Februari lalu.  

    " Peternakan kambing ini bertujuan untuk mendorong jiwa berwirausaha dan terbukanya lapangan kerja baru, bagi masyarakat khususnya bagi pemuda (Naposo Nauli Bulung) dan
    Peternakan Kambing ini dilaksanakan dengan sistem Kambing Wakaf dan Titipan," terang Irham

    Dijelaskanya, Kambing Wakaf berarti sumbangan dari pihak-pihak kepada KMMK sebagai penanggungjawab pengelolaan ternak, dengan komitmen sebagian hasilnya akan dibagikan kepada anak yatim,  fakir miskin dan rumah ibadah.

    Sedangkan kambing titipan berarti kambing yang dititipkan investor kepada KMMK dengan komitmen bagi hasil antara penitip dan pengelola dan sebagian hasil nya juga akan diberikan kepada anak yatim, fakir miskin juga rumah ibadah.  

    " Untuk tahap pertama ini, KMMK telah memulai dengan kandang pertama yang berlokasi di Lingkungan III Gunung Manaon Kelurahan Pasar Pargarutan Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan dengan 12 ekor kambing," ujarnya.

    Sedangkan rincian saat ini yang telah dikelola KMMK baru  10 ekor Kambing Wakaf dan 2 ekor Kambing Titipan. Kambing yang dikembangkan jenis domba waringin,  ersip gembel dan garut. Kambing-kambing tersebut adalah bantuan dari Perusahaan PT.  Agincourt Resources,  PT.  NSHE, dan pihak2 lainnya.

    Selanjutnya dkatakan Irham, Kambing Wakaf dan Titipan tersebut akan dikelola oleh Agus Salim Harahap,  Ari Sandi Harahap dan Burhanuddin Harahap dimana
    KMMK  ke depannya menargetkan akan dapat membuat minimal 20 kandang.

    Direktur KMMK Padangsidimpuan Tapanuli Selatan juga berharap kepada para pihak, baik Pemerintah, perusahaan, perorangan dan para dermawan, kami sangat berharap bantuan support untuk pengembangan serta kesuksesan program ini.

    Kami mengapresiasi program peternakan kambing KMMK dengan memberdayakan Naposo Nauli Bulung Lingkungan III Kelurahan Pasar Pargarutan Kecamatan Angkola Timur, semoga program ini sukses, menjadi percontohan, inspirasi dan bermanfaat bagi organisasi serta masyarakat secara luas khususnya di Angkola Timur ini.

    Turut hadir dalam peresmian tersebut  Camat Angkola Timur, Parwis Rizky Daulay didampingi Lurah Pasar Pargarutan A.  Yunansyah Lubis ,Tokoh Pemuda yang juga pengusaha muda Muhammad Asrul Nasution dan Supriadi, Tokoh Masyarakat dan Napoli Nauli Bulung.

    Camat Angkola Timur dalam sambutanya menyampaikan dukungan serta apresiasi atas program KMMK ini. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Direktur KMMK: Hasil ternak kambing disalurkan ke kaum Dhuafa dan rumah ibadah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar