Akreditasi Jurusan Kampus Akademi Pariwisata Nasional Banjarmasin

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Tahukah kamu apa itu AKPARNAS? AKPARNAS merupakan singkatan dari Akademi Pariwisata Nasional. Kampus ini berada di Jl. Soetoyo S. No.126 Teluk Dalam Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Timur.  AKPARNAS berada dibawah naungan pembinaan Yayasan Pendidikan Bandarmasih Banjarmasin. Nomor 38 Tahun 1997 pada Akte Notaris Muhammad Faried Zain, SH . AKPARNAS didirikan sebagai bentuk respon dari Yayasan Pendidikan Bandarmasih Banjarmasin yang memenuhi permintaan dari manajer hotel khususnya yang berada di Banjarmasin mengenai peningkatan profesional pada sumber daya manusia di bidang pariwisata dan perhotelan.

    Menanggapi hal tersebut pada tanggal 27 April   maka Yayasan Pendidikan Bamdarmasih membentuk tim untuk mempersiapkan pendirian AKPARNAS. Tepatnya pada saat itu berada di  rumah Makan Prambanan, jalan Pembangunan Ketua Yayasan Pendidikan Bandarmasih, DR. H. Riduan Iman menyampaikan secara resmi  untuk pendirian AKPARNAS, yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Selatan, Manajer-manajer Hotel, Pengurus Yayasan dan Dosen-dosen STIE Nasional, Koordinator Kopertis Wilayah XI Kalimantan dan Pariwisata Kalimantan Selatan, PHRI, HPI, FPK. Dari penyampaian Ketua Yayasan tersebut ternyata memperoleh respon yang positif dari seluruh tamu undangan yang hadir saat itu.

    Pada akhir Juli 2002 Sekretaris Yayasan Pendidikan Bandarmasih yaitu DR. Wahyu, MS melakukan studi banding ke Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (STIEPAR YAPARI–AKTRIPA) dan Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB). Studi banding ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh pemahaman tentang bagaimana cara pengelolaan akademi di bidang pendidikan profesional / keahlian di bidang Perhotelan dan Pariwisata terutama mengenai kurikulum, pengelolaan laboratorium, dosen, dan praktek kerja mahasiswa.

    Kemudian dilanjutkan dengan mengajukan usulan pendirian AKPARNAS kepada Dirjen Dikti pada tanggal 12 September 2002,  dalam kurun waktu yang singkat tanggal 27 September 2002 Direktur Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan menerbitkan surat, nomor surat Nomor: 2163/02/2002 tentang pertimbangan untuk pendirian AKPARNAS.

    Tanggal  13 Maret 2003 surat rekomendasi  Nomor: 208/P4D/U/Wakep/III/2003 yang diterbitkan oleh Pusat Pembinaan dan Pengembangan Program Diploma (P4D) Dirjen Dikti. Isi dari surat tersebut yaitu berupa kelayakan operasional Program Studi D3 Perhotelan pada Akademi Pariwisata Nasional (AKPARNAS).

    Atas dasar surat rekomendasi tersebut maka Yayasan Pendidikan Bandarmasih melanjutkan proses usulan  sesuai dengan peraturan yang ada.  Pada tanggal 7 Mei 2003 Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi menerbitkan surat pemberian ijin pendirian AKPARNAS serta Program Studi Perhotelan Diploma III dan Program Studi Usaha Wisata Diploma III, dengan nomor surat : 57/D/O/2003. Maka sejak tanggal 7 mei 2003 mulai ditetapkan sebagai hari jadi AKPARNAS.

    Berikut informasi terkait Akreditasi dari jurusan yang ada di Akademi Pariwisata Nasional

    Program Studi

    Strata

    No.SK

    Tahun SK

    Peringkat

    Tanggal Daluarsa

    Usaha Perjalanan Wisata

    D-III

    1817/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/VI/2017

    2017

    C

    2022-06-06

    Perhotelan

    D-III

    1988/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/VI/2017

    2017

    C

    2022-06-20

    Pada saat ini Akademi Pariwisata Nasional masih memperoleh Akreditasi C dari BAN-PT. Pada saat ini kurang lebih 50 dosen dan 6 tenaga pengajar profesional yang ada di Akademi Pariwisata Nasional. Namun bagi para sahabat yang memiliki hobi berkeliling dunia atau bepergian sangat berpotensi untuk mengambil  prodi Usaha Perjalanan Wisata, karena teman-teman semua nantinya akan didik untuk menjadi seorang hospitality (bisnis pariwisata dan perhotelan)  dan entrepreneur di bidang tourism yang berwawasan wisata Nasional dan Internasional.

    Dan bagi sahabat yang memiliki minat pada prodi perhotelan juga sangat berpotensi pada prospek pekerjaan, karena di Indonesia memiliki banyak hotel, tentunya akan membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional dalam pengelolaan hotel dengan baik. Akademi Pariwisata Nasional juga menerima kelas Reguler Pagi dan Malam. Untuk informasi lebih lanjut maka kamu dapat kunjungi halaman di bawah ini.(Risma)

    Sumber : www.akparnas.ac.id 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Akademi Pariwisata Nasional Banjarmasin
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar