Tanam 1 Triliun Pohon Dinilai Bisa Tangkal Perubahan Iklim

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi. (Foto: dok. Kementerian Pariwisata)

    LancangKuning.Com, Jakarta -- Ilmuwan Swiss Thomas Crowther mengungkapkan menanam 1 triliun hingga pohon atau lebih menjadi cara paling efektif dan murah untuk menangkal perubahan iklim.

    Tim peneliti melakukan estimasi 1 triliun pohon yang ditanam selama beberapa dekade ke depan bisa menyedot hampir 830 miliar ton karbon dioksida yang berada di lapisan atmosfer.

    Kendati saat ini pembangunan kian massif di area pedesaan dan kota-kota besar, namun Crowther dan tim mengatakan saat ini masih ada area seluas 9 juta square kilometer di Bumi untuk ditanami pohon. Area ini setara dengan luas Amerika Serikat.

    Tim peneliti menggunakan Google Earth untuk memetakan area mana yang menjadi tempat potensial untuk penanaman pohon dan tetap menyisakan ruang untuk hunian dan bercocok tanam.

    Baca Juga: Saturnus Terhalang Awan Tebal di Langit Jakarta

    Enam negara yang disebut memiliki ruang terbanyak untuk ditanami 1 hingga 1,5 triliun pohon antara lain Rusia, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Brasil, dan China.

    "Sejauh ini-ribuan kali -solusi perubahan iklim termurah dan paling efektif," ungkap Crowther yang merupakan ahli ekologi perubahan iklim Institut Swiss Federal Institute of Technology, Zurich seperti dilaporkan Associated Press.

    Studi yang dimuat dalam jurnal Science ini juga mengungkapkan alasan lain penanaman pohon sebagai solusi perubahan iklim karena bisa dengan cepat menghalau karbon dioksida dari udara.

    Ia menekankan penanaman pohon bukan berarti meniadakan dunia dari pembakaran gas buang kendaraan dan batu bara yang selama ini menjadi penyebab pemanasan global. "Semua [upaya ini] tidak akan berhasil tanpa menekan emisi," ucapnya.

    Di sisi lain, Crowther menjabarkan solusi lain menghalau perubahan iklim yakni mengubah gaya hidup menjadi vegetarian. Kendati demikian, cara itu tetap kurang efektif dibandingkan menaman 1-1,5 triliun pohon.

    Thomas Lovejoy, ahli biologi konservasi Universitas Goerge Mason mengatakan menanam pohon juga menjadi solusi menjaga keanekaragaman hayati. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tanam 1 Triliun Pohon Dinilai Bisa Tangkal Perubahan Iklim
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar