Apakah Ponselmu Sudah Terdaftar, Yang Black Market Bakal Dimusnahkan. Segera Cek IMEI-nya

Daftar Isi

    JAKARTA-Seiring rampungnya registrasi kartu SIM prabayar, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi akan memblokir ponsel yang tak terdaftar alias ilegal.

    Pemerintah juga akan memusnahkan ponsel-ponsel yang didapatkan dari Black Market yang dikenal dengan sebutan barang BM. Untuk itu, segera cek ponselnya dan pastikan IMEI Ponsel ini terdaftar alias resmi.

    Mekanisme pemblokiran ini akan menggunakan nomor IMEI yang melekat pada setiap ponsel dan berbeda-beda.

    Pemerintah akan mengidentifikasi IMEI tersebut dan jika tidak terdaftar, akan dianggap sebagai ponsel ilegal dan tidak akan bisa digunakan di Indonesia.

    Wacana tersebut kini kembali hangat diperbincangkan. Mesin validasi IMEI yang dikembangkan oleh Kementerian Perindustrian kabarnya akan mulai diaktifkan pada Agustus mendatang.

    Lantas dengan aktifnya mesin tersebut apakah kemudian handphone ilegal akan benar-benar tidak dapat digunakan?

    Janu Suryanto, Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian mengatakan  bahwa pada Agustus, Kemenperin baru akan menggodok regulasi terkait proses pemblokiran tersebut.

    "Payung hukum dulu, sedang dikerjakan dan rapat terus-menerus," kata Janu seperi dikutip dari Kompas.

    Ia pun mengatakan bahwa saat ini Kemenperin tengah merancang regulasi dengan pihak-pihak terkait. Ia mengungkap bahwa aturan tersebut harus dikerjakan dan diselesaikan dengan hati-hati supaya dapat diimplementasikan dengan tepat dan tidak berbalik menjadi merugikan.

    "Sedang dirapatkan terus untuk detail Permennya (Peraturan Menteri), mohon bersabar. Ada grace period-nya, tentu hati-hati dalam pelaksanaannya. Aturannya mesti dikaji secara hati-hati, tidak boleh gegabah," ungkap Janu mengatakan.(rie)


     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Apakah Ponselmu Sudah Terdaftar, Yang Black Market Bakal Dimusnahkan. Segera Cek IMEI-nya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar