Perbedaan antara Windows, Linux dan MacOS

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Setiap komputer atau laptop yang kita gunakan memiliki system operasi di dalamnya. Tanpa system operasi, laptop atau komputer kita tak akan bisa berfungsi. Operating System atau OS merupakan perintah dasar untuk menjalankan komputer. Jadi, OS memiliki peran tersendiri di dalam komputer.

    Pada saat ini ada 3 jenis OS yang popular, antara lain Windows, Linux, dan MacOS. Ketiga OS ini bersaing ketat untuk menjadi yang terbaik sehingga banyak yang menggunakannya. Berbeda dengan windows dan linux, macOS hanya bisa digunakan pada produk apple saja.

    Banyak orang yang mengetahui ketiga jenis OS ini, namun kebanyakan dari mereka tidak mengetahui perbedaan antara ketiganya. Untuk mengetahui perbedaan antara ketiga jenis OS ini, baca artikel ini dengan seksama.

    1. Popularitas

    Dari popularitas, windows lebih banyak digunakan daripada linux dan macOS.  Windows sendiri di kembangkan oleh perusahaan Microsoft. Windows masih digunakan hingga 75% pengguna.

    MacOS sendiri popular bagi kalangan professional. MacOS lebih digunakan bagi para editor karena kinerjanya untuk melakukan rendering ataupun edit foto lebih baik disbanding windows dan linux.

    Linux sendiri paling sedikit digunakan. Linux hanya digunakan pada ruang lingkup kecil. Seperti untuk server dan lain-lain. Langkanya pengguna linux dikarenakan linux sendiri kurang popular seperti windows.

    1. Harga

    Dari segi harga linux sangat unggul dikarenakan OS ini gratis. Sedangkan windows dan macOS berbayar. Harga macOS dibandrol lebih mahal dibanding windows. Anda bisa langsung untuk mendownload linux pada website yang menyediakan OS tersebut, dan memasangnya pada komputer anda.

    1. Keamanan

    Dari keamanan linux menang lagi. Linux bisa dibilang sangat aman dari virus. OS ini adalah open source yang bebas di modifikasi dan gunakan. Virus dan ancaman lainnya tidak akan terinstal pada komputer anda.

    MacOS juga sangat aman dari virus namun tidak seaman linux. Namun disbanding dengan windows, macOS masih jauh lebih baik.

    Windows bisa dibilang rentan terhadap virus. Anda tak bisa menginstal 1 software anti virus saja, karena virus yang datang berasal dari semua faktor yang memungkinkan untuk masuknya virus.

    1.  Program

    Pada windows, kamu harus menginstal aplikasi lain yang ingin digunakan. Sedangkan pada macOS, sudah ada aplikasi yang dapat kamu gunakan, namun masih sedikit. Untuk linux, program yang disediakan banyak dan dapat langsung kamu gunakan.

    1. Kompatibilitas

    Pada windows, hampir semua driver dan game kompatibel dengan windows. Ini merupakan hal yang membuat masyarakat lebih suka menggunakan windows.

    Pada macOS, hanya bisa digunakan oleh produk apple saja. Oleh karena itu, jika ingin menggunakan OS ini, kita harus membeli perangkat apple terlebih dahulu.

    Pada linux, hampir sama dengan windows, namun game dan beberapa program popular mungkin tidak dapat di pakai di OS ini.

    Buat kalian yang suka bermain game, disarankan menggunakan windows, karena windows kompatibel dengan game-game terbaru saat ini. walaupun linux sendiri memiliki OS khusus game, tapi rasanya masih kalah dengan windows untuk saat ini.

    1. Kenyamanan saat digunakan

    Disini windows lebih mudah dan nyaman untuk digunakan, ini terbukti dari banyaknya orang yang menggunakan OS ini. Pada macOS, kamu mungkin akan sedikit kesulitan menggunakannya, namun jika sudah terbiasa akan lebih mudah. Dan pada linux, tampilan yang dapat digunakan sangat beragam dan dapat kita modif sendiri, namun masih kalah dari windows.

    Kenyamanan sangat perlu dipertimbangkan bagi setiap pengguna, karena itu menunjang produktivitas kamu dalam bekerja ataupun belajar.(Taufiq)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan antara Windows, Linux dan MacOS
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar