Pencegahan Kanker Pankreas

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Setiap kehidupan tidak ada yang namanya manusia tidak pernah terkena penyakit, setiap manusia pasti pernah terkena penyakit apa saja, seperti sakit kepala, demam, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kenapa kita bisa terkena penyakit??? Sangat banyak penyebabnya, contohnya saja sistem imun atau kekebalan tubuh, kurangnya tidur, kurangnya cairan pada tubuh, bahkan stress juga bisa mengundang penyakit.

    Salah satu penyakit yang ditakuti oleh orang – orang yaitu penyakit kanker Pankreas. Tapi tidak perlu khawatir, karena penyakit kanker ini masih bisa di cegah. Apabila tidak dicegah maka penyakit kanker Pankreas ini akan menyebar luas tanpa sepengetahuan. Tapi ada beberapa kasus bahwa penyakit kanker Pankreas ini sangat sulit untuk mengobatinya. Ada beberapa informasi yang didapatkan bahwa pencegahan kanker Pankreas ini  yaitu dengan cara menghindari kebiasaan merokok, menjaga keseimbangan tubuh, berat badan dan jangan mengkonsumsi alcohol. Berikut ini adalah cara mencegah kanker pancreas, antara lain :

    1. Hindari merokok

    Merokok dapat menyebabkan penyakit seperti serangan jantung, kanker, paru-paru dan lain-lain. Karena rokok di dalamnya mengandung zat yang sangat berbahaya yang bersifat karsinogen sehingga dapat memicu penyakit kanker. Akan tetapi, merokok sangat sulit untuk di hentikan. Di karenakan di dalam rokok ini mengandung zat adiktif sehingga membuat seseorang menjadi kecanduan. Jika setelah berhenti merokok, maka risiko terkenanya penyakit kanker pancreas ini akan menurun.

    1. Jaga Berat Badan

    Dengan menjaga berat badan akan bisa menurunkan risiko penyakit kanker pancreas. Sementara itu dampak dari pengaruh langsung dari aktivitas seseorang harus menjaga pila makanan yang teratur dan baik terhadap serangan kanker yang belum bisa dipastikan. Namun dari pencegahan tersebut bisa membantu untuk mempertahankan berat badan yang sehat atau ideal.

    1. Batasi Mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol

    Dengan mengkonsumsi alkohol secara berkelebihan bisa menyebabkan sesorang menjadi mabuk, dan bisa berkaitan dengan namanya gejala penyakit kanker, namun hal tersebut tidak pasti bagi pengguna alcohol yang berat bisa menyebabkan kondisi seperti : pankreatitis kronis, dan sirosiss, yang dapat meningkatkan risiko terkenanya serangan kanker pankreas.

    1. Aktif bergerak

    Dengan berbagai macam aktivitas fisik yang bisa membuat tubuh anda menjadi lebih aktif, dengan bergerak dapat mengurangi risiko dari pencegahan penyakit kanker, jika melakukan olah raga yang teratur yaitu salah satu cara yang sangat efektif untuk mencegah serangan kanker. Anda bisa menurunkan risiko kanker dari 30-50%.

    1. Mengkonsumsi makanan yang sehat

    Sangat banyak manfaat yang di dapatkan dengan menjaga pola makan yang sehat, selain itu juga bisa menurunkan berat badan dan menurunkan risiko penyakit kanker.

    1. Hindari minuman - minuman yang beralkohol

    Apabila kamu ingin terbebas dari serangan penyakit kanker, maka hindarilah minuman – minuman keras seperti alcohol. Karna alcohol yang terkandung dalam minuman keras ini bisa meningkatkan risiko penyakit kanker salah satunya seperti kanker mulut, tenggorokan, dan lain sebagainya. Risiko ini dapat meningkat 2x lebih besar apabila kamu menggabungkan dengan mengkonsumsi alcohol dan merokok.

    1. Harus melakukan pemeriksaan medis

    Kamu dapat memeriksakan diri ke dokter agar mengetahui apakah kamu terkena penyakit kanker. Pemeriksaan medis ini biasanya dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode salah satunya yaitu pap smear ataupun colonoscopy, metode tersebut bisa membantu untuk mendeteksi perubahan kanker apa bila tidak di obati.

    Nah, itulah cara – cara untuk mencegah penyakit kanker pancreas. Maka dari itu hindarilah kebiasaan kebiasaan merokok, dan minum minuman keras yang mengandung alcohol.(Adam)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pencegahan Kanker Pankreas
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar