Gaya Hidup Tidak Sehat Penyebab Kanker Pankreas

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ada banyak macam kanker di dunia, salah satunya adalah kanker pankreas. Apa itu kanker pankreas? Kanker pankreas adalah suatu kanker yang ada pada pankreas dan menyerang pankreas. Daerah untuk pankreas itu sendiri berada pada bagian  bawah di belakang lambung yang panjangnya kurang lebih 15 cm.

    Karena lokasi pankreas yang sulit dijangkau ini membuat kanker pankreas menjadi salah satu penyakit yang sulit untuk disembuhkan, dan hal ini menjadikan penyakit ini lebih gampang kambuh dibandingkan jenis kanker lainnya. Tidak hanya masalah lokasi, kanker ini biasanya jarang sekali diketahui oleh pengidap karena gejala yang muncul biasanya lambat, para penderita kanker ini pada umumnya baru menyadarinya ketika sudah mengalami sakit perut yang menjalar ke pinggang dan kulit yang menjadi kuning padahal gejala tersebut menandakan bahwa penyakit telah memasuki stadium selanjutnya.

    Nah, apa sih gaya hidup penyebab kanker pankreas ini? Yuk simak ulasan berikut ini :

    1. Merokok

    Kita sudah pasti tau bahwa jika kita merokok itu berarti kita sudah menanam sendiri penyakit pada diri kita, oleh karena itu tidak menutup kemungkinan dengan merokok dapat memicu datangnya kanker pankreas, tidak hanya kanker pankreas, namun masih banyak penyakit lainnya yang dapat terpicu pada rokok tersebut. Pada kanker pankreas ini jika kita merokok maka racun yang terkandung dalam rokok akan ikut dalam aliran darah. Racun ini pemicu   pertumbuhan sel-sel yang tidak wajar pada pankreas yang akan menjadi awal dari kanker itu sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya jika kamu seorang perokok kamu harus mengurangi dan menghindari rokok.

    2. Kegemukan

    Gaya hidup yang satu ini juga sangat mudah memicu datangnya kanker pankreas bahkan dapat memicu berbagai macam penyakit lainnya, kegemukan ini pada umumnya disebabkan oleh seseorang makannya banyak dan pemalas sehingga makanan yang dia makan tadi tertimbun sebagai lemak tanpa ada nya penggunaan lemak tersebut sebagai tenaga cadangan. Oleh karena itu, kegemukan ini tidak akan menutup kemungkinan akan menimbulkan kanker pankreas. Maka agar penyakit yang mematikan ini tidak menyerang kamu, kamu harus menjaga pola makan agar berat badan kamu stabil.

    3. Meminum minuman beralkohol

    Seperti halnya merokok meminum minuman beralkohol juga dapat memicu datangnya penyakit kanker pankreas, tidak hanya kanker pankreas dengan meminum minuman beralkohol ini juga akan memicu penyakit lainnya seperti pada mulut, pita suara, saluran makanan dan masih banyak yang lainnya. Apalagi kamu seorang perokok dan kamu juga meminum minuman beralkohol maka risiko kamu akan terserang kanker pankreas maupun penyakit lain akan meningkat menjadi 2 kali lebih besar.

    4. Pola Makan Yang Tidak Teratur

    Kanker pankreas ini juga dapat terpicu dengan pola makan yang tidak teratur. Bagi kamu yang biasanya mempunyai pola makan tidak memakan sayur dan buah maka tidak menutup kemungkinan kamu akan terserang kanker pankreas ini, nyatanya imun yang terdapat pada sayur dan buah akan membuat sistem imun anda menjadi lebih kuat sehingga dapat menekan kemungkinan kamu akan terserang kanker pankreas ini. Dan bagi kamu yang suka mengkonsumsi makanan cepat saji atau makanan dengan lemak tinggi seperti gorengan atau junk food maka kebiasaan ini dapat memicu berat badan yang dapat membuat tubuh kamu mudah terserang kanker.

    5. Faktor Keturunan

    Tidak hanya gaya hidup diatas yang dapat memicu datangnya kanker pankreas, ternyata faktor keturunan ini tidak menutup kemungkinan membuat kamu terserang penyakit kanker pankreas ini. Maka dengan kamu mengetahui riwayat medis keluarga kamu, kamu dapat mendeteksi risiko dan mengatasi kanker lebih dini. Sehingga kamu dapat terhindar dari kanker-kanker yang tergolong mematikan.

    Turunkan risiko terserang kanker pada diri anda dengan cara menerapkan pola makan sehat, dan mencoba meninggalkan kebiasaan buruk. Jika anda seorang perokok maka kurangi lah karena pemicu terbesar kanker pankreas ini adalah rokok. Selalu konsultasi dengan dokter jika mengalami gejala-gejala aneh agar kamu dapat mendeteksi penyakit dan dapat menghindarinya sejak dini.(Rifki)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gaya Hidup Tidak Sehat Penyebab Kanker Pankreas
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar