Jenis-Jenis Sate Kuliner Khas Nusantara

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sate adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia, sate sangat terkenal dengan kekhasan rasanya. Sate tidak hanya terkenal di Indonesia saja, di luar negeri sate juga dapat kita jumpai. Hal tersebut dikarenakan sate termasuk salah satu makanan yang tersohor di dunia.

    Dapat di katakan bahwa sate adalah makanan wajib yang harus di cicipi oleh para turis asing yang berlibur di Indonesia. Sate biasanya di terbuat dari daging sapi atau daging ayam yang di tusuk, dan diberi kuah kacang. Di beberapa daerah ada yang menggunakan tumbuhan  untuk di jadikan sate misalnya saja jamur, karena  Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati.

    Adapun jenis-jenis sate yang ada di nusantara sebagai berikut:

    1. Sate Madura

    Sate Madura, siapa yang tidak tahu dengan satu Madura, hampir di setiap daerah pasti ada yang menjual sate ini. Yah sate ini memiliki rasa yang sangat khas, sate yang terbuat dari daging kambing segar, di campur dengan cita rasa manis yang berasal dari kuah kacang yang membuat sate Madura banyak di gemari oleh masyarakat Indonesia. Biasanya untuk menambah cita rasa, sate madura di sajikan dengan bawang merah, cabai dan juga lontong/ketupat.

    1. Sate Padang

    Sate padang, sate yang berasal dari sumatera barat ini memiliki rasa yang khas, biasanya sate padang di buat dari daging, jeroan, lidah sapi  yang di tusuk. Sebelum di bakar biasanya akan di beri bambu, jika sate Madura di sajikan dengan kuah kacang, berbeda dengan sate padang, sate padang di sajikan dengan kuah kuning kentar yang di beri kari.

    1. Sate Ragey

    Mungkin banyak yang belum mendengar kata sate ragey. Sate ragey merupakan sate khas dari manado, kata ragey yang memiliki arti besar menggambarkan potongan sate yang besar pula. Sate ragey sendiri biasa nya hanya di konsumsi oleh kalangan non muslim, sebab daging yang di gunakan untuk membuat sate ini tidak boleh di konsumsi oleh seorang muslim, hal tersebut di sebabkan masyarakat manado yang berdominan beragama non muslim. Hingga sate ini di jadikan salah satu makanan khas, bahkan sate ini akan selalu ada di setiap acara besar di Sulawesi Utara

    1. Sate Klathak

    Sate ini merupakan sate khas dari Yogyakarta, biasanya sate ini di buat dari daging kambing, ada yang unik dari pamberian nama sate ini. Nama klathak di gunakan karena pada saat membakar sate ini akan mengeluarkan bunyi klathak, sate ini memiliki cita rasa yang gurih, manis, dan kenyal khas dari Yogyakarta.

    1. Sate Laso

    Sate Laso, sate yang berasal dari jawa tengah ini berbeda dari sate lainnya. Sate laso di buat dengan daging yang sudah di masak bacem kemudian di bakar, yang unik dari sate ini adalah, sate laso biasanya di sajikan bersamaan dengan sup, tulang muda, dan taoge.

    Itulah beberapa sate khas nusantara, pastinya masih banyak lagi sate sate khas yang ada di luar sana yang kamu belum tau, dan juga masih banyak terdapat sate sate unik yang hanya ada di Indonesia.(Abrar)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis-Jenis Sate Kuliner Khas Nusantara
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar