Rumah Zakat, Memberdayakan Desa hingga Siaga Bencana

Daftar Isi

    Foto: Rumah zakat

    LancangKuning.Com, JAKARTA - Ramadhan 2019 Rumah Zakat telah menyampaikan amanah kepada 347.768 penerima manfaat di 1.440 Desa Berdaya yang tersebar di seluruh Indonesia melalui berbagai program.

    Program tersebut di antaranya program reguler pemberdayaan kepada 183.219 penerima manfaat, program Ramadhan Berdaya; Berbagi Buka Puasa (BBP) sebanyak 135.645 paket, Kado Lebaran Yatim (KLY) 14.142 paket, Bingkisan Lebaran Keluarga (BLK) 5.441 paket, Syiar Quran (SQ) 7.317 paket, Janda Berdaya (JB) 1.885 paket, dan Ramadhan Bebas Hutang (RBH) 119 orang. Untuk wilayah bencana Rumah Zakat juga menyalurkan pake Ramadhan diantaranya 3.390 paket BBP, 429 paket KLY, 950 paket BLK, 105 paket JB, dan 345 paket SQ.

     “Alhamdulillah, terima kasih kami ucapkan kepada semua para donatur yang sudah bersinergi dengan Rumah Zakat. Donasi yang Anda berikan selama Bulan Ramadhan telah memberikan senyum dan kebahagiaan kepada 347.768 penerima manfaat  di  Desa Berdaya di seluruh Indonesia dan 5.219 penerima manfaat di wilayah bencana,” ujar Nur Efendi, CEO Rumah Zakat, Kamis (13/6).

    Selain di dalam negeri selama Ramadhan Rumah Zakat juga telah menyalurkan bantuan untuk warga di enam negara yang terkena konflik. Diantaranya Palestina, Myamar, Bangladesh, Marawi, Suriah, dan Yaman. Adapun jumlah penerima manfaat yang dibantu sebanyak 18.935 orang.

    Rumah Zakat Action juga menyalurkan 200 paket Superqurban dan paket sembako untuk memenuhi kebutuhan pangan warga. Selain itu juga menyediakan satu unit ambulance dan perahu karet yang digunakan untuk proses evakuasi dan mobilisasi warga.

    Sedangkan untuk Banjir di Samarinda, Rumah Zakat Action telah melakukan Aksi Peduli Bencana dengan menugaskan enam personil relawan dan tim kaji cepat, menyalurkan 470 paket Superqurban, mendistribusikan 700 paket makanan, First Aid untuk para korban banjir.

    Menurut data BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Kalimantan Timur per Senin (10/6) pukul 10.00 WITA, banjir yang terjadi berdampak pada rumah warga dan fasilitas umum. Di antaranya berdampak pada 10.000 jiwa, 10.000 rumah warga dan 10 hektar sawah terendam, dan berdampak pada empat kecamatan.

    “Insya Allah Rumah Zakat akan terus concern untuk menggalakkan Aksi Peduli Bencana Nasional. Semoga dengan adanya bantuan yang kami berikan, baik itu bantuan tenaga relawan, bantuan pangan ataupun berbagai bentuk bantuan lainnya bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena musibah,” Kata Nur Efendi. (LKC)

    Laporan: Rilis Muhammad Husien

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Rumah Zakat, Memberdayakan Desa hingga Siaga Bencana
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar