Gubernur Riau Hadiri Tradisi Raya Enam di Bangkinang

Daftar Isi

    Foto: Gubernur Riau, Syamsuar (berdiri) menyampaikan kata sambutan dalam acara Raya Enam di Bangkinang, Kabupaten Kampar, Rabu (12/6).

    LancangKuning.Com, KAMPAR - Tradisi ziarah kubur atau lebih dikenal "Raya Enam" di Kota Bangkinang, Kabupaten Kampar berjalan lancar dan dipadati ratusan pengunjung meski sempat diguyur hujan, Rabu (12/6/19).

    Tradisi yang bertepatan pada 8 Syawal 1440 H ini diawali dengan kata sambutan dari Gubernur Riau, Syamsuar. Ia mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H mohon maaf lahir dan batin kepada hadirin yang hadir.

    "Suasana syawal merupakan suasana silaturahmi dalam rangka halal bi halal", ucapnya.

    Lebih lanjut Syamsuar menambahkan kegiatan ziarah kubur dalam rangka hari raya enam ini merupakan salah satu kegiatan atau wisata religi, sama seperti kegiatan Balimau Kasai dalam menyambut bulan Ramadan.

    Tradisi ini menurutnya dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT, sebab dengan mengunjungi setiap kuburan dan melakukan doa bersama akan mengingatkan pada kematian.

    Syamsuar berharap agar tradisi ini tetap dilestarikan karena selain memiliki nilai keagamaan dengan mengutamakan silaturahmi, juga memiliki nilai wisata religi yang harus dipelihara dengan baik.

    "Agar kedepannya menjadi wisata religi di Provinsi Riau bahkan Indonesia", pungkasnya.

    Sementara itu Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto menjelaskan bahwa tradisi ini diawali dengan pelaksanaan puasa sunah yang dimulai pada 1 Syawal. Selain bernuansa religi, juga sebagai penguatan tradisi gotong royong yang sebelumnya membersihkan setiap makam.

    "Dengan terus menjaga kegiatan ini sehingga nantinya bisa memperkuat citra Kampar sebagai Serambi Mekkah-nya Riau", lanjut Catur.

    Untuk diketahui, Bupati Kampar bersama Gubernur beserta rombongan dan masyarakat melakukan ziarah kubur perdana di pemakaman umum Datuk Tabano, Dusun Uwai, Desa Muara Uwai, Bangkinang yang dilanjutkan dengan ziarah ke pemakaman yang ada di wilayah Bangkinang.

    Usai berziarah dan membersihkan makam, kemudian dilanjutkan dengan acara makan bajambau bersama di Masjid Al-Mujahidin Desa Muara Uwai Kecamatan Bangkinang.

    Dalam kegiatan ziarah kubur tersebut hadir juga Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar, Yusri beserta jajarannya di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar, Dandim 0313/KPR Letkol Inf Aidil Amin, Kapolres Kamar AKBP Andri Ananta Yusdistira, dan Ketua DPRD Kampar Ahmad Fikri. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gubernur Riau Hadiri Tradisi Raya Enam di Bangkinang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar