Instagram jadi Medsos Paling Buruk bagi Kesehatan Mental

Daftar Isi

    Foto: Instagram jadi platform medsos paling buruk bagi kesehatan mental. Foto: Carl Court/Getty Images

    LancangKuning.Com, Jakarta - Instagram memang menjadi media sosial (medsos) yang cukup ramai dikunjungi oleh warganet dari berbagai belahan dunia. Sayangnya, Instagram justru didaulat menjadi medsos paling buruk bagi kesehatan mental.

    Hal ini diungkapkan oleh suatu laporan penelitian baru-baru ini oleh Royal Society for Public Health di Inggris yang mengevaluasi 1.179 orang yang tinggal di Inggris berusia antara 14-24 tahun. Mereka ditanya soal medsos mana yang membuatnya merasa tenang, meliputi Instagram, Facebook, YouTube, Twitter, atau Snapchat.

    Baca Juga: Siswi RI Bikin Alat Cek Gula Darah Murah

    Platform medsos ini dinilai berdasarkan dampaknya pada kualitas tidur, kecemasan, depresi, takut kehilangan (FOMO), kesepian, intimidasi, dan masalah citra tubuh. Penelitian ini mencerminkan apa yang dirasakan responden melalui foto di semua platform dan dampaknya pada kesehatan mental.

    Yang mengejutkan, Instagram dinilai sebagai platform terburuk dari semua platform medsos, diikuti dengan Snapchat di urutan kedua. Platform ini juga membuat para responden merasa buruk dan merasa tidak aman, terutama wanita dan anak perempuan, melansir dari detik.

    Baca Juga: 8 Cara Menurunkan Berat Badan Usai Lebaran

    Hal itu dikaitkan dengan sejumlah filter yang digunakan agar semua orang terlihat benar-benar 'sempurna'. Foto secara terang-terangan diedit sesempurna mungkin. Akhirnya, seseorang membandingkan diri mereka dengan versi foto yang diunggah di Instagram.

    Instagram sebenarnya telah melahirkan praktik penerapan lapisan filter dan mengedit foto dengan hati-hati sebelum akhirnya diunggah. Selain itu, menyaksikan versi kesempurnaan orang lain dapat menyebabkan tingkat kepuasan hidup yang lebih rendah dan bahkan secara drastis memengaruhi suasana hati seseorang. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Instagram jadi Medsos Paling Buruk bagi Kesehatan Mental
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar