Nias Selatan Diguncang Gempa Bumi 5,8 SR

Daftar Isi

    Foto :VIVA/Syaefullah
    Nias dilanda gempa dengan kekuatan 5,8 pada Minggu, 2 Juni 2019.

    LancangKuning.Com, SUMUT –  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis bahwa wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera diguncang gempa bumi tektonik, Minggu, 2 Juni 2019, pukul 10.03.09 WIB.

    "Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan M=5,8 yang kemudian dimutakhirkan menjadi M=5,3," ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono di Jakarta.

    Sedangkan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,52 Lintang Utara dan 98,39 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 68 km Tenggara Nias Selatan, Sumatera Utara pada kedalaman 48 km.

    Maka, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra.

    Baca Juga: Satu Keluarga Tewas Ditabrak Mobil Berlogo PLN

    Konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempa bumi yang sangat aktif di wilayah Sumatra.

    "Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran kombinasi penyesaran mendatar-turun turun (oblique-normal Fault)," katanya, melansir dari viva.

    Namun, kata dia, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Padang Panjang, Bukittinggi, dan Pasaman Barat II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami

    Hingga pukul 10.21 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).  

    "Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Nias Selatan Diguncang Gempa Bumi 5,8 SR
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar