Hati-Hati Terkena Gas Air Mata Saat Demo , Ini Efeknya Untuk Kesehatan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Gas air mata seringkali digunakan oleh polisi yang menghadapi demo yang cukup rusuh. Tentu saja tembakan gas air mata tersebut tidak hanya berdampak pada peserta demo saja namun juga berefek kepada warga di sekitar lokasi demo.

    Bisa dikatakan tembakan gas air mata ini adalah salah satu cara untuk mengendalikan kericuhan saat demi dan dianggap bahwa cara ini lebih aman bila dibandingkan menggunakan senjata tumpul, tajam maupun senjata api.

    Meskipun dikatakan termasuk kategori aman dibandingkan senjata lainnya, tetapi tetap saja gas air mata memiliki efek untuk kesehatan. Berikut efek buruk yang akan terjadi akibat gas air mata yang dilansir dari klik dokter:

    1. Membahayakan mata

    Seperti namanya tentu saja gas air mata digunakan untuk mengincar mata yang mendapatkan dampaknya. Apabila kita terkena tembakan gas air mata maka akan mengakibatkan penglihatan kita terganggu.

    Efek yang terjadinya biasanya mata akan terasa perih, selain itu mata juga terasa gatal dan gatal. Orang yang terkena gas air mata ini akan mudah mengeluarkan air mara hingga akhirnya penglihatannya akan jadi buram alias tidak jelas.

    1. Menimbulkan sesak napas

    Selain bermasalah pada mata, gas air mata juga bisa mengakibatkan gangguan pada pernafasan. Biasanya gejala yang terjadi akibat paparan gas air mata adalah dada terasa nyeri, batuk, sesak napas bahkan mengeluarkan banyak dahak dan air ludah

    1. Mengakibatkan masalah kulit

    Selain dari pernapasan dan mata ternyata gas air mata juga bisa mengakibatkan gangguan pada kulit. Mereka yang terkena gas air mata biasanya gejala yang terlihat adalah rasa gatal, reaksi alergi, nyeri dan luka bakar kimia.

    Selain tiga dampak dari gas air mata terhadap kesehatan di atas, gas air mata juga bisa menimbulkan sakit kepala dan muntah. Meskipun demikian, dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter menyatakan bahwa gas air mata tersebut tidak memiliki efek jangka oanjang. Setelah orang yang terkena gas air mata, efeknya akan menghilang perlahan setelah beberapa menit.

    Apabila kita terkena gas air mata segera bilas mata atau bagian yang terkena paparan gas air mata tersebut dengan air mengalir. Akan lebih baik lagi jika membilasnya dengan air garam steril atau cairan infus. Semua pakaian, topi atau benda-benda lain yang anda gunakan saat terpapar gas air mata lepaskan dan bersihkan diri secapatnya.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Hati-Hati Terkena Gas Air Mata Saat Demo , Ini Efeknya Untuk Kesehatan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar