Makanan Khas Bengkulu Pendap

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bengkulu merupakan salah satu Kota dan Provinsi yang ada di wilayah Indonesia Bagian Sumatera, lebih tepatnya di Bagian Barat Daya Sumatera. Bengkulu terkenal kaya keindahan di semua bidangnya, baik itu segi kebudayaan, ekonomi, sosial dan makanannya yang khas. Karena memiliki banyak keindahan yang sangat memukau. Bengkulu memiliki luas sekitar 19,788,70 km², serta memiliki jumlah penduduk 1,904,793 jiwa pada tahun 2017.

    Salah satu yang terkenal di Bengkulu yaitu Pendap. Makanan khas pendap yang ada di Bengkulu sangat menjunjung tinggi cita rasa dari pendap tersebut dan juga memiliki banyak macam pendap yang  sangat enak dan unik, sehingga ketika para pengunjung yang berdatangan dari luar provinsi Bengkulu selalu membeli pendap dan menjadikannya sebagai makanan favorit untuk dimakan ketika di Bengkulu.

    Pendap sendiri makanan asli dari Bengkulu yang sangat terkenal di Bengkulu, tak hanya di Bengkulu saja makanan pendap juga terkenal di beberapa provinsi lainnya yang ada di Indonseia, serta juga terkenal dan banyak di sukai oleh Negara tetangga seperti, Australia, Malaysia dan Singapura.

    Makanan pendap terkenal dengan rasa dan keunikannya yang enak ketika berada di lidah, rasa yang terdapat di pendap ini bercampur aduk, dari mulai rasa gurih, unik dan enak, semua bercampur dan bisa di dapatkan ketika memakan makanan yang satu ini.

    Pendap terbuat dari bahan utama ikan kembung, ikan kembung yang di pakai sangatlah segar dan dipilih secara detail agar mendapat hasil pendap yang gurih nantinya. Ikan gembung sangat terkenal di Bengkulu dengan dagingnya yang sangat gurih ketika dimakan, sebab itu ikan gembung dipilih sebagai bahan utama dari makanan pendap ini.

    Tak hanya ikan gembung saja yang bisa di gunakan sebagai pembuatan pendap, ada pula beberapa sebagian masyarakat di Bengkulu memakai ikan kecil yang ada di sungai. Tapi yang lebih di utamakan yaitu ikan gembung, karena ikan gembung sangat menjunjung tinggi kegurihan dagingnya dan ikan gembung sangat empuk ketika dimakan.

    Cara pembuatan pendap tidak terlalu susah, anda hanya perlu membutuhkan beberapa bahan masakan yang bisa didapatkan di kedai-kedai terdekat anda.  Sebelum masuk cara pembuatan makanan yang super enak ini, alangkah baiknya kita mempersiapkan bahannya terlebih dahulu.

    Bahan yang di perlukan yaitu ikan gembung(4 ekor), 2 batang daun bawang, 1 batang serai, 3 buah asam kandis, 1 sendok garam, ¼ sendok merica, ¼ sendok gula pasir, daun talas, 2 sendok minyak makan, 2 lengkuas, 100 gram kelapa parut, daun mangkokan 5 lembar, bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit bakar, cabai merah, 5 butir kemiri, 300 ml santan dan daun pisang.

    Setelah semua bahan terkumpul dengan rapi, lalu haluskan beberapa bahan-bahan yang akan di haluskan terlebih dahulu, bahan yang akan di haluskan pertama yaitu bawang merah, jahe, bawang putih, kunyit bakar, kemiri dan cabai merah.

    Haluskan semua bahan tersebut menggunakan blender atau juga bisa menggunakan batu giling, setelah di haluskan kita masuk ke tahap pembuatan prosesnya ini yang paling penting perhatikan caranya agar mendapat hasil yang sempurna.

    Hal pertama yang harus di lakukan remas-remas daun mangkokan dengan 1/2 sendok teh garam. Cuci bersih. Tiriskan, panaskan minyak. Tumis sisa bumbu halus sampai harum, lumuri ikan kembung dengan setengah bagian bumbu halus. Bungkus seperti pepes. Kukus 30 menit sampai matang. Setelah matang, buka pepes. Letakkan di atas piring. Sisihkan, tambahkan daun bawang, daun seledri, lengkuas, serai, asam kandis, dan daun mangkokan. Aduk sampai layu, tambahkan kelapa parut tadi, aduk sampai merata, Masukkan santan, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai matang dan kuah kental. Siram ke atas ikan kembung.

    Setelah itu selesai deh makanan khas dari Bengkulu pendap, hidangkan 4 porsi piring, sajikan dengan keluarga anda biar makan lebih seru dan juga bisa mendapatkan hasil yang sempurna ketika di lidah.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Bengkulu Pendap
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar