Prospek Kerja Jurusan Teknologi Pangan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Jurusan teknologi pangan tidak hanya mempelajari tentang makanan saja tetapi teknologi pangan ini juga mempelajari tentang semua aspek ilmu pangan seperti seperti biologis, kimiawi yang termasuk di dalam pembelajaran, pengawetan, pemrosesan distribusi, sehingga pengguna pangan tersebut aman digunakan dan di konsumsi.

    Apa saja yang diolah teknologi pangan?, sangat beragam dimulai dari pembuatan roti, kue, tanaman dalam botol, makanan di dalam pics, pembuatan susu, ikan, daging, dan ada juga soft drink, seperti bir dan minuman anggur.

    Bagaimana dengan Prospek kerja jurusan teknologi pangan?

    Berhubungan dengan Prospek kerja jurusan teknologi pangan, secara garis besar Prospek kerja jurusan teknologi pangan ini dibagi menjadi dua, yang pertama pengendalian mutu “Quality Assurance” dan yang kedua pengembangan produk “product developmen). Yang dimana kedua prospek tersebut adalah pembelajaran yang sama, akan tetapi pengembangannya lah yang akan membedakan Prospek kerja jurusan teknologi pangan.

    Berikut ini adalah Prospek kerja jurusan teknologi pangan:

    1. Pengendalian mutu “Quality Assurance”

    Prospek kerja ini selalu memastikan mutu pangan yang ada, yang dimulai dari proses panen, pemrosesan, dan diterima konsumen,karena pengendalian mutu initidak bisa stabil di pertama kalinya dan kondisi lingkungan yang kurang higenis dan bisa membuat bahan pangan yang akan di kelola tercemar.

    Dan tidak hanya itu proses dari semua hal tersebut sangat betul –betul di jaga, dan semuanya harus benar-benar higenis dengan mutu yang terus menerus diawasi. Standar yang di gunakan adalah mutu yang sangat kelas internasional. Dan sudah di atur oleh badan yang berlaku. terakhir yang harus di jaga dari Pengendalian mutu ini yaitu di saat pengiriman produk sampai ke tangan konsumen benar-benar di jaga dengan baik, tidak hanya proses pengolahan yang di jaga tetapi tetapi tingkat higenis produk dijaga, jika hak tersebut gagal akan mutunya akan mengalami penurunan.

    1. Pengembangan produk ”product development”

    Prospek kerja pengembangan produk ini adalah alah satu pangan yang sama dengan penelitian dan pengembangan suatu produk, yang dimana anda bekerja di prospek kerja ini untuk menciptakan produk-produk baru, dan juga mengembangkan produk yang sudah ada. Pengembangan produk ini lebih rumit dibandingkan dengan pengendalian mutu, karena di prospek kerja ini mempelajari tentang riset seperti, tes pasar dan juga mengecek bahan yang cocok dengan produk yang sudah ada di pengembangan mutu.

    Pengembangan produk Pengendalian mutu ini berkaitan dengan, warna, varian rasa baru lainnya yang cocok dan bisa di terima oleh pasar. Tidak aneh lagi dengan terus berulang kali mengetes sample pada orang-orang di sekitarmu untuk mencicipi sebuah produk dan diberi penilaian tentang produk yang akan di pasarkan,  orang-orang yang bekerja ini prospek ini harus diseleksi dengan ketat yang bertujuan untuk memilih orang yang benar-benar sesuai. Resep yang dikelola industri ini tentunya menjadi rahasia dapur, jika orang lain mengetahui resep ini apa lagi kompetitor  akan mengakibatkan masalah oleh karena itu prospek kerja ini membutuhkan pekerja yang sangat sedikit, hanya satu sampai dua orang pekerja saja untuk setiap produk.

    Nah, prospek kerja teknologi pangan ini biasanya tidak mempunyai terlalu banyak jenjang karier, meskipun prospek kerja teknologi pangan ini cenderung lebih lambat daripada prospek kerja lainnya. Meskipun teknologi pangan ini cocok buat anda yang ingin memilki profesi sebagai bidang industri pangan ini.(Nanda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Jurusan Teknologi Pangan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar