Prospek Kerja Jurusan Teknik Mekatronika

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mekratonika adalah jurusan gabungan antara teknik dan elektro, dengan konsentrasi yang bisa bekerja di berbagai bidang industri. Yang terutama menggunakan peralatan dan mesin otomatis seperti robot misalnya.

    Berikut ini adalah prospek kerja jurusan teknik mekatronika:

    1. Industri Manufaktur

    Industri manufaktur adalah cabang suatu industri yang mengaplikasikan mesin, yaitu sebuah peralatan dan tenaga kerja suatu medium proses dan untuk mengubah suatu bahan mentah akan diolah menjadi barang jadi yang akan memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

    Aktivitas ini di kerjakan oleh pekerja yang memiliki keahlian di bidang kerajinan tangan sampai ke produksi dengan menggunakan teknologi yang tinggi. Yang dimana bahan mentah akan diolah menjadi barang jadi dengan skala yang besar. Industri manufaktur ini juga bisa dilakukan oleh lulusan jurusan teknik mekatronika.

    1. Industri Otomotif

    Industri otomotif sangat berhubungan dengan lulusan jurusan teknik mekatronika. Industri otomotif ini sangat prospektif dan dikembangkan dalam rangka yang sangat meningkat dan ada juga daya saing produk industri.

    Ilmu otomotif ini sangat mempelajari tentang bagaimana seseorang akan merancang dan mengembangkan sebuah alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin. Yaitu, sepeda motor, mobil, bus, dan truk. Yang memadukan elemen-elemen tersebut dengan pengetahuan dengan mekanika, listrik, elektronik, dan mempelajari juga tentang rumus matematika, fisika, kimia, biologi dan manajemen, yang akan berkaitan dengan industri otomotif ini.

    1. Industri elektronik

    Industri elektronik ini juga berhubungan dengan elektro dimana hal tersebut, konsumen elektronika ini muncul pada abad ke-20 yang sekarangini telah menjadi suatu industri yang sangat menguntungkan dan bernilai miliaran dolar. Perangkat elektronika di gunakan ole penjuru hingga ke sudut duinia dan di kembangkan pabrik-pabrik otomatis yang dioperasikan oleh industri .

    1. Industri Pertahanan

    Industri pertahanan ini adalah suatu industri nasional mulai dari pemerintahan maupun swasta yang produknya baik secara tersendiri maupun dengan kelompok, yang termasuk juga dengan jasa pemeliharaan, yaitu suatu penilaian pemerintah bisa dimanfaatkan untuk pertahanan negara. Industri pertahanan ini terdiri atas suatu penelitian yang akan mengembangkan produksi dan pelayanan peralatan fasilitas militer.

    1. Industri Logistik

    Industri logistik ini adalah suatu industri yang bergerak di bidang seni dan ilmu, barang, energi, informasi, yang menggunakan tenaga kerja manusia yang akan di produksi ke pasar dengan suatu tujuan yang mengoptimalkan penggunaan suatu modal manufaktur dan marketing yang akan dilakukan tanpa ada dukungan logistik. Industri ini juga mencangkup integrasi informasi transportasi, inventori, pergudangan, reverse logistics dan pemaketan.

    Misi dari industri logistik adalah mendapatkan suatu barang yang tepat, pada waktu yang tepat dan jumlahnya pun tepat dengan biaya yang sangat terjangkau bisa memberikan kontribusi dan profit penyedia jasa logistik.

    1. Industri Penerbangan

    Industri ini bergerak pada pengoperasian pembuatan pesawat, industri ini termasuk juga dengan pesawat dan suku cadang yang akan digunakan oleh militer yaitu penerbangan sipil dan militer. Dari sebagian besar produksi industri ini dilakukan sesuai dengan jenis sertifikat dan juga standar pertahanan yang diterbitkan oleh lembaga suatu pemerintah.

    Nah, dari ke enam Prospek kerja jurusan teknik mekatronika yang sangat berkaitan dengan namanya di bidang teknik dan elektronika. Dan bagi anda yang menginginkan kerja bagi lulusan mekatronika tidak perlu cemas karena artikel diatas sangat merekomendasikan bagi anda lulusan mekatronika, tidak hanya itu lulusan ini bisa di arahkan seseorang untuk menjadi technpreneur.(Nanda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Jurusan Teknik Mekatronika
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar