Dampak Buruk Tidak Sahur Untuk Kesehatan Serta Cara Mudah Agar Bangun Sahur

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Untuk tetap bisa menjalani ibadah puasa selama satu hari penuh, sahur merupakan waktu yang sangat krusial dalam memberikan cadangan energi pada tubuh kita. Namun, tidak jarang dan banyak mungkin yang sering ketiduran dan melewatkan waktu sahur efek kelelahan setelah beraktivitas seharian sembari berpuasa.

    Tidak hanya faktor kesiangan atau ketiduran saja yang menyebabkan seseorang tidak sahur, namun juga karena hilangnya selera makan di pagi dini hari tersebut membuat kita juga tidak menyantap sahur. Namun, tahukah kamu ternyata kebiasaan tidak sahur ini memiliki dampak buruk untuk kesehatan.

    Dilansir dari KlikDokter, menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong bahwa pada dasarnya sangat tidak disarankan berpuasa tanpa sahur karena jika tidak sahur sebelum berpuasa akan membuat tubuh kehilangan glukosa. Dampaknya akan meningkatkan risiko hipoglikemia alias gula darah yang rendah di dalam tubuh.

    Nah, jika berpuasa tanpa sahur mengalami hiploglikemia ini maka akan merasa pusing, lemas, dan pingsan saat menjalani puasa.

    Selain itu merasakan hal tersebut saat mengalami hiploglikemia tubuh juga akan mengalami gejala seperti keringat dingin, sulit bernafas, jantung berdebar, linglung hingga kehilangan kesadaran. Sehingga dianjurkan jangan memaksakan diri jika kita mengalami gejala tersebut saat berpuasa.

    Selain itu pendapat dari dr. Melyarna Putri menggantakan bahwasanya sahur itu sangat penting sekali untuk orang penderita maag. Lambung akan kosong jika penderita maag tidak sahur saat menjalankan puasa sehingga mengakibatkan rasa nyeri pada lambung yang disebabkan asam lambung.

    Nah, begitu bahayanya dampak bagi kesehatan jika kita tidak sahur sebelum berpuasa. Bagi kamu yang melewati sahur karena kesulitan bangun, berikut beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan agar busa terbangun sahur.

    1. Tidur lebih awal

    Jika biasanya kamu suka begadang, selama bulan puasa sangat disarankan menghilangkan kebiasaan tersebut. kebiasaan begadang bisa berefek tertidur saat mendekati waktu sahur, sehingga rasa kantuk mengalahkan kamu dan akhirnya sulit untuk bangun sahur. Karena itu, usahakan tidur lebih awal agar tubuh bisa menikmati istirahat yang sehingga akan mudah untuk bangun sahur.

    1. Menyalakan alarm

    Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah menyalakan alarm dan kalau bisa gunakan nada yang sama dengan nada panggilan masuk. Karena spontanitas seseorang saat menerima panggilan akan lebih mudah terbangun. Selain itu letakan ponsel tersebut dengan jarak yang jauh, sehingga saat alarm berbunyi kamu akan bangun untuk mematikannya.

    1. Hindari kafein

    Kafein seperti kopi dan minuman bersoda akan membuat kamu sulit tidur dan terjaga sepanjang malam sehingga bisa-bisa kamu melewati sahur. Sehingga sangat disarankan untuk menghindari minuman berkafein saat malam hari, selain itu kurangilah memakan cemilan agar kualitas tidur kamu baik.

    1. Minta dibangunkan

    Cara lainnya agar tidak melewatkan sahur atau ketiduran yaitu meminta orang lain membangunkan kita. Sebelum tidur berpesanlah kepada orang sekamar atau orang di rumah untuk membangun kamu saat waktu sahur. Biasanya orang cenderung lebih mudah bangun jika langsung dibangunkan oleh orang lain.

    1. Kuatkan niat

    Nah, yang terakhir adalah kuatkan niat. Jika niat sudah kuat halangan seperti apapun akan bisa dihadapi. Niat yang kuat akan mengalahkan rasa malas dan kantuk, jadi kuatkanlah niat dan tekad yang kuat agar bisa terbangun saat sahur.

    Nah, itulah beberapa dampak atau bahayanya jika kamu melewati sahur lengkap dengan cara agar bisa bangun sahur dengan mudah. Semoga bermanfaat.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dampak Buruk Tidak Sahur Untuk Kesehatan Serta Cara Mudah Agar Bangun Sahur
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar