Makanan Yang Cocok Di Konsumsi Bagi Penderita Maag Saat Berpuasa

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Memasuki bulan Ramadhan bagi orang-orang yang mempunyai riwayat sakit maag mungkin menjalani puasa akan mendapatkan tantangan tersendiri, terutama pada saat mulai berpuasa atau pada awal-awal minggu berpuasa karena lambung yang masih melakukan adaptasi dengan pola makan yang baru.

    Oleh karena itu bagi kamu yang mempunyai riwayat sakit maag kamu harus memperhatikan menu yang akan kamu santap saat sahur maupun berbuka puasa, karena tidak semua makanan akan baik untuk kamu konsumsi. Lalu apa sih makanan yang cocok di konsumsi bagi penderita sakit maag? Berikut ulasannnya :

    1. Kurma

    Seperti yang kita ketahui memakan kurma adalah anjuran dari Rasulullah SAW apalagi dimakan ketika mengawali buka puasa dengan memakannya secara ganjil, mengkonsumsi kurma bagi penderita maag akan mengendalikan asam lambung seperti yang kita tahu maag disebabkan karena jumlah asam lambung yang meningkat dengan berlebihan oleh karena itu dengan mengkonsumsi kurma asam lambung kamu dapat dikendalikan serta serat yang tinggi yang terkandung di dalam kurma dapat membuat pencernaan kamu menjadi lancar dan akan mencegah kamu dari reisiko sembelit.

    2. Sayur Bayam

    Sayur bayam ini akan sangat bagus dan aman dikonsumsi oleh penderita maag ataupun oleh orang yang mempunyai riwayat penyakit maag pada saat berbuka karena aslinya sayuran ini tidak mengandung gas oleh karena itu mengkonsumsi sayur bayam saat berbuka puasa akan menjadi aman. Namun selalu hindari dan pastikan kamu tidak mencampurkan sayur bayam ini dengan sayuran lain. Karena walaupun sayur bagus untuk kesehatan namun tidak semua sayur yang cocok dikonsumsi oleh penderita maag jadi kamu harus cerdas dalam memilih makanan kamu dan harus berhati-hati ketika membeli makanan, namun sebaiknya kamu mengolah sayur bayam ini menjadi sayur bening.

    3. Nasi Tim

    Ketika berpuasa seharian berarti kamu sudah membuat lambung kamu menjadi istirahat karena selama berpuasa tidak ada aktivitas mencerna makanan yang bisa di bilang cukup lama, oleh karena itu kamu sebagai penderita maag harus cermat dan teliti dalam memilih menu berbuka puasa agar lambung kamu tidak kaget, agar lambung kamu tidak kaget ada baiknya kamu memilih menu nasi tim, dengan tekstur yang lunak dan lembut dari nasi tim itu sendiri akan sangat cocok untuk kamu penderita maag karena dengan teksturnya tersebut dapat meringankan proses pencernaan oleh lambung.

    4. Kentang Rebus

    Kamu pasti tau bahwa kentang mengandung karbohidrat, karbohidrat akan sangat dibutuhkan tubuh pada saat berpuasa karena karbohidrat akan berperan sebagai tenaga untuk menjalani aktivitas dan kentang juga mengandung senyawa alkali, senyawa ini sangat sering digunakan pada bermacam-macam obat maag, sifat basa pada senyawa alkali berperan dalam menetralkan asam lambung sehingga sangat aman dimakan oleh kamu penderita maag maupun kamu yang mempunyai riwayat maag. Serta dengan kamu yang merebus kentang maka kentang akan menjadi lembut dan lunak jadi proses pencernaan kamu akan menjadi lebih ringan.

    5. Ikan Panggang

    Sudah tidak menjadi rahasia lagi bahwa ikan mempunyai berjuta protein dan memiliki kadar lemak yang rendah, dengan kandungan yang terdapat pada ikan ini dapat mengurangi peradangan pada dinding lambung yang biasanya menjadi penyebab datangnya rasa nyeri dan mual. Namun kamu juga harus cermat dalam memilih jenis ikan yang akan kamu konsumsi, sebaiknya kamu memilih ikan yang memiliki kandungan omega 3 yang tinggi, serta kamu harus memperhatikan cara pengolahan ikan bagi kamu penderita maag usahakan menghindari mengolah ikan dengan cara digoreng, Karena dengan menggoreng akan membuat kandungan lemak jahat pada ikan menjadi berlipat ganda.

    Nah,begitulah makanan yang cocok di konsumsi bagi penderita maag saat berpuasa   jadi selalu perhatikan pilihan menu yang akan kamu santap agar kamu bisa menjalani ibadah puasa tanpa takut akan datangnya maag.(Rifki)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Yang Cocok Di Konsumsi Bagi Penderita Maag Saat Berpuasa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar