Kedatangan Tenaga Kerja Tiongkok Rampas Kesempatan Kerja Warga Pribumi

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Kedatangan jutaan warga Tiongkok yang merupakan kebijakan bebas visa dinilai akan terjadi serbuan puluhan juta pekerja Tiongkok. "Masalah pekerja Tiongkok di negara kita ini terkait dengan kebijakan bebas visa, sehingga kedatangan mereka tidak bisa dibendung. Sementara warga kita harus dapat visa untuk datang ke Tiongkok kecuali Hongkong dan Macau,"ujar Mantan Menteri Hukum dan HAM itu, dalam pernyataannya, Senin (18/7/2016) malam.

    Tidak hanya soal bebas visa di Indonesia juga sangat sulit membedakan mana warga Negara Indonesia keturunan Tiongkok atau yang benar-benar berasal dari Negara Tiongkok. "Di Hongkong dan Tiongkok dengan mudah dapat dibedakan mereka yang pendatang ataupun dari warga lokal. Beda dari pekerja Tiongkok yang susah untuk dibedakan dengan WNI kalangan Tionghoa yang sudah lama menetap di sini," ujar Yusril.

    {{}}

    Yusril menjelaskan praktik manipulasi data kependudukan yang dilakukan oleh warga Tiongkok. Hal serupa juga terjadi di Malaysia, sehingga Yusril memandang kehadiran pekerja Tiongkok tidak bisa dipandang sederhana, karena juga bersentuhan dengan keamanan Negara, Ekonomi dan Sosial Negara saat ini dan masa yang mendatang. Yusril menyayangkan sikap Menaker Hanif Dhakiri yang gagal memberikan penjelasan yang memuaskan atas banjirnya tenaga kerja Tiongkok ini.

    "Angka 10 juta memang bisa diperdebatkan. Tapi jumlah itu bisa saja terjadi dalam beberapa tahun ke depan sejalan dengan kian membesarnya pinjaman proyek dan "investasi" Tiongkok di negeri kita. Ini persoalannya bukanlah jumlah angka 10 juta, tetapi masalah kesempatan kerja rakyat kita sendiri yang dirampas pekerja kasar dari Tiongkok dengan makin besarnya pinjaman dan "investasi" Tiongkok di sini. Pinjaman dan "investasi" itu akhirnya hanya untuk menciptakan lapangan kerja buat rakyat Tiongkok sementara rakyat kita tak mendapat manfaat apa-apa," ungkapnya. (hyAzn)

     

    Sumber : tribunnews.com

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kedatangan Tenaga Kerja Tiongkok Rampas Kesempatan Kerja Warga Pribumi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar