Tips Agar Tetap Fokus Ujian Saat Berpuasa

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Fokus dalam belajar pada hari biasa akan lebih mudah, namun fokus belajar pada bulan puasa tentu sangat sulit. Rasa kantuk yang datang akibat tadarus hingga larut pasti menghampiri ketika pagi harinya, itu yang menjadi alas an mengapa seorang siswa sulit untuk konsentrasi dalam belajar.

    Apalagi jika kita sedang ujian di bulan puasa, tentu sangat menguji kesabaran kita untuk menahan kantuk dan tentunya tidak menyontek. Ujian tidak menjadi alasan seseorang untuk tidak berpuasa, justru ujian harus dijadikan motivasi seseorang untuk berpuasa.

    Bagi kalian yang sulit fokus ujian saat puasa, mungkin artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian :

    1. Membuat agenda

    Salah satu cara agar fokus pada saat ujian adalah mengatur segala kegiatan kamu pada satu hari full. Atur jadwal kapan belajar, tidur, dan beribadah. Itu akan membantu kamu untuk tetap fresh saat ujian. Aturlah kegiatan yang bermanfaat dan perbanyaklah waktu istirahat. Istirahat membantu kamu tidak mudah lelah yang dapat menghilangkan ketidak fokusan saat ujian.

    1. Perhatikan makanan yang anda konsumsi

    Makanan juga merupakan faktor yang berpengaruh disini. Kamu disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3, yaitu ikan salmon atau telur. Itu berfungsi untuk meningkatkan daya ingat kita. Sehingga apa yang sudah kita pelajari tidak mudah hilang dikepala.

    Jika kamu tidak suka ikan, kamu bisa konsumsi buah sebagai sumber omega 3 kamu. Kamu bisa konsumsi blueberry atau pisang, itu bisa menjadi alternative yang bagus. Blueberry dan pisang dapat meningkatkan ingatan kita.

    1. Belajar di pagi hari setelah subuh

    Untuk kalian yang langsung tidur setelah sahur, tinggalkan kebiasaan itu sekarang. Setelah sahur, pastikan kalian solat subuh terlebih dahulu dan kemudian kalian baru belajar. Belajar di pagi hari terbukti lebih efektif dan manjur saat kalian ujian nanti, karena daya ingat kalian ketika pagi hari segar dan kuat sehingga kalian mudah mengingat materi ujian.

    Ketimbang belajar hingga begadang, itu dapat membuat kalian tidak fokus pada saat ujian dan tentunya nilai kalian akan jelek jika tidak berkonsentrasi. Yang seharusnya jawaban nomer 2 kalian isi di nomer 3, tentu akan salah? Untuk menghindari itu, janganlah kalian begadang.

    1. Langsung pulang ke rumah

    Jika kalian sudah selesai melaksanakan ujian, langsunglah pulang ke rumah dan hindari bepergian. Karena jika kalian bepergian, itu berpotensi kalian akan membatalkan puasa sebelum waktunya. Bukan hanya itu, jika kalian pulang lebih cepat, kalian dapat menggunakan waktu tersebut untuk belajar dan istirahat ketimbang keluyuran tidak jelas.

    Jika ada teman yang memaksa atau meledek karena kalian tidak ikut mereka pergi, hiraukan saja dan berkomitmen untuk langsung pulang agar waktu belajar dan istirahat lebih banyak.

    1. Berolahraga ringan

    Jika berpuasa, jangan takut untuk berolahraga. Olahraga dapat menyehatkan dan menyegarkan badan kita. Olahraga dapat meningkatkan kognitif otak, sehingga kamu bisa fokus. Jangan takut batal puasa karena olahraga, berolahraga ringan saja agar tidak terbebani.  Kamu bisa olahraga 1-2 jam sebelum berbuka dan sesudah sahur agar badan tidak lemas.

    Berolahraga juga dapat mengurangi stress, meningkatkan fungsi otak, serta dapat mengatasi kecemasan dan depresi.

    1. Konsumsi madu

    Madu banyak sekali khasiatnya bagi tubuh, salah satunya untuk otak kita. Madu memberikan energi cadangan kepada hati dan otak. Pada zaman yunani kuno, atlet menggunakan madu selama mereka mengikuti olimpiade. Begitu besar manfaat madu bagi tubuh manusia.

    Demikian yang dapat kami paparkan. Jangan terlalu banyak main game apalagi keluar rumah saat ujian, perbanyaklah belajar dan istirahat yang cukup.(Taufiq)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Agar Tetap Fokus Ujian Saat Berpuasa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar