Distro Linux Buatan Indonesia

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sistem operasi Linux tidak hanya buatan luar negeri tetapi juga ada buatan dalam negeri dan system operasi linux Indonesia ini sudah mendunia atau sudah terkenal. Berikut dibawah ini contoh-contoh distro linux buatan Indonesia :

    1. BlankOn, Dsitro Linux ini pernah masuk sebagai distro linux local 100 di dunia.

    Nama linux ini di ambil dari sebuah penutup kepala traditional di jawa. Linux ini di kembangkan oleh sebuah Yayasan yang bernama YPLI dan Yayasan ini selalu meperbaharui system linux dan mengupdatenya.

    1. IGOS Nusantara

    IGOS Nusantara atau dikenal juga dengan nama IGN ini di kembangkan oleh Sebuah komunitas yang bernama komunitas Open Source. Kelebihan distro linux ini adalah mudah di gunakan dan juga ada dukungan untuk laptop yang bootnya UEFI.

    1. Distro linux yang digunakan di dunia Pendidikan (GrombyangOS)

    Distro linux ini dirilis pada tahun 2014 silam. Dan distro ini dibuat oleh grOSteam dengan tujuan untuk dunia Pendidikan. Distro linux ini bisa dijalankan di PC yang spesifikasinya rendah. (RAM Min 512MB, Min HDD 20 GB).

    1. Distro linux yang dirancang khusus untuk para programmer (TeaLinuxOS)

    Distro ini sangat khas dengan nama teh. Dan filosofi “Nikmatnya Sebuah Racikan!” jadi maksudnya adalah TeaLinuxOs bisa memenuhi semua standar para programmer

    1. Distro linux untuk pengembangan desa (Desa OS)

    Sistem Operasi ini sangat mudah digunakan. Apalagi spesifikasi PC yang dibutuhkan pun rendah. Distro ini digunakan untuk mengelola desa dan melayani masyarakat desa lebih cepat, efisien, dan aman.

    1. Garuda OS

    Os ini pertama kali dirilis pada tahun 2011. Ukuran os ini adalah 3,6 GB.

    Fitur-fitur dari os ini adalah:

    • Os ini telah mendukung VGA
    • Mendukung Wirelles
    • Bisa sesuai dengan printer manapun.
    • Bahasa yang digunakan di dalamnya lebih dari 60 bahasa.
    • Bisa bermain game offline ataupun online dan juga mendapat dukungan untuk office.
    1. Kuliax

    Distro ini adalah distro asli buatan Indonesia. Sistem Operasi Ini dikembangkan oleh Kuliax Project yang mengemban tujuan bukan hanya untuk menciptakan atau mengembangkannya. Os ini terkenal dengan konfigurasinya yang cepat.

    1. Dewa Linux

    Sistem Operasi ini mirip dengan system operasi ubuntu. Dan Sistem Operasi ini tampilannya mirip seperti windows. Dewa linux memiliki 2 versi yaitu Dewa linux effiel yang dirilis pada tahun 2008 dan Dewa linux Rencong yang dirilis pada tahun 2007.

    1. Target linux

    Distro linux ini dijalankan dengan USB atau cd seperti OS lain. Distro ini sangat bagus untuk seorang yang suka hacker dan distro ini adalah buatan Indonesia asli.

     

    1. DEPDIKnux

    Distro linux ini dikembangkan untuk keperluan Pendidikan. Kelebihan distro linux ini adalah memiliki fitur jaringan yang lengkap seperti, set IP Address, tambah atau kurang user, start atau stop, nload, iptraf. OS ini terkenal dengan ringannya. Spesifikasi pc yang dibutuhkan untuk memakai linux ini:

    1. Processor Min Intel Pentium ll
    2. HDD Min 20 GB
    3. RAM Min 128 Mb
    4. CD ROOM
    5. Mempunyai Network Interface Card
    1. Orarinux

    Linux ini dibuat berdasarkan experiment tentang audio dan ini dibuat oleh sebuah komunitas amatiran. Spesifikasi yang diperlukan untuk menginstal OS ini:

    1. Processor Min Intel Pentium lV
    2. HDD Min 20 GB
    3. RAM Min 512 MB
    4. Mempunyai VGA
    1. Trustix merdeka

    Distro ini dibuat dengan tujuan untuk mempersatukan komunitas-komunitas linux yang ada di Indonesia. Kelebihan distro ini adalah bisa menginstall aplikasi multimedia, pengolah kata dan jaringan. Spesifikasi yang dibutuhkan untuk menginstal OS ini adalah:

    1. Processor Min Intel Pentium lV
    2. HDD Min 20 GB
    3. RAM Min 512 MB
    4. Mempunyai VGA(Ridwan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Distro Linux Buatan Indonesia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar