7 Bahan Makanan yang Cocok bagi Penderita Anemia yang Berpuasa

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sehat merupakan salah satu syarat untuk bisa melaksanakan puasa dengan lancar. Dan jika kamu sakit maka puasa bisa saja menjadi lebih berat atau dokter akan melarang kamu untuk berpuasa

    Gangguan yang sering dirasakan saat melaksanakan puasa adalah anemia. Kondisi ini terjadi apabila tubuh kekurangan darah yang memaksa kita untuk memperoleh nutrisi yang seimbang agar tidak lemas saat berpuasa.

    Lantas, pada saat gangguan darah ini dirasakan, masih bolehkah kita berpuasa? Tentu saja boleh, tetapi dengan seizin dokter ya atau praktisi kesehatan yang menangani kamu.

    Selanjutnya, asupan nutrisi harian di dalam tubuh juga jangan lupa agar gangguan ini tidak kambuh dan mengganggu semuanya.

    Apa itu Anemia?

    Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang makanan dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh bagi penderita anemia, sebaiknya kamu perlu mengetahui betul tentang gangguan anemia ini.

    Anemia merupakan kondisi kurangnya darah yang disebabkan oleh menurunnya sel darah merah. Kondisi ini jelas tidak sama dengan hipotensi atau yang kita kenal dengan tekanan darah rendah.

    Tekanan darah rendah disebabkan oleh penurunan detak jantung akibat dari gangguan pada pembuluh, sedangkan anemia sendiri terjadi karena tubuh kekurangan banyak darah.

    Gangguan darah rendah atau hipotensi memiliki alat ukur yang namanya tensi meter, sedangkan untuk mengetahui gangguan anemia, digunakan alat yaitu Hb meter.

    Syarat puasa lancar penderita anemia

    Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar penderita anemia bisa menjalankan puasanya dengan lancar jaya. Yaitu perhatikan syarat dibawah ini.

    1. Harus makan sahur dengan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan kesehariannya. Jangan coba-coba dengan hanya meminum air putih saja ataupun tidak sahur sekalian. Tubuh kita perlu nutrisi agar jumlah sel darah merah tetap cukup.

    2. Kurangi begadang, perbanyaklah tidur atau istirahat dengan cukup setiap harinya.

    3. Kurangi atau hindari aktivitas yang berat-berat. Usahakan badan kamu tetap fit dan tubuh tidak lemas karena kelelahan. Penderita anemia boleh saja berolahraga, tapi intensitasnya yang tidak boleh tinggi.

    Bahan Makanan Terbaik untuk Penderita Anemia

    Berikut ini merupakan makanan yang cocok untuk penderita anemia selama berpuasa.

    1. Sayuran Hijau

    Sayuran hijau dibutuhkan karena memiliki sumber mineral seperti zat besi yang baik untuk hemoglobin. Contohnya bayam, sawi, dan sayuran hijau lainnya. Makanlah pada saat sahur dan berbuka puasa.

    2. Makanan Laut

    Makanan laut seperti sarden, salmon, dan ikan laut lainnya yang mengandung lemak yang baik. Selain itu, makanan laut ini juga banyak mengandung zat besi yang baik untuk darah merah

    3. Daging

    Beraneka ragam daging baik untuk mengembalikan jumlah darah yang ada di dalam tubuh kita. Konsumsilah aneka daging seperti ayam, sapi, ataupun domba pada saat sahur maupun berbuka. Daging akan memberikan tambahan protein yang mempengaruhi banyaknya energi di dalam tubuh.

    4. Biji-bijian

    Tanpa disangka, biji-bjian juga baik bagi kesehatan tubuh bagi penderita anemia selama berpuasa. Aneka biji seperti biji kuaci atau bunga matahari dan biji labu yang mengandung banyak zat besi yang baik untuk hemoglobin

    5. Kacang polong

    Beragam jenis kacang polong dan variannya seperti kacang merah, kedelai, dan kacang hijau yang mengandung banyak zat besi. Selain itu, bahan makanan ini juga terjangkau dan bisa saja diolah menjadi apa saja.

    6. Kacang

    Kacang kacangan seperti kacang tanah, kacang met, dan pistachio juga mengandung banyak kandungan zat besi. Kamu bisa saja mengonsumsi jenis kacang ini dalam jumlah terbatas mengingat kandungan lemaknya yang cukup tinggi

    7. Makanan yang diperkaya zat besi

    Diluar sana banyak sekali yang menjual atau yang mengolah makanan dengan tambahan zat besi. Kamu bisa mengonsumsi makanan itu sebagai cemilan atau makanan pendamping.

    Itulah tips berpuasa bagi penderita gangguan anemia dengan cara mengkonsumsi bahan makanan tadi. Semoga puasanya lancar jaya dan tidak ada gangguan lagi ya.(Raihan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 7 Bahan Makanan yang Cocok bagi Penderita Anemia yang Berpuasa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar