Tips Ampuh Bisa Kuliah S2 Tanpa Menguras Kantong

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebagian dari kita mungkin memiliki mimpi untuk bisa melanjutkan pendidikan setinggi mungkin, namun tak semuanya mampu untuk mewujudkan mimpi tersebut. Misalnya selepas S1 kita sangat ingin sekali untuk melanjutkan S2, namun untuk bisa melanjutkan pendidikan tersebut tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tentu saja untuk melanjutkan S2 akan menguras kantong orang tua jika masih bergantung kepada orang tua.

    Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 tanpa menguras kantong orang tua kamu. Nah, kali ini kita akan membahas tips yang ampuh untuk bisa lanjut kuliah S2 namun tidak menguras kantong.

    1. Mencari Beasiswa dari Luar Negeri

    Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk melanjutkan kuliah S2 yaitu dengan mencari beasiswa yang diadakan oleh negara luar. Biasanya negara-negara luar mencari bibit unggul dari beberapa negara lainnya termasuk di Indonesia. Terlebih lagi untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah S2 keluar negeri, tentu saja hal ini harus kamu pertimbangkan. Selain itu, beasiswa luar negeri yang diberikan sudah mencukupi untuk kebutuhan hidup dan belajar kamu.

    1. Mencari beasiswa pemerintahan atau swasta

    Selain beasiswa untuk keluar negeri, untuk kamu yang dengan keluar cara ini bisa kamu coba. Di Indonesia sebenarnya ada banyak macam beasiswa yang tersedia mulai dari beasiswa LPDP dari pemerintah hingga beasiswa yang disediakan oleh instansi swasta. Untuk informasi mengenai beasiswa tersebut, bisa kamu akses melalui internet. Kita sama-sama tahu bahwa saat ini informasi apapun sangat mudah kita dapatkan dengan adanya internet ini. Namun, sekedar informasi bahwa untuk mendapatkan beasiswa ini tentu saja bukanlah hal yang mudah karena ada serangkaian test yang harus kamu lewati. Namun, kamu jangan patah semangat. Kamu harus belajar dengan semangat dan tekat yang kuat agar bisa lulus dan melanjutkan untuk kuliah S2.

    1. Freelance Job

    Jika kamu enggan menghabiskan uang orang tua untuk melanjutkan kuliah S2 kamu bisa bekerja sambil kuliah. Kamu coba mencari pekerjaan yang ringan dan pekerjaan freelance, dimana jam kerja kamu tidak terbatas dan bisa disesuaikan. Nah, dengan bekerja freelance tentu saja kamu tetap bisa menghasilkan untuk membiayai perkuliahan kamu.

    1. Mengikuti program penelitian yang diadakan dosen

    Cara yang satu ini sebenarnya juga bisa kamu pertimbangkan. Tidak ada salahnya kamu mengikuti riset atau penelitian dari dosen pengajar kamu karena juga akan membawa keuntungan tersendiri untuk kamu. selain nilai kamu akan termasuk kategori aman, kamu juga bisa menjalin hubungan yang baik dengan dosen kamu. Paling penting kamu bisa menghemat dana pengeluaran karena biasanya biasannya ada dana yang memang dianggarkan oleh dosen yang bersangkutan.

    1. Cari pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan yang diinginkan

    Jika kamu kuliah sambil bekerja tanpa menguras kantong orang tua tentu saja kadang pekerjaan akan terasa memberatkan. Nah, sebelum itu kamu harus mencari pekerjaan yang memang memiliki hubungan dengan perkuliahan yang ingin kamu ambil. Kamu tidak akan menguras banyak tenaga dan energi dalam melakukan pekerjaan kamu. Selain itu bisa saja nanti kamu mengambil contoh atau sample yang kamu gunakan untuk thesis kamu dari pekerjaan yang sedang kamu lakukan.

    Itulah beberapa cara atau tips yang bisa kamu lakukan untuk bisa melanjutkan pendidikan atau kuliah S2 tanpa harus menguras kantong orang tua kamu.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Ampuh Bisa Kuliah S2 Tanpa Menguras Kantong
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar