Buru Napi Rutan Siak, Personel Polisi Bersenjata Api Diturunkan di Perbatasan  

Daftar Isi

    SIAK- Memburu para narapidana yang kabur usai terlibat aksi kerusuhan dan membakar Rutan Klas IIB Siak Sri Indrapura, Sabtu, (11/5/2019) dinihari sekitar pukul 02.00 WIB, dikerahkan personel polisi bersenjata api di perbatasan Siak dan Provinsi Riau. Sedangkan Polda Riau mengerahkan sedikitnya 290 personel gabungan. 

    Selain itu, pengejaran terhadap tahanan yang masih melarikan diri, juga melibatkan 30 anggota TNI yang diperbantukan. "290 personel polisi dan 30 bantuan TNI saat ini tengah menyisir dan mencari tahanan yang kabur," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto di Pekanbaru.

    Saat ini laporan dilapangan, masih ada sekitar 27 tahan yang dalam tahap pencarian. Sebelumnya, sebanyak 153 tahanan sempat melarikan diri, dan sebagian sudah berhasil ditangkap. 

    Ditambahkan, Sunarto, Rutan Siak ini menampung kapasitas sebanyak 648 tahanan. 495 tahanan yang bertahan di Rutan sepakat dipindahkan ke sejumlah Rutan dan Lapas di Riau setelah terlibat negosiasi panjang.

    Kepolisian Resort Kota Pekanbaru juga turut meningkatkan pengamanan dengan menurunkan ratusan personel bersenjata api ke perbatasan Pekanbaru-Siak.

    Pekanbaru dan Siak adalah dua wilayah bertetangga. Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Susanto di Pekanbaru, Sabtu mengatakan sedikitnya ada tiga pintu masuk utama yang diperketat pengawasan oleh jajarannya.

    Dikutip dari Antara, ketiga titik itu adalah jalan lintas Siak-Pekanbaru via Kecamatan Tenayan Raya, selanjutnya via Rumbai dan Rumbai Pesisir. Susanto yang memimpin langsung kegiatan itu memeriksa semua kendaraan yang masuk dari arah Siak. Baik itu angkutan umum dan pribadi seperti bus, truk, kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua.

    "Kita lakukan pemeriksaan dengan menurunkan seratusan anggota Polresta Pekanbaru, pemeriksaan dilakukan terhadap semua kendaraan yang masuk ke kota Pekanbaru baik itu dr pintu masuk Kecamatan Tenayan Raya, pintu masuk Kecamatan Rumbai dan pintu masuk Kecamatan Rumbai Pesisir, tambah Kapolresta.

    "Ini semua kita lakukan untuk mencari dan mengantisipasi napi yang kabur pasca kerusuhan di Rutan Siak Sri Indrapura," kata Susanto.

    "Kami juga mengharapkan kerjasama masyarakat apabila mencurigai dan mendapatkan informasi adanya napi yang kabur tersebut dan agar dapat memberitahukan kepada pihak kepolisian terdekat," lanjutnya.(haz)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Buru Napi Rutan Siak, Personel Polisi Bersenjata Api Diturunkan di Perbatasan  
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar