Manfaat Puasa Bagi Penderita Hipertensi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Hipertensi merupakan tekanan darah yang kurang stabil baik itu darah rendah maupun tekanan darah tinggi. Hal tersebut bisa mengganggu kesehatan pagi penderita Hipertensi. Hipertensi atau biasa disebut dengan tekanan darah tinggi sudah menjadi salah satu penyakit yang  harus dicegah atau diwaspadai karena disebabkan tekanan darah yang terdapat di dinding Arteri meningkat.

    Terdapat beberapa gejala yang dapat menyebabkan Hipertensi salah satunya yaitu pandangan akan menjadi kabur, sakit kepala, jantung terasa agak berdebar, Vertigo yang terjadi hampir setiap hari, pendarahan di hidung ( Mimisan), sensitif sehingga mudah marah, konsentrasi cukup sulit dan lain sebagainya. Pada saat bulan Ramadhan banyak pertanyaan mengenai manfaat Puasa bagi penderita Hipertensi, antara lain sebagai berikut :

    Menjaga Kestabilan Tekanan Darah

    Tekanan yang naik pada umumnya yang terjadi disebabkan dari pola makan yang tidak teratur dan juga ditambah dengan emosi yang tidak bisa terkontrol. Maka pada saat puasa, hal tersebut tubuh akan mengurangi produksi Hormon Adrenalin akibat tekanan darah naik. Maka dari itu, dalam puasa bagi penderita Hipertensi sangat baik untuk dapat menurunkan tekanan darah tinggi sehingga bisa kembali normal.

    Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol

    Selain dapat menurunkan Tekanan darah , puasa ini  juga bisa menurunkan Kadar Kolesterol pada penderita Hipertensi. Jika Kadar kolesterol menumpuk pada pembuluh darah, maka hal tersebut akan menyebabkan penumpukan Endapan Kolesterol sehingga tekanan darah akan terus meningkat. Maka dari itu, salah satu agar dapat menurunkan Kadar Kolesterol pada penderita Hipertensi yaitu melakukan puasa secara teratur agar resiko Penyakit  Hipertensi seperti, kadar gula darah dan juga berat badan akan menurun.

     Membuang Racun yang Terdapat Pada Tubuh

    Berpuasa bagi penderita Hipertensi juga dapat membantu mengeluarkan Racun yang terdapat di dalam tubuh secara otomatis melalui Keringat, urin dan Tinja. Dengan berpuasa, bagi penderita Hipertensi maka tubuhnya akan terlihat lebih sehat dibandingkan sebelumnya.

    Menurunkan Berat Badan

    Bagi orang yang sedang berpuasa salah satunya untuk penderita Hipertensi atau tekanan darah tinggi, penelitian sudah meneliti bahwa dengan berpuasa dapat menurunkan berat badan dan juga bisa menurunkan Tekanan Darah tinggi atau Hipertensi. Penurunan darah tinggi ini secara signifikan maka sangat bermanfaat untuk menurunkan Resiko kerusakan organ dan juga bisa mencegah perkembangan resiko penyakit Jantung.

    Dapat Mengurangi Kalori Dalam Tubuh

    Para Penelitian mengatakan bahwa apabila menurunnya Tekanan Darah selama berpuasa maka hal tersebut  akan menurunkan Jumlah Kalori yang ada di dalam tubuh. Hal itu sangat penting bagi penderita Hipertensi atau tekanan darah tinggi sehingga dapat menurunkan tekanan darah selama berpuasa.

    Bisa Membersihkan Organ Pencernaan

    Walaupun selama berpuasa seseorang akan merasa lapar dan dahaga (haus), akan tetapi manfaat puasa bagi penderita Hipertensi yaitu dapat membersihkan Pencernaan dan dapat menurunkan tekanan darah tinggi bagi penderita Hipertensi selama berpuasa.

    Melancarkan Aliran Darah

    Berpuasa juga bisa melancarkan aliran darah dan organ tubuh akan nampak lebih sehat. Hal itu akan memberikan dampak Positif untuk mengendalikan tekanan darah. Jika pada saat berpuasa pastinya seseorang akan mengendalikan makanan sehingga dapat menurunkan Asupan Kalori dan tekanan darah akan normal.(Ririn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Puasa Bagi Penderita Hipertensi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar