Makanan yang Tidak Baik Dikonsumsi Saat Sahur

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sahur memegang peran yang sangat penting. Banyak yang mengabaikannya karena tak kuat bangun. Padahal sahur bisa membuat puasamu jadi lebih kuat dan berenergi. Yap,pada artikel kali ini saya akan membahas Makanan-Makanan Yang Tidak Baik Dikonsumsi Di Saat Sahur. Berikut makanan yang tidak baik dikonsumsi saat sahur:

    1. Makanan yang mengandung gula

    Memakan makanan yang mengandung gula mungkin telah menjadi kebiasaan kita karena mayoritas orang berfikir dengan memakan makanan yang mengandung gula akan membuat perut menjadi kenyang namun nyatanya mengonsumsi makanan yang mengandung gula akan membuat tubuh menjadi lesu dan akan membuat tubuh lebih cepat kehilangan cairan sehingga ketika puasa yang dijalani menjadi tidak optimal.

    2. Kafein

    Kebiasaan meminum kopi pada pagi hari alangkah baiknya sedikit dikurangi pada saat berpuasa. Meminum kopi saat sahur akan membuat tubuh menjadi lelah dan mempercepat dehidrasi maka dari itu sebaiknya hindarilah minum kopi atau minuman bersoda saat sahur. Karena kopi bisa bikin orang lebih sadar sedangkan lebih baiknya tidur dulu setelah sahur sebelum memulai aktivitas.

    3. Gorengan

    Gorengan adalah makanan yang praktis dan cepat dalam pembuatannya kita tidak dapat dipungkiri bahwa jika kita telat bangun ketika sahur gorengan ini adalah jalan keluar yang cukup baik karena bisa mempercepat dalam penyiapannya. Namun dengan mengkonsumsi gorengan pada saat sahur juga tidak akan membuat tubuh menjadi kuat pada saat berpuasa kenapa tidak seperti yang kita tahu gorengan itu akan membutuhkan minyak dan mengkonsumsi minyak tidak baik bagi tubuh apalagi kita memakannya ketika sahur. Jadi sebaiknya kita selalu mencoba menghindari memakan Gorengan pada saat sahur.

    4. Makanan yang terlalu asin dan terlalu pedas

    Makanan yang terlalu asin dan terlalu pedas sebaiknya juga dihindari ketika sahur sebaiknya kita mengontrol makanan-makanan seperti ini karena dengan memakan makanan ini dapat membuat kadar sodium menjadi tidak stabil dengan memakan makanan yang terlalu asin akan membuat tubuh menjadi lebih cepat haus sehingga dapat menimbulkan lemas serta dehidrasi dan juga dengan mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas saat sahur akan membuat perut menjadi sakit.

    5. Mie Instan

    Bagi orang-orang yang ada diperantauan atau anak-anak kos mungkin mengkonsumsi mie instan adalah hal yang dianggap wajar kenapa tidak harga mie instan yang cukup murah dan rasanya yang cukup enak membuat mie instan ini menjadi makanan yang digemari oleh anak-anak kos, selain alasan itu ada juga sebagian memilih memakan mie instan karena tidak sempat membeli makanan yang bergizi cukup memang dengan mie instan dapat membuat perut menjadi kenyang namun ketika berpuasa tubuh tidak akan cukup hanya dengan nutrisi yang terdapat pada mie instan tersebut.

    6. Kol atau kubis

    Pada saat sahur tidak disarankan untuk memakan kol atau kubis sebab dengan memakan kol  atau kubis dapat menyebabkan asam lambung menjadi naik karena kandungan gas yang terdapat dalam kol atau kubis ini tidak hanya itu ternyata kola tau kubis juga sulit dicerna oleh lambung itu dikarenakan zat karbohidrat kompleks yang terkandung di dalamnya serta mengkonsumsi kol ini dapat mengganggu penyerapan yodium yang dilakukan oleh zat kimia yang disebut dengan (goitrogens).Tetapi ini akan terjadi ketika kita mengkonsumsi kola tau kubis ini dalam keadaan mentah.

    7. Sereal

    Pemilihan mengkonsumsi sereal ketika sahur biasanya karena saat sahur perut tidak terlalu lapar atau malas makan dan mata yang masih mengantuk. Dengan pemilihan sahur hanya bermodalkan makan sereal dapat membuat puasa batal apabila perut menjadi sakit, kembung serta gejala lainnya pada tempat yang tidak seharusnya, walaupun memakan sereal yang diiringi dengan meminum susu masih belum membuat tubuh menjadi optimal selama berpuasa. Jadi selama berpuasa kita sebaiknya lebih cermat dalam memilih makanan apalagi saat sahur.

    Nah, itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur, supaya puasa tetap kuat dan nyaman dan juga jangan lupa meminum air delapan gelas sehari agar tubuh menjadi lebih kuat selama berpuasa. Hayoo...ada makanan favoritmu nggak nih?(Rifki)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan yang Tidak Baik Dikonsumsi Saat Sahur
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar